Hal Perlu Diketahui Tentang Indonesia Culture

Diakui.com – Indonesia culture atau budaya Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan Indonesia dengan negara lainnya. Indonesia culture adalah seluruh budaya nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan yang berasal dari asing yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Budaya Indonesia sendiri bisa diartikan sebagai Indonesia mempunyai beragam suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda baik tarian daerah, pakaian adat dan juga rumah adat. Dan budaya Indonesia sendiri tidak hanya terdiri dari budaya asli bumiputera, melainkan juga terdiri dari budaya pribumi yang mendapatkan pengaruh dari budaya, Arap, Tionghoa, Eropa dan India.

Dengan mempelajari Indonesia culture yang eksotis, akan membuat kita bangga bahwa bangsa kita ini memiliki budaya yang dipertahankan dan menjadi unik dimata dunia. Berikut ini ada beberapa budaya Indonesia yang mencangkup kebiasaan sosial, agama dan lainnya yang perlu kamu ketahui.

 Indonesia Culture
Indonesia Culture

Hal Perlu Diketahui Tentang Indonesia Culture

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang budaya Indonesia yang khas dan unik.

Memiliki Budaya Yang Beragam

Ketika berbicara tentang budaya di Indonesia tentunya Indonesia memiliki budaya yang beragam. Karena di Indonesia terdapat lebih dari 300 suku, sehingga membuat bangsa Indonesia memiliki adat dan budaya khas yang berbeda-beda.

Sehingga bisa dikatakan ketika membahas budaya Indonesia, ada banyak budaya yang dibahas dari Sabang sampai Merauke.

Selalu Menjaga Hubungan Erat Dengan Anggota Keluarga

Ciri khas dari budaya orang Indonesia adalah selalu menjaga erat hubungan dengan keluarga. Bagi anak muda di Indonesia, pindah dari rumah orang tua bukanlah hal yang mudah. Walaupun terkadang mereka sudah memiliki penghasilan sendiri.

Baca Juga :  Inilah Sri Mahyuni, Petugas Kemanan Cantik Penjaga Sekolah

Di Indonesia banyak orang memilih tinggal bersama orang tua, dibandingkan meninggalkan orang tua. Kecuali benar-benar harus merantau ke luar kota atau luar pulau untuk mendapatkan pekerjaan. Walaupun telah merantau, orang Indonesia memiliki budaya pulang kampung setiap tahun. Terutama saat libur idul fitri.

Bahkan ada beberapa rumah tangga bahkan terdiri dari keluarga besar. Kamu akan melihat kakek-nenek, bibi, paman, dan keponakan tinggal bersama dalam satu rumah atau tinggal saling berdekatan hanya untuk dekat dengan keluarga.

Menjunjung Tinggi Nilai Keagamaan

Ketika berbicara tentang budaya Indonesia maka tidak terlepas dari nilai keagamaan. Orang Indonesia akan menjunjung tinggi nilai keagamaan, hal ini bisa dilihat ketika waktu shalat tiba banyak pekerja yang akan meninggalkan pekerjaannya sebentar untuk mengerjakan shalat.

Atau ketika kamu berada di Bali, kamu akan melihat orang bali yang rutin mempersembahkan sesajen di pagi hari. Tidak peduli apapun agama yang dianut orang Indonesia, umumnya orang Indonesia sangat spiritual. Orang Indonesia selalu menjalankan praktik keagamaan dengan serius. Hal ini tercermin dari melakukan ritual keagamaan rutin setiap hari, rutin mengadakan upacara keagamaan dan memiliki tempat ibadah yang megah.

Ada Enam Agama di Indonesia

Indonesia terkenal dengan populasi Muslimnya yang besar di dunia. Tetapi agama Islam hanyalah salah satu dari enam agama resmi yang diakui di Indonesia. Karena di Indonesia terdapat 6 agama yang terdiri dari Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Di Pulau Bali , contohnya, agama yang dominan adalah Hindu, dan ada daerah-daerah tertentu ada lebih banyak orang Kristen dibandingkan orang Islam.

Orang Indonesia Suka Makanan Pedas dan Gurih

Kita tahu bahwa Indonesia kaya akan rempah-rempah, sehingga Indonesia memiliki makanan tradisional yang beragam. Contohnya orang di Jawa cenderung menyukai makanan yang manis, karena di jawa terdapat banyak gula aren dan tebu. Sedangkan di daerah lain seperti Padang, Manado dan Bali memiliki ciri khas makanan yang kaya akan rempah dan pedas.

Baca Juga :  Tempat Wisata Favorit Tahun Baru

Dan secara umum makanan di Indonesia memiliki rasa yang pedas, jadi jika ada makanan dengan level pedas beragam akan lebih laris dan banyak dicari.

Setiap Tempat Memiliki legenda

Indonesia Culture yang unik lainnya adalah setiap tempat memiliki cerita legenda. Baik itu terbentuknya sebuah gunung, bukit, danau dan sungai. Semua proses terbentuknya alam yang ada di Indonesia, seringkali dikaitkan dengan cerita tentang dewa, bangsawan, leluhur, roh atau pertapa.