Manfaat Membeli Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Diakui.com – Apakah kamu sering melakukan perjalanan atau traveling, mungkin kamu membutuhkan Asuransi Perjalanan (Travel Insurance). Kenapa kamu membutuhkan Asuransi Perjalanan akan kamu temukan jawabannya di bawah ini. Karena kami akan menjelaskan tentang manfaat membeli asuransi perjalanan.

Jika dibandingkan jenis asuransi lainnya, asuransi perjalanan sebenarnya tidak wajib untuk dimiliki. Karena sifatnya hanya digunakan saat bepergian atau traveling ke luar kota ataupun ke luar negeri.

Manfaat Membeli Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)
Manfaat Membeli Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Tetapi akhir-akhir ini karena traveling menjadi populer di masyarakat karena ingin menikmati liburan di suatu tempat di dalam negeri maupun luar negeri. Atau orang yang pekerjaannya rutin melakukan perjalanan ke beberapa tempat menjadi semakin banyak. Sehingga membuat Travel Insurance menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan perlindungan terbaik selama perjalanan.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat asuransi perjalanan, dan apakah jenis asuransi ini benar-benar penting untuk dibeli saat melakukan traveling?

Manfaat Memiliki Asuransi Perjalanan

Manfaat asuransi perjalanan yang utama yaitu bisa mengurangi risiko kerugian secara finansial saat kamu mengunjungi suatu kota atau ke luar negeri. Selain itu, beberapa manfaat asuransi perjalanan yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut :

Mendapatkan Kompensasi Kehilangan Bagasi

Ketika bagasi yang kamu bawa hilang atau rusak yang disebabkan karena kelalaian dari pihak maskapai penerbangan. Maka perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi yang disesuaikan dengan polis yang dibeli.

Mendapatkan Kompensasi Kehilangan Paspor

Ketika paspor kamu hilang yang disebabkan karena hal tidak sengaja atau karena pencurian. Maka pihak asuransi akan memberikan santunan kepada kamu untuk mengajukan pembuatan paspor baru ke kedutaan Indonesia di luar negeri.

Baca Juga :  Review Keunggulan dan Produk Asuransi Tri Pakarta

Diberikan Kompensasi Penundaan Penerbangan

Penundaan penerbangan ini maksudnya yaitu delay ataupun penerbangan dibatalkan oleh pihak maskapai penerbangan. Hal ini tentunya akan membuat kerugian kepada penumpang, contohnya sudah membeli tiket hotel. Jika di dalam polis asuransi perjalanan terdapat kompensasi ini maka kamu bisa mendapatkan kompensasi tunai dari pihak asuransi.

Biaya Perjalanan Darurat

Ketika kamu sedang melakukan perjalanan, tetapi ada hal darurat yang membuat kamu harus kembali ke kota atau kembali ke negara asal dengan segera. Beberapa polis travel insurance ada yang menanggung biaya perjalanan darurat untuk nasabahnya.

Mendapatkan Biaya Medis

Umumnya polis travel insurance akan memberikan pertanggungan biaya medis selama perjalanan. Hal ini termasuk biaya pengobatan akibat sakit ataupun rawat inap.

Biaya Evakuasi Medis

Manfaat travel insurance selanjutnya adalah akan mendapatkan biaya evakuasi medis. Jika nasabah membutuhkan evakuasi ke rumah sakit terdekat agar bisa memperoleh perawatan secepatnya. Maka perusahaan asuransi akan mengurus keperluan ini.

Mendapatkan Santunan Kematian dan Disabilitas

Ketika terjadi risiko yang tidak diinginkan seperti meninggal dunia dan cacat yang disebabkan karena kecelakaan pada nasabah yang tertanggung. Maka perusahaan travel insurance akan memberikan dana santunan kepada keluarga nasabah.

Kompensasi Kerusuhan

Jika saat traveling atau melakukan perjalanan ke suatu wilayah dan terjadi kerusuhan disana. Maka perusahaan asuransi akan menanggung  risiko kerugian yang dialami nasabahnya.

Mendapatkan Biaya Hukum

Jika terjadi risiko tuntutan hukum dari pihak lain saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Yang dimana hal ini disebabkan karena ketidaksengajaan membuat orang lain terluka ataupun merusak properti dari orang lain. Maka perusahaan asuransi akan membayarkan biaya tersebut, jika hal ini terjadi.

Pertanggungan Tambahan (Rider)

Tidak semua risiko yang dialami selama perjalanan ditangguh oleh pihak asuransi. Tetapi biasanya kamu masih bisa memperoleh perlindungan tersebut dengan membeli pertanggungan tambahan atau rider. Rider dalam travel insurance yang umum ditawarkan adalah risiko rawan perang, memiliki penyakit yang sudah diderita sebelum perjalanan, olahraga ekstrim dan rider lainnya.

Baca Juga :  Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik Dengan Premi Murah