7 Tips Investasi Emas Untuk Pemula Yang Menguntungkan

Tips Investasi Emas – Bisa dikatakan bahwa bagi banyak orang di Indonesia, membeli emas selalu dianggap sebagai cara paling aman untuk mulai berinvestasi. Tetapi tidak semua orang tahu cara dan tips investasi emas yang menguntungkan. Jika kamu ingin mengetahui pemahaman cara berinvestasi logam mulia satu ini, maka kamu wajib membaca tips investasi emas untuk pemula di bawah ini!

Apa Yang Dimaksud Dengan Investasi Emas?

tips Investasi Emas
tips Investasi Emas

Investasi emas adalah tindakan membeli emas, kemudian menyimpannya dan menjualnya lagi saat harga lebih tinggi dibandingkan harga saat membeli emas. Keuntungan investasi emas didapatkan dari selisih harga jual dengan harga beli emas.

Metode investasi emas dianggap sebagai cara investasi paling tradisional dan paling aman. Tetapi saat ini cara berinvestasi emas menjadi lebih berkembang dan meluas. Masyarakat bisa mendapatkan keuntungan investasi emas melalui bentuk investasi lainnya.

Cara investasi emas yang bisa kamu lakukan adalah investasi emas online, menimbun emas murni batangan dan perhiasan, membeli saham perusahaan pertambangan emas dan investasi di bursa emas atau ETF.

Tips Investasi Emas Untuk Pemula yang Menguntungkan

Berikut ini adalah cara dan tips investasi emas untuk pemula yang bisa diterapkan agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

1. Investasi Emas Harus Memiliki Tujuan

Tips investasi emas yang pertama perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan investasi emas. Jika kamu telah memiliki tujuan berinvestasi emas.Maka kamu bisa mengatur strategi investasi emas jangka pendek atau jangka panjang untuk bisa sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan.

Baca Juga :  Cara Scan Barcode di HP Sendiri Tanpa Aplikasi

2. Menentukan Target Waktu Investasi

Kemudian kamu juga harus memiliki target waktu investasi berdasarkan tujuan yang telah kamu buat. Kamu bisa menentukan waktu investasi jangka pendek seperti harian atau mingguan. Atau kamu juga bisa menentukan investasi emas jangka panjang dengan periode bulanan atau tahunan.

3. Rutin Memantau Harga Emas

Walaupun harga dan nilai investasi emas cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tetapi kamu wajib rutin memantau perkembangan harga emas secara rutin. Untuk memantau harga emas saat ini sangatlah mudah. Karena kamu bisa mengeceknya di google atau di aplikasi mobile.

4. Tentukan Ingin Berinvestasi Emas Fisik atau Digital

Saat ini perkembangan zaman telah merubah metode investasi emas yang dulunya adalah berinvestasi emas secara fisik dengan membeli emas batangan atau berbentuk koin.  Saat ini investasi emas modern bisa dilakukan secara online atau digital.

Jadi saat ini kamu bisa membeli untuk investasi dengan lebih mudah dalam bentuk digital. Apalagi pembelian emas dalam bentuk digital tidak ada aturan membeli emas minimal 1 gram, 10 gram atau 100 gram. Sehingga kamu bisa membeli emas setiap hari dengan berapapun uang yang kamu miliki. Kamu bisa membeli emas online di platform jual beli emas online, marketplace atau broker emas.

5. Menyimpan Emas Di Tempat Aman

Jika kamu memilih berinvestasi emas dalam bentuk batangan atau koin secara fisik, kamu harus memiliki tempat penyimpanan emas yang aman. Contohnya kamu bisa menyimpan emas di dalam brankas atau menyewa Save Deposit Bank (SDB) ke pihak Bank. Atau kamu juga bisa menyimpan emas di tempat aman seperti di Pegadaian.

6. Investasi Emas Di Tempat Terpercaya

Kamu juga harus membeli emas fisik atau digital di tempat yang aman. Jika kamu ingin membeli emas yang aman secara fisik bisa membelinya di toko emas terpercaya, ANTAM atau di pegadaian. Jika kamu berinvestasi emas secara digital atau online bisa membelinya di broker investasi emas terpercaya, marketplace terpercaya atau platform jual beli emas terpercaya lainnya.

Baca Juga :  Cara Scan Kode QR Wifi di Android Tanpa Aplikasi Paling Mudah

7. Pilih Waktu Tepat Untuk Menjual Emas

Tips investasi emas untuk pemula selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat untuk menjual emas. Waktu menjual emas yang menguntungkan adalah dengan menjualnya saat harga pasaran emas sedang naik.

Jadi agar bisa menjual emas dengan lebih menguntungkan, pastikan kamu membeli emas saat harga mudah dan menjualnya kembali saat harga sedang naik.