Review Xiaomi 12S Pro: Snapdragon 8+ Gen 1 dan kamera Leica

Informasi Spesifikasi Xiaomi 12S Pro: Snapdragon 8+ Gen 1 harga Terjangkau

Review xiaomi 12s Pro , Tidak hanya HP pertama yang dibekali chip Snapdragon 8+ Gen 1, Xiaomi 12S Pro juga memiliki kamera Leica dan harga yang sangat terjangkau.

Pada 4 Juli 2022, Xiaomi secara resmi mengumumkan 3 flagship terbarunya di seri Xiaomi 12S. Selain versi standar dan versi Ultra, lini produk Seri 12S ini juga memiliki model Xiaomi 12S Pro dengan spek konfigurasi yang sangat menarik dan harga yang terjangkau.

Review Fitur dan Spesifikasi Xiaomi 12S Pro

Dulu, merek kamera Leica telah dikaitkan dengan banyak HP Huawei kelas atas dan sekarang, Kamu juga akan melihat hal yang sama pada produk HP kelas atas yang dibuat Xiaomi. Hal ini terlihat dari kotak produk ketika logo Leica berwarna merah muncul dengan jelas di sebelah nama HP Xiaomi.

Desain

xiaomi redmi note 12s
xiaomi redmi note 12s

Saat Kamu membuka kotak produk Xiaomi 12S Pro, Kamu akan melihat desain familiar dari seri Xiaomi 12 muncul di HP seri 12S. Selain versi Ultra, Xiaomi 12S atau Xiaomi 12S Pro keduanya terlihat sangat mirip dengan pendahulunya. Satu-satunya perbedaan yang tampak adalah adanya logo Leica di bagian belakang kluster kamera dan memiliki pilihan varian warna baru.

Selain bingkai logam standar, Xiaomi 12S Pro juga memiliki dua pilihan desain bagian belakang: kaca buram dan kulit. Dengan mengaplikasikan desain lengkung pada bagian depan, rangka dan bagian belakang, HP kelas atas Xiaomi ini menjanjikan akan menghadirkan rasa nyaman saat digenggam bagi penggunanya ketika digunakan sehari-hari.

Layar

Dibandingkan pendahulunya, Xiaomi 12S Pro masih mempertahankan ukuran layar dan teknologi tampilan yang sama. Secara khusus, HP 12S Pro ini memiliki panel Samsung E5 OLED dengan ukuran 6,75 inci, sudah menggunakan resolusi 2K+, terdapat teknologi LTPO 2.0, dan memiliki kecepatan refresh dinamis 120Hz. Selain itu, layar HP Xiaomi kelas atas ini juga memiliki punch hole super kecil yang menampung kamera selfie dan layarnya telah mendukung gamut warna P3.

Performa dan Kinerja

Namun, kinerja Xiaomi 12 S Pro telah di upgrade ke level lebih tinggi dengan kedatangan chip unggulan Snapdragon 8+ Gen 1. Chop Snapdragon ini merupakan chip pertama Qualcomm yang diproduksi dengan proses teknologi 4nm oleh TSMC.

Dengan menggunakan frekuensi maksimum super core Cortex-X2  dapat meningkat kecepatannya menjadi 3.2GHz dan GPU Adreno juga telah meningkat sekitar 10% lebih tinggi. Jadi bisa dikatakan kinerja CPU dan GPU Snapdragon 8+ Gen 1 telah meningkat sekitar 10%, jika kita bandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Selain itu, peralihan dari proses manufaktur Samsung ke TSMC juga membantu Qualcomm dapat meningkatkan efisiensi energi atau daya baterai pada Snapdragon 8+ Gen 1 sebesar 30% dibandingkan generasi sebelumnya.

Oleh karena itu, chipset Snapdragon 8+ Gen 1 tidak hanya bisa memastikan kinerja terbaik Xiaomi 12S Pro di dunia Android. Tetapi juga membantu HP Xiaomi kelas atas ini bekerja lebih dingin dan lebih hemat daya baterai.

Kamera

Sistem kamera yang tertanam pada Xiaomi 12 S Pro memiliki banyak peningkatan baik di bagian perangkat keras maupun pada peningkatan algoritma pemrosesan gambarnya. Selain kamera depan menggunakan resolusi 32MP, HP Xiaomi ini juga memiliki 3 kamera belakang dengan kamera utama 50MP dengan dukungan lensa sudut lebar, serta tambahan lensa sudut ultra lebar, dan lensa telefoto.

Khususnya, kamera sudut lebar pada kamera utama telah menggunakan sensor Sony IMX707 terkemuka dan terbaik saat ini. Dikombinasikan dengan kualitas foto terbaik dari produsen kamera terkenal Leica. Kamu bisa benar-benar yakin bahwa kamera yang terdapat pada Xiaomi 12 S Pro akan menghadirkan karya seni fotografi dengan detail dan warna yang luar biasa.

Baterai dan Fitur lainnya

Di dalam Xiaomi 12S Pro telah ditanamkan baterai berkapasitas 4600mAh dan HP Xiaomi ini telah support fast charging 120W dan fast charging nirkabel 50W. Fitur luar biasa lainnya yang terdapat di HP ini termasuk dukungan SIM ganda, speaker ganda audio Harman Kardon, konektivitas 5G, MIUI, dan telah menggunakan sensor sidik jari dalam layar.

Harga Xiaomi 12S Pro Terbaru 2022

Xiaomi 12 S Pro memiliki 4 pilihan varian warna (Abu-abu, Putih, Ungu, Hijau) dan 4 konfigurasi memori internal dan RAM berbeda sebagai berikut:

  • Versi dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB dijual dengan harga CNY 4.699 atau sekitar Rp 10,4 jutaan
  • Versi dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB dijual dengan harga CNY 4.999 atau sekitar Rp 11 jutaan
  • Versi RAM 12GB dan 256GB dibanderol dengan harga CNY 5.399 atau sekitar Rp 11,9 jutaan
  • Versi RAM 12GB dan 512GB dibandrol dengan harga CNY 5.899 atau sekitar Rp 13 jutaan