Cara Mengetahui Kondisi kesehatan melalui warna urine

Cara Mengetahui Kondisi kesehatan melalui warna urine

Apa warna urine memberitahu Anda tentang kesehatan Anda? Ini mungkin terdengar aneh, tapi setiap kali Anda pergi ke toilet, Anda berkesempatan untuk memeriksa kesehatan Anda sendiri. Dengan memeriksa warna urin Anda, Anda bisa melihat apakah tubuh Anda bekerja dengan baik dan apakah Anda perlu menemui dokter.

Artikel ini mencantumkan Cara Mengetahui kondisi kesehatan melalui warna urine, beserta beberapa tip tentang apa yang perlu Anda lakukan.

Cara Mengetahui kondisi kesehatan melalui warna urine

  • Urine orange

Beberapa obat antiinflamasi (Azulfidine), obat kemoterapi dan obat pencahar bisa menyebabkan jeruk muncul dalam urin. Asupan vitamin B2 atau beta karoten yang berlebihan (dalam wortel) merupakan salah satu penyebab kondisi ini. Jika Anda tidak ada hubungannya dengan hal di atas, Anda perlu:

Minum lebih banyak air. Dehidrasi dengan mudah menyebabkan urin menumpuk di dalam tubuh dan berubah dari kuning tua menjadi oranye. Dalam beberapa jam, itu akan kembali normal kuning.

Periksa matamu. Jika Anda melihat warna kuning di bola mata (bersama dengan air seni oranye), itu pertanda hati Anda mengalami masalah. Segera temui dokter Anda!

  • Urine merah muda

Bisa jadi mengkhawatirkan melihat urin berwarna merah jambu atau merah, tapi itu tidak terlalu serius karena warnanya dipengaruhi oleh makanan atau obat yang sudah Anda serap. Sebelum Anda khawatir, lihat beberapa alasan di balik merah kemerahan ini:

Makanan: Jika Anda makan banyak makanan merah (seperti bayam, raspberry, ceri, dll.), Anda tidak perlu khawatir. Beberapa senyawa yang membuat makanan merah ini diekskresikan dalam urin setelah ginjal melakukan pekerjaan mereka. Biasanya, warna ini akan kadaluarsa keesokan harinya. Jika tidak, Anda harus menemui dokter.

Baca juga :  Cara Mendeteksi Masalah Kesehatan

Obat-obatan: Beberapa antibiotik tertentu (seperti Rifadin dan Rimactane) yang digunakan untuk mengobati TB akan membuat urine Anda merah. Phenazopyridine (digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih) dan obat pencahar bukanlah satu-satunya penyebab kondisi ini.

Darah: Darah dalam urin bisa jadi pertanda infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, kanker atau tumor jinak, masalah kandung kemih dan batu ginjal. Jika Anda melihat ada bekuan darah di urin Anda, segera temui dokter Anda.

  • Urine hijau atau biru

Anda mungkin kaget melihat dua warna ini muncul dalam urin, tapi jarang terjadi. Jika demikian, bisa jadi karena:

Makanan: Jika Anda makan makanan atau asparagus berwarna artifisial, tidak ada yang perlu dikhawatirkan! Hijau atau biru dalam urin hanya berlangsung selama satu atau dua hari.

Obat: Beberapa obat (seperti Amitriptyline, Indomethacin dan Propofol) dapat menyebabkan perubahan warna pada urin.

Catatan: Jika Anda tidak setuju dengan hal di atas, Anda harus segera menghubungi dokter Anda. Hijau dapat menandakan infeksi saluran kencing langka yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas. Selain itu, virus bisa menyebabkan batu ginjal.

  • Urin coklat

Jika urine berwarna coklat, itu adalah tanda dehidrasi. Namun, ada juga beberapa makanan yang mengubah warna urine. Cara terbaik adalah memeriksanya dengan hati-hati, terutama saat meminum banyak air sehingga warna coklat tidak hilang. Selain itu, urin berwarna coklat adalah tanda bahwa hati dan ginjal Anda mengalami masalah.

Catatan: Jika urine berwarna coklat muncul disertai tanda-tanda seperti sakit perut, ruam dan epilepsi, ini menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan genetik tinggi. Selain itu, darah yang tampak berwarna coklat saat membusuk bisa menjadi pertanda kondisi yang lebih serius seperti tumor.

  • Urine effervescent
Baca juga :  Makanan Sehat untuk Jantung

Urin effervescent dianggap normal. Tapi jika ini terjadi terus-menerus dan perlu dicatat bahwa menggelegak meningkat, Anda harus segera menemui dokter.

Urin yang mudah menguap juga merupakan tanda berapa banyak protein dalam urin. Anda harus berhati-hati karena itu pertanda fungsi ginjal yang serius.

  • Urin bening

Jika urin benar-benar bersih dan terlihat bening, itu pertanda Anda minum terlalu banyak air. Hal ini dapat menyebabkan risiko tertentu, yang terpenting justru mengencerkan garam dan menyebabkan ketidakseimbangan kimia dalam tubuh. Pertimbangkan minum air secukupnya!

  • Urine berwarna kuning muda, kuning transparan dan emas gelap

Urine memiliki warna-warna ini yang berarti Anda tidak perlu khawatir. Sebaiknya, urine harus berwarna kuning muda. Jika urin berwarna kuning gelap, itu pertanda Anda perlu minum lebih banyak air. Ingatlah sebuah aturan emas: Jika air kencing Anda berwarna seperti jus lemon, kesehatan Anda baik!

Pernahkah Anda memperhatikan warna urin Anda? Apakah kamu merasa aneh warnanya? Silakan berbagi dengan kami di bagian komentar di bawah ini!

Cara Mengetahui Kondisi kesehatan melalui warna urine | Viola Bunga Rosita | 4.5