Sejarah dan Tujuan Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas)

Hari Belanja Online Nasional atau HarBolNas merupakan sebuah hari perayaan untuk mengedukasi dan mendorong masyarakat untuk berbelanja online. Hari Belanja Online Nasional pertama kali dirayakan di tahun 2012 oleh beberapa e-commerce di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA). Dan pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang sejarah dari Hari Belanja Online Nasional atau HarBolNas.

Sejarah Hari Belanja Online Nasional atau HarBolNas

apa itu harbolnas
apa itu harbolnas

Seperti yang dijelaskan di atas Hari Belanja Online Nasional merupakan sebuah perayaan belanja online. Perayaan ini pertama kali dilakukan oleh beberapa e-commerce di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) di pada tanggal 12 Desember 2012.

Di beberapa negara seperti Amerika, Inggris, Kanada, Jepang dan Jerman perayaan belanja online dikenal dengan nama Cyber Monday. Perayaan ini akan memberikan promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day.

Thanksgiving Day sendiri adalah hari libur di Amerika Utara untuk memperingati syukuran atas panen akhir tahun. Acara Cyber Monday ini didapatkan inspirasi dari perayaan belanja Black Friday yang dilakukan di hari Jumat setelah acara Thanksgiving Day.

Acara Black Friday ini merupakan awal dimulainya musim belanja Natal di Amerika. Selama acara Black Friday, toko akan buka lebih lama dan berlomba-lomba untuk memberikan penawaran diskon besar-besaran dan cuci gudang untuk menarik perhatian pembeli.

Dan dari perayaan belanja online Cyber Monday inilah, lahirlah Kampanye Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas).

Tujuan Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas)

Hari Belanja Online Nasional di Indonesia diadakan dengan tujuan sebagai berikut :

1. Mengedukasi Masyarakat

Kampanye Hari Belanja Online Nasional adalah langkah yang dilakukan Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) untuk tujuan mengedukasi masyarakat tentang kemudahan berbelanja online. Karena pada saat itu, masyarakat indonesia telah memiliki pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi mencapai 63 juta pengguna.

Sehingga dengan adanya kampanye ini diharapkan masyarakat Indonesia bisa teredukasi dan terbiasa untuk berbelanja online.

2. Memajukan Industri e-Commerce di Indonesia

Tujuan Hari Belanja Online Nasional lainnya adalah untuk bisa memajukan industri e-commerce di Indonesia. Dengan adanya kampanye Hari Belanja Online Nasional yang dimulai di 12 Desember 2012 atau dikenal dengan 12.12.12.

Dengan perayaan tersebut, Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) 2 tahun bertutur berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia untuk mulai memiliki minat tinggi berbelanja online.

Selain memiliki tujuan memajukan e-commerce, perayaan ini juga memiliki tujuan agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berbelanja online yang aman, mudah dan praktis.

Siapa E-Commerce Pelopor Harbolnas?

Hari Belanja Online Nasional di Indonesia dipelopori oleh e-commerce Lazada yang mengadakan diskon besar dan promo spesial di event 12.12.12. Tidak hanya Lazada, tetapi ada juga e-Commerce Indonesia lainnya yang juga mengadakan event ini yaitu Zalora, Traveloka, BerryBenka, Bilna, PinkEmma, Persebaya Store, Luxola dan e-commerce lainnya.

Selain itu, kesuksesan Harbolnas juga tidak lepas dari peran media besar seperti Yahoo, Kompas, Tempo dan Detik. Karena di Hari Belanja Online Nasional banyak e-commerce memberikan diskon besar sampai 80%.

Kapan Tanggal HarBolNas Diadakan?

Berdasarkan sejarah pertama kali diadakannya Hari Belanja Online Nasional di tanggal 12.12.12. Dan di tahun 2013 barulah istilah Hari Belanja Online Nasional ditetapkan secara resmi. Sampai saat ini Harbolnas diadakan setiap tanggal 12 bulan Desember. Dan disatu hari ini pelanggan akan mendapatkan penawaran diskon terbesar sepanjang tahun untuk berbagai produk pilihan.

Jika di awal perayaan Hari Belanja Online Nasional hanya diikuti oleh 7 e-commerce. Saat ini 2022 Hari Belanja Online Nasional telah memiliki peserta mencapai 72 e-commerce.

Jadi jika Kamu ingin mendapatkan diskon besar-besaran dari produk yang dijual oleh e-commerce, kamu bisa menunggu di tanggal 12 bulan Desember setiap tahunnya.