8 Website Jual Foto dan Video Yang Menjanjikan Dengan Komisi Tinggi

Diakui.com – Apakah kamu memiliki hobi fotografi atau videografi dan memiliki banyak koleksi foto dan video yang indah dan profesional? Pernahkah kamu berpikir bahwa foto dan video kamu tersebut bisa dijual dan menghasilkan passive income? Saat ini di perkembangan teknologi menghasilkan uang secara online menjadi lebih mudah. Dan salah satunya adalah dengan cara menjual foto dan video online. Lalu apa saja ladang bisnis untuk website jual foto dan video yang menjanjikan?

8 Website Jual Foto dan Video Yang Menjanjikan

website jual foto
website jual foto

Berikut in ada beberapa daftar website jual foto dan video yang menjanjikan dengan komisi tinggi yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang secara online atau mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Alamy

Jula foto di alamy
Jula foto di alamy

Alamy merupakan salah satu website jual foto dan video yang menjanjikan karena telah menjadi pasar terbesar yang memungkinkan pengguna untuk menjual foto di Internet dengan mudah. Ada lebih dari 160 juta foto dan video yang diposting di website ini.

Untuk setiap foto yang terjual, fotografer akan menerima royalti sebesar 50% . Situs ini juga mengizinkan fotografer untuk menjual karya mereka di tempat lain, tetapi komisinya menjadi 40% per foto. Pengguna juga tidak hanya diperbolehkan mengunggah foto untuk menghasilkan uang tetapi juga bisa mengunggah video ke website ALamy untuk dijual.

Kelebihan website ini proses membuat akun mudah dan semua gambar dan konten video mudah diterima. Untuk kekurangan adalah sangat kompetitif, Kamu harus bersaing dengan lebih dari 122 juta pengguna lain untuk berjualan foto platform ini.

2. Shutterstock

cara jual foto di Shutterstock
cara jual foto di Shutterstock

Shutterstock adalah website jual foto dan video yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan dan merupakan website jual foto dan video yang sangat populer. Shutterstock cocok untuk mereka yang baru mulai mempelajari pekerjaan berjualan foto dan video online.

Selama lebih dari 15 tahun beroperasi, Shutterstock telah menjual lebih dari 200 juta foto dengan pembayaran lebih dari 500 juta dollar amerik. Saat Kamu memposting foto di platform Shutterstock, Kamu bisa yakin bahwa platform ini 100% dilindungi hak cipta.

Kelebihan Shutterstock dibandingkan website jual foto dan video lainnya adalah memiliki banyak pelanggan yang membeli foto dan video.  Selain berjualan foto dan video, kamu juga bisa mengikuti program afiliasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kekurangan Shutterstock adalah komisi menjual foto dan video di website ini cukup rendah, yaitu 30% dari harga jual foto atau video. Selain itu, kekurangan lainnya tidak semua foto dan video yang kita upload ke shutterstock bisa diterima dengan mudah, karena seleksinya cukup ketat. Kekurangan lainnya adalah mekanisme monetisasi dan komisi Shutterstock cukup membingungkan pemula.

Baca Juga :  Cara Ubah Kuota Tiktok Jadi Kuota Utama

3. Getty Images

cara mudah jual foto di gettyimages
cara mudah jual foto di gettyimages

Getty Images merupakan website foto online berkualitas tinggi. Ini adalah tempat yang khusus melayani pengguna yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan foto eksklusif dengan kualitas terbaik.

Kelebihan dari Getty Images adalah hasil dari penjualan foto di Getty Images sangat tinggi. Kekurangannya untuk pemula, ini bukan platform tepat karena seleksi menjadi kontributor di website Getty Images sangat ketat. Selain itu, persaingan jual foto dan video di platform ini cukup ketat, jadi kamu harus mengupload foto yang benar-benar menarik dan berkualitas bagus.

4. iStockPhoto

jual foto di iStockPhoto
jual foto di iStockPhoto

iStockPhoto juga adalah bagian dari platform Getty Images, yang memungkinkan kontributor foto menerima komisi mulai dari 25% hingga 50% dari nilai jual setiap foto yang diupload. Foto-foto yang dijual di iStockPhoto bisa berbentuk foto eksklusif atau non-eksklusif.

Kelebihan dari iStockPhoto adalah memiliki persaingan yang rendah, karena foto sebelum diupload akan diseleksi dengan ketat oleh sistem dan memiliki tingkat pembelian yang tinggi. Selain itu kelebihan website jualan foto dan video ini juga memiliki kebijakan pembayaran komisi yang jelas dan transparan,serta jumlah pendapatan yang dihasilkan cukup tinggi.

Kekurangan iStockPhoto memiliki antarmuka pengguna cukup rumit, jadi Kamu berpengalaman saat menggunakannya. Selain itu, kekurangan lain adalah peluang foto disetujui sangat rendah. Sehingga jika kamu adalah fotografer amatir, maka tingkat foto disetujui untuk menjual foto sangat rendah.

5. 500px Marketplace

jual foto di 500px Marketplace
jual foto di 500px Marketplace

500px Marketplace juga merupakan website jual foto dan video yang menjanjikan yang populer. Pengguna bisa membuat kategori foto dan menghasilkan uang dari mengupload foto. Website ini bukan hanya tempat untuk menjual foto untuk menghasilkan uang secara online. Tetapi juga merupakan wadah komunitas fotografi untuk bertukar pengalaman fotografer profesional. 500px Marketplace juga secara rutin menyelenggarakan berbagai kontes foto yang memungkinkan fotografer mengikutinya dan memenangkan hadiah uang tunai.

Kelebihan dari 500px Marketplace adalah memiliki komisi yang dibayarkan cukup tinggi, dengan minimal pendapatan 35 USD untuk setiap foto yang terjual, hingga 70% pembagian komisi dari harga foto yang terjual. Selain itu, kelebihan lain adalah kamu bisa terkoneksi dan berdiskusi dengan dengan banyak fotografer lain untuk bisa belajar dari pengalaman fotografer lainnya. Ditambah lagi platform ini memungkinkan penarikan mulai dari 25 USD saja.

Kekurangan 500px Marketplace adalah hanya anggota komunitas saja yang bisa mengunggah dan menjual foto di platform ini.

6. 123RF

123RF
123RF

123RF adalah website jual foto dan video yang menjanjikan dengan lebih dari 68 juta foto telah terjual di website ini. Fitur menarik dari jualan foto di platform ini adalah semakin banyak foto Kamu terjual, maka semakin tinggi harga per unduhannya.

Baca Juga :  Cara Unmute Story Instagram Melalui Timeline, Feed dan Akun

Kelebihan dari 123RF adalah pendapatan dihitung dari jumlah yang diperoleh per unduhan dan akan lebih besar pendapatannya jika semakin banyak foto yang Kamu jual. Selain itu, kontributor juga akan menerima bonus yang dikumpulkan oleh 123RF untuk mereka yang memiliki kontribusi terbaik di platform ini berdasarkan jumlah unduhan dalam 12 bulan.

Kekurangan 123RF adalah waktu persetujuan saat pendaftaran menjadi kontributor cukup lama, bisa menunggu 7-14 hari.

7. Snapwire

Snapwire adalah website jual foto dan video yang menjanjikan dan sangat populer saat ini. Lebih dari 335.000 fotografer telah menjadi kolaborator, foto-foto pada platform ini telah digunakan oleh banyak media seperti Deutsch, Scholastic, Huffington Post, dll.

Yang paling menarik dari Snapwire, orang yang ingin membeli foto bisa request foto kepada fotografer yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Dengan menerima jobs ini, Snapwire akan memberi penjual foto komisi hingga 70% dari penjualan. Sedangkan untuk upload foto di website ini akan mendapatkan komisi 50% dari harga penjualan per foto.

Kelebihan dari Snapwire adalah setiap tugas atau pekerjaan yang diselesaikan atas permintaan pelanggan bisa mencapai 2.500 USD. Snapwire kompatibel dengan sebagian besar platform yang ada saat ini, sehingga sudah bisa diunduh langsung di Android atau iOS.

Fotografer pemula juga bisa menggunakan platform ini karena persyaratan kualitas foto tidak terlalu tinggi dan bisa mengunggah foto yang dihasilkan dari smartphone.

Kekurangannya walaupun harga jual foto cukup tinggi, persentase komisi yang diterima masih terbatas. Karena foto bisa diunggah dengan smartphone, sehingga kualitas gambar tidak tinggi. Jika Kamu ingin menjual foto yang tajam dan profesional, Snapwire bukan platform yang tepat.

8. Depositfoto

Depositphotos juga merupakan website jual foto dan video yang menjanjikan dan terkenal yang bisa kamu coba. Website Depositfoto ini mirip dengan website 123RF. Semakin banyak foto yang Kamu jual, maka akan semakin tinggi bayaran yang didapatkan untuk unduhan berikutnya. Di sini, fotografer saat mendaftar sebagai kolaborator akan didesentralisasi berdasarkan level, level komisi akan disesuaikan dengan level kamu saat ini.

Kelebihan dari Depositphotos adalah foto yang diupload di platform ini akan diseleksi dengan ketat, semakin indah pemandangannya, semakin tinggi kualitasnya, semakin tinggi kesempatan untuk bisa menjangkau pelanggan.

Kekurangan Depositphotos adalah tingkat komisi yang dibayarkan lebih rendah dari beberapa website jualan foto dan video lain dalam daftar yang kamu sebutkan disini. Jumlah yang komisi yang diterima sekitar 34% – 42% dari nilai penjualan.