7 Tahapan Untuk Cara Upgrade Processor Laptop Yang Benar

Adakah cara upgrade processor laptop? Karena kamu sedang ingin meningkatkan performa dan kinerja laptop yang kamu miliki saat ini. Jika kita merakit sebuah komputer, pastinya kita bisa dengan mudah memasang dan membongkar CPU yang didalamnya terdapat komponen motherboard yang tertanam processor, ram, harddisk dan vga.

Bagaimana Cara Upgrade Processor Laptop?

Cara Upgrade Processor Laptop
Cara Upgrade Processor Laptop

Tetapi bagaimana cara mengganti processor di CPU integrated pada laptop? Apakah bisa kita pasang dan bongkar processor dengan mudah? Tentunya untuk membongkar dan memasang komponen CPU integrated di dalam sebuah laptop akan lebih sulit dan rumit. Kita harus memiliki pengalaman dan keahlian dalam membongkar dan memasang komponen di dalam CPU laptop.

Selain cara upgrade processor laptop prosesnya lebih susah dan membutuhkan keahlian. Sebenarnya melakukan overclocking dengan cara mengganti processor dengan yang lebih kuat tidak disarankan. Karena sebenarnya penggantian processor laptop harus memenuhi syarat dan ketentuan yang tepat.

Proses penggantian processor laptop akan memakan banyak waktu, tenaga dan pikiran, ditambah lagi jika kamu salah dalam proses membongkar atau memasangnya. Maka hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen lain dan kamu bisa kehilangan uang atau biaya perbaikan lebih mahal.

Jadi saat kamu berniat untuk mengupgrade processor laptop kamu harus benar-benar memahami apa yang kamu butuhkan dan harus kamu lakukan dengan baik dan hati-hati. Tetapi jika kamu ingin mempelajari cara upgrade processor laptop bisa simak penjelasan kami di bawah ini!

Baca Juga :  Cara Simpan Video Tiktok Tanpa Nama dan Tanpa Watermark

7 Tahapan Untuk Cara Upgrade Processor Laptop Yang Benar

Sebenarnya tidak semua laptop bisa di upgrade processornya, tetapi disini kita anggap laptop kamu adalah salah satu laptop yang bisa dilakukan penggantian atau upgrade processor. Untuk cara upgrade processor laptop kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut :

1. Cek Soket Yang Digunakan

Pertama kamu harus memeriksa soket dengan cara membuka casing, dan melepas heatsink laptop. Kemudian kamu bisa cek ukuran soket yang digunakan, apakah socket processor digunakan di laptop bisa diganti atau tidak.

2. Cari Processor Yang Sesuai Merek dan Tipe Laptop

Setelah kamu mengetahui bahwa processor laptop kamu menggunakan soket yang bisa diganti. Langkah selanjutnya kamu harus mencari processor yang tepat sesuai merk dan tipe laptop agar ketika dipasangkan nantinya bisa kompatibel dengan spek laptop yang kamu miliki.

Untuk mendapatkan processor laptop yang tepat sesuai merk dan tipe laptop, sebaiknya kamu membelinya di toko komputer dan laptop terpercaya dan berpengalaman.

3. Lakukan Update Bios

Proses update bios ini dibutuhkan agar nantinya laptop bisa mendeteksi processor baru yang akan kamu upgrade ke laptop yang kamu miliki. Dengan melakukan update BIOS ini kamu bisa membuat kinerja laptop menjadi lebih optimal.

4. Bersihkan Soket

Sebelum melakukan penggantian processor, kamu harus membersihkan soket terlebih dahulu. Karena biasanya bagian soket yang tidak pernah dibersihkan akan kotor terkena debu dan kotoran. Pastikan kamu membersihkannya dengan alat khusus atau menggunakan kuas bersih dan lakukan pembersihan dengan lembut.

5. Menyiapkan Thermal Paste

Kamu harus membeli Thermal paste yang digunakan untuk membuat processor nantinya bisa tetap dingin dan menjaga prosesor agar tidak terjadi overheat.

Baca Juga :  Cara Upload Video di WA Full Tanpa Aplikasi

6. Mengganti Processor

Cara upgrade processor laptop selanjutnya adalah mengganti processor lama dengan yang baru. Caranya buka casing, lalu copot processor yang terpasang dari soketnya.

Setelah processor lama terlepas, silahkan masukan processor baru. Jika sudah terpasang pastikan kamu memasangkan di soket dengan pas dan jangan lupa mengunci soketnya.

Lalu jika processor baru telah terpasang, silahkan kamu tutup lagi caring laptop dengan benar. Sebelum memasang caring pastikan semua komponen telah terpasang dengan baik dan kencang.

Jika kamu tidak memiliki keahlian dalam bongkar dan pasang processor sebaiknya kamu serahkan kepada tukang service laptop. Agar bisa meminimalisir terjadinya kesalahan atau kerusakan yang disebabkan karena kamu tidak berpengalaman dan ahli dalam bidang ini.

7. Instal Sistem Operasi

Jika semua sudah terpasang dengan benar, langkah terakhir adalah menginstal sistem operasi pada laptop. Karena saat mengganti processor baru instalan sistem operasi lama tidak bisa digunakan lagi.

Processor untuk sebuah komputer/laptop memainkan peran penting agar bisa menjalankan sistem dengan lancar dan performa terbaik. Jadi semoga dengan tips dan cara upgrade processor laptop ini bisa membantu kamu untuk bisa mengganti processor laptop sendiri dengan mudah.