Doa Sebelum Makan

Advertisement

Sebagai umat beragama tentu kita harus mengamalkan apa yang ada dalam kitab suci. Umat Islam memiliki kitab suci al-Quran sebagai pedoman berkehidupan. Pada saat melakukan segera kegiatan kita harus selalu mengingat kepada sang pencipta alam Allah SWT. Sesaat sebelum melaksanakan pekeraan atau berkegiatan dan setelah menyelesaikannya. Cara yang paling mudah adalah mengucapkan basmallah sebelum melakukan kegiatan dan setelahnya mengucapkan hamdallah.

Tetapi sebenarnya pada setiap kegiatan terdapat doa khusus masing-masing. Salah satunya adalah doa sebelum makan yang akan memberikan manfaat pada makanan yang dikonsumsi. Tentu makanan menjadi sumber yang bisa mempengaruhi sikap dan fisik. Oleh karena itu, dibutuhkan perlindungan kepada kita dan makanan agar tidak adanya gangguan setan yang bisa masuk melalui makanan. Tentu berdoa adalah jalan tepat mendapatkan manfaat besar dari makanan yang dikonsumsi. Terutama dalam meraih keberkahan rezeki yang telah diterima.

Berikut adalah doa sebelum makan :

Pertama ucapkan basmallah lalu membaca doa khusus sesaat sebelum makan :

 photo doa-sebelum-makan_zpsmtg5odua.jpg

“Allahumma bariklana fiima razaqtana waqina adza bannar”

[Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah berikanlah keberkahan kepada rezeki kami yang diberikan oleh-Mu dan peliharalah kami dari siksaan neraka]

Setelah mengucapkan basmallah dan berdoa seperti yang telah diberikan diatas, maka sudah bisa dilanjutkan dengan menyantap makanan. Pada saat menyantap makanan lebih baik mengugnakan tangan karena Rasulullah SAW telah mengajarkan kita dengan menggunakan tiga jari saja dalam mengonsumsi makanan. Selain itu menurut penelitian bahwa dalam tangan memiliki bakteri yang bisa membantu organ tubuh dalam mencerna makanan.

Nabi Muhammad SAW juga bersabda bahwa mengonsumsi makanan lebih baik pada saat lapar terasa kemudian berhenti ketika kenyang belum terasa. Hal ini tentu bertujuan memberikan kesehatan pada tubuh karena saat ini banyak orang yang mengonsumsi makanan berlebihan sehingga menimbulkan penyakit seperti maag. Makanan menjadi cara menjaga kesehatan tubuh yang terbaik. Mengatur pola makan akan membuat kesehatan yang berkepanjangan tentu hal ini bisa berdampak pada sikap yang baik jika mengikutsertakan Allah SWT dalam segala kegiatan.

Advertisement
Doa Sebelum Makan » Rino Wijaya » 5 » on