Penyebab Bau Mulut

Bau mulut membuat kita tidak percaya diri dalam beraktifitas seperti berbincang dengan teman, apalagi melakukan kencan dengan pasangan. Hal itu juga bisa mempengaruhi orang di sekitar untuk menghindari berdekatan dengan Anda. Ketahuilah penyebab bau mulut sebagai langkah pertama dalam mengatasi dari bau mulut tersebut. Jika salah satu dari penyebab di bawah ini sering Anda lakukan maka kurangi dan perlahan jauhi.

Penyebab Bau Mulut :

Melewatkan sarapan

Sebagian pembaca pasti bingung apa hubungannya sarapan dengan bau mulut. Begini singkatnya, air liur pada saat pagi sangat minim dalam mulut kita sehingga bakteri bermunculan. Sarapan akan meningkatkan poduksi air liut dan membersihkan lidah sehingga bau mulut tidak akan menghampiri.

Masalah/Penyakit hati

Pembaca sekalian pasti lebih bingung lagi hubungan bau mulut dengan hati. Hati bertanggung jawab dalam metabolisme lemak sehingga jika hati bermasalah maka bakteri bisa meningkat. Sindrom lemak hati dan penyakit kuning merupakan hal yang memicu bau mulut.

Sariawan

Mungkin ini lebih jelas kaitannya dengan bau mulut dan sudah banyak yang mengetahui. Penyakit yang sering dialami oleh setiap orang ini bisa memicu bau mulut. Perbanyaklah minum agar tidak sariawan.

Pendarahan gusi

Mulut yang mengalami pendarahan pada gusi bisa menimbulkan bau tak sedap.

Infeksi tenggorokan

Infeksi dalam tenggorokan anda bisa memicu bakteri untuk memecanh selnya dan menghasilkan bau tak sedap.

Gagal ginjal

Penyakit ini secara medis merupakan pemicu bau mulut yang sulit dihiilangkan.

Diet

Makanan yang memicu bau mulut adalah konsumsi protein. Asam amino merupakan tempat berkembangnya bakteri.

Minum alkohol

Alkohol akan mengeringkan mulut sehingga air ludah menjadi minim dan menimbulkan bau mulut. Bau mulut tersebut disebabkan oleh mengeringnya kelenjar ludah.

Baca juga :  Cara Mengatasi Cegukan

Apnea tidur

Penderita apnea tidur harus bernafas melalui mulut sehingga mulut akan kering dan memicu bau mulut.

Obat

Obat yang bisa mengeringkan mulut akan memicu bau mulut. Obat seperti anti-depresan, penghilang rasa sakit adalah salah satunya.

Tidak menjaga kebersihan mulut

Gigi seharusnya dibersihkan dengan cara menggosok gigi minimal 2x sehari. Jika hal tersebut tidak dilakukan akan memicu bau mulut

Merokok

Nafas orang yang merokok akan menghembuskan bau tak sedap, banyak yang sudah mengetahui hal ini. Rokok mengandung banyak hal yang mengeringkan mulut dan bisa menimbulkan bau tak sedap.

Mengonsumsi makanan berbau tak sedap

Beberapa makanan bisa menyebabkan bau mulut seperti petai dan jengkol.

Gigi berlubang

Gigi yang berlubang bisa menjadi tempat bakteri di mulut sehingga bisa menimbulkan bau tak sedap.

Itulah penyebab bau mulut yang harus Anda hindari sebagai langkah pertama untuk menghindari dan mengatasi bau mulut. Nah, sekarang silahkan anda simak juga cara mengatasi bau mulut yang mungkin akan bermanfaat juga buat anda, terima kasih telah berkenan untuk mampir dan membaca artikel ini.

Penyebab Bau Mulut | Viola Bunga Rosita | 4.5