Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang Dengan 5 Langkah Mudah

Diakui.com – Cara setting kamera laptop agar terang akan membantu webcam laptop yang kamu miliki memiliki kualitas gambar terbaik saat melakukan video call di aplikasi skype atau melakukan video converence di aplikasi zoom.

Kamera laptop buram adalah salah satu masalah paling menjengkelkan bagi banyak orang. Apalagi saat Kamu sedang mengikuti rapat online, melakukan video call pribadi dengan teman atau merekam video dengan kamera laptop. Kejernihan gambar adalah hal yang sangat penting dalam kualitas video. Ada sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi kualitas gambar pada kamera laptop, termasuk pengaturan resolusi layar dan pencahayaan.

Jadi jika Kamera Laptop kamu miliki hasilnya buram dan pecah, apakah ada cara setting kamera laptop agar terang dan jernih, berikut ini ada beberapa solusi yang bisa kamu coba!

Penyebab Kamera Laptop Buram dan Pecah

Cara setting kamera laptop
Cara setting kamera laptop
  • Laptop yang sudah lama digunakan, debu dan kotoran bisa menumpuk di bagian lensa kamera laptop. Sehingga bisa membuat kamera laptop buram. Dan akan secara langsung memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera laptop.
  • Selain itu, minyak dari jari Kamu juga bisa menyebabkan lensa kamera buram saat Kamu tidak sengaja menyentuhnya. Sehingga hal ini juga akan mengurangi kualitas video dan menyebabkan kamera laptop menjadi buram.
  • Selain itu, video yang direkam dari kamera laptop hasilnya buram, tidak fokus atau tidak jelas bisa juga disebabkan oleh beberapa penyebab lainnya. Seperti Kamu membersihkan lensa kamera laptop menggunakan kain kasar saat menghilangkan debu atau kotoran di lensa.
  • Penyebab kamera laptop buram dan tidak jelas juga bisa disebabkan karena pencahayaan. Jika posisi duduk kamu saat duduk didepan laptop terlalu terang atau terlalu gelap juga akan mempengaruhi kualitas kamera laptop.
Baca Juga :  cara unfollow instagram yang tidak follback tanpa aplikasi

Setelah kamu mengetahui penyebab kamera laptop buram dan tidak jelas, kamu bisa melanjutkan membaca artikel kami bagikan di bawah ini tentang cara setting kamera laptop agar terang.

Kalian juga bisa membaca artikel dari kami mengenai Cara Setting Tanggal di Laptop Windows Disini.

Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang

Ketika menggunakan laptop, biasanya laptop telah memiliki kamera bawaan yang sering disebut dengan webcam. Dan webcam setiap merek laptop akan berbeda-beda, dan biasanya setiap webcam akan memiliki aplikasi webcam atau pengaturannya sendiri.

Di pengaturan webcam ini, kamu bisa menerapkan cara setting kamera laptop agar terang dengan beberapa langkah berikut :

  1. Pertama kamu silahkan buka aplikasi webcam di laptop, jika belum ada kamu bisa menginstalnya sesuai dengan webcam yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu, di aplikasi webcam kamu cari menu Settings
  3. Dan kemudian kamu akan melihat beberapa menu setting di dalam aplikasi webcam
  4. Di menu pengaturan biasanya akan terdapat pengaturan resolusi, mode kamera, pencahayaan dan kontras. Silahkan kamu coba atur pengaturan tersebut sampai kamu bisa menghasilkan gambar kamera laptop yang terang dan jernih.
  5. Jika kamu rasa pengaturan yang kamu buat sudah tepat, silahkan simpan perubahan pengaturan dan klik OK.

Jadi entah kamu menggunakan webcam bawaan laptop atuapun menggunakan tambahan webcam eksternal. Untuk cara setting kamera laptop agar terang kamu harus memiliki aplikasi webcam terlebih dahulu.

Tips Membuat Kamera Laptop Jadi Lebih Terang dan Jernih

Jika kamu tidak bisa menemukan aplikasi webcam yang support dengan hardware webcam yang kamu miliki. Maka kamu bisa mencoba melakukan cara setting kamera laptop agar terang dengan beberapa tips berikut :

  • Kamu harus membersihkan bagian luar kamera laptop, dengan cara menggunakan kain lembut untuk menghilangkan debu, kotoran dan bekas sidik jadi di area lensa webcam.
  • Resolusi pada laptop yang tinggi juga menentukan kualitas gambar kamera laptop. Untuk mendapatkan resolusi kamera maksimal, kamu bisa membuat pengaturan relusi layar penuh atau maksimal.
  • Kamu juga bisa mengatur pencahayaan disekitar tempat kamu menggunakan laptop. Sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas kamera laptop yang terang dan jelas. Pastikan ruangan kamu tidak terlalu gelap dan juga tidak terlalu terang. Untuk mendapatkan hasil maksimal gambar jenih kamu bisa manfaatkan ring light diposisikan di depan laptop.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Baterai IPhone Ada Tulisan Service