Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android Dengan Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi tidak terpasang di Android – Saat menggunakan hp android, terkadang kita akan menemukan beberapa masalah dan salah satunya adalah aplikasi tidak terpasang, padahal kamu sudah menginstal langsung dari playstore atau dari sumber download lainnya. Karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membantu kamu untuk mengetahui beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di hp Android dengan beberapa metode berbeda.

4 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android Dengan Mudah

solusi aplikasi tidak terpasang di android
solusi aplikasi tidak terpasang di android

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di hp android dengan penyebab yang berbeda-beda.

1. Cek Informasi Aplikasi dan Spesifikasi HP

Penyebab aplikasi tidak terpasang di hp android bisa dikarenakan aplikasi tidak kompatibel dengan spek hp android yang kamu gunakan. Sehingga saat kamu berhasil menginstal aplikasi dan ingin membukanya maka akan muncul pesan aplikasi tidak terpasang.

Karena biasanya sebuah aplikasi akan memiliki spesifikasi tertentu agar bisa digunakan, sehingga sebelum menginstal sebuah aplikasi. Pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan spek hp android yang kamu miliki.

Untuk cara memperbaiki aplikasi tidak terpasang karena masalah kompatibel aplikasi dengan spek hp android adalah sebagai berikut :

Silakan periksa spek hp android kamu untuk melihat apakah speknya cocok untuk diinstal aplikasi tersebut. Dan kamu juga coba periksa apakah perangkat lunak hp kamu bisa diupgrade ke versi os terbaru atau tidak!

Langkah 1 : Pada Pengaturan, kamu silahkan pilih Info Perangkat/Ponsel Saya> Pilih Info Perangkat Lunak/Versi Android .

Baca Juga :  5 Cara Berdamai Dengan Masa Lalu | Cara Moveon

Langkah 2 : Di sini, sistem akan menampilkan versi OS Android yang kamu gunakan.

Kemudian silahkan kamu periksa apakah aplikasi yang ingin kamu instal memiliki persyaratan minimal menggunakan versi OS Android berapa dan apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan hp Android yang kamu gunakan.

Kamu juga, bisa coba periksa apakah hp Android Kamu bisa diupdate/upgrade ke versi OS Android terbaru atau tidak agar sesuai dengan persyaratan minimal aplikasi yang ingin kamu instal!

2. Hapus Cache dan Data Playstore

Penyebab aplikasi tidak terpasang di hp android bisa disebabkan karena terdapat masalah pada cache dan data aplikasi Playstore.

Jika ini adalah penyebabnya, cara mengatasi aplikasi tidak terpasang karena cache dan data playstore bisa ikuti langkah berikut :

Langkah 1 : Kamu silahkan buka menu Pengaturan, lalu kamu pilih menu Aplikasi (atau, tergantung pada hp kamu gunakan, bisa Manajer Aplikasi/Daftar Aplikasi/Setelan Aplikasi/Manajemen Aplikasi ) > Pilih tab Semua Aplikasi > kemudian kamu cari pada bagian Google Play Store dan Google Play Service

Langkah 2 : Kemudian kamu klik Penyimpanan & Cache dan kamu Pilih Hapus Cache dan Hapus Data.

Langkah 3 : Selanjutnya, kamu cukup restart telepon dan silahkan kamu coba download dan instal ulang aplikasi yang ingin digunakan.

3. Periksa Sumber Instalasi Aplikasi

Penyebab aplikasi tidak terpasang berikutnya bisa karena aplikasi yang kamu gunakan tidak diinstal langsung di playstore. Sehingga kamu perlu mengaktifkan fitur untuk memungkinkan memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Cara mengatasinya aplikasi tidak terpasang karena sumber instalasi aplikasi tidak dikenal adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Kamu silahkan buka menu Pengaturan dan pilih menu Biometrik dan Keamanan .

Langkah 2 : Setelah itu kamu buka Pengaturan aplikasi tidak dikenal, lalu kamu pilih aplikasi yang akan digunakan untuk mengunduh atau menginstal aplikasi sumber tidak dikenal.

Baca Juga :  Cara Share Screen PPT di Zoom Laptop Termudah

Langkah 3 : Selanjutnya kamu silahkan Aktifkan Izinkan dari sumber ini .

4. Kosongkan Ruang Penyimpanan di HP Android

Penyebab aplikasi tidak terpasang di hp android selanjutnya adalah karena kapasitas penyimpanan kamu terlalu penuh. Sehingga menyebabkan aplikasi tidak bisa digunakan dan muncul keterangan aplikasi tidak terpasang. Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang karena ruang penyimpanan android penuh adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Kamu buka Pengaturan, setelah itu pilih menu Aplikasi/Manajemen Aplikasi/Setelan Aplikasi dan silahkan kamu ketuk aplikasi yang ingin Kamu hapus.

Langkah 2 : Kemudian kamu silahkan ketuk opsi Uninstall atau Copot Pemasangan