Cara Scroll di Laptop Menggunakan Keyboard, Mouse dan Touchpad

Diakui.com – Apakah kamu baru pertama kali menggunakan laptop, dan pastinya ada banyak hal baru yang belum kamu ketahui. Dan salah satu yang membuat kamu bingung adalah bagaimana cara scroll di laptop? Karena biasanya kamu menggunakan komputer dan menggunakan bantuan mouse untuk melakukan scroll.

Sedangkan ketika menggunakan laptop atau notebook, kamu tidak menggunakan mouse yang ada hanyalah touchpad. Karena itu, untuk membantu kamu mempermudah menggunakan laptop. Berikut ini ada beberapa cara scroll di laptop yang mudah dan praktis.

Cara Scroll di Laptop Menggunakan Keyboard, Mouse dan Touchpad

Cara Scroll di Laptop Menggunakan Keyboard, Mouse dan Touchpad
Cara Scroll di Laptop Menggunakan Keyboard, Mouse dan Touchpad

Untuk bisa melakukan scroll di laptop sebenarnya caranya sangat mudah. Kamu bisa mengguakan bantuan keyboard, mouse ataupun touchpad. Untuk langkah-langkah lebih jelas tentang cara scroll laptop silahkan simak penjelasan berikut!

1. Cara Scroll di Laptop Menggunakan Keyboard

Jika kamu ingin memanfaatkan keyboard untuk bisa melakukan scroll di laptop, kamu bisa menggunakan dua metode yang berbeda. Pertama kamu bisa menggunakan tombol arah dan kedua kamu bisa menggunakan tombol Page Up/Page Down pada keyboard laptop.

Untuk menggunakan tombol arah untuk scroll di laptop sangat mudah. Untuk scroll ke bawah silahkan kamu tekan tombol arah ke bawah, untuk scrol ke atas tekan arah ke atas, scroll ke kanan dan ke kiri juga silahkan gunakan tombol arah kanan dan kiri pada keyboard.

Jika menggunakan tombol PgUp, PgDn, Home dan End untuk melakukan scroll di laptop. Kamu bisa melakukan scroll ke bawah menggunakan page down (pg dn) dan scroll ke atas menggunakan (pg up). Tombol Home langsung scroll ke bagian paling awal, dan tombol End untuk scroll langsung ke bagian paling akhir.

Baca Juga :  Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang Dengan 5 Langkah Mudah

2. Cara Scroll di Laptop Melalui Scroll Bar

Setiap kita membuka sebuah aplikasi atau software di laptop, pastinya kita akan melihat bagian yang dinamakan Scroll Bar. Posisi Scroll Bar biasanya terdapat di sebelah kanan dan bawah halaman aplikasi. Untuk melakukan scroll menggunakan scroll bar caranya sangat mudah.

Kamu silahkan klik dan tahan scroll bar vertikal untuk melakukan scroll ke atas atau bawah. Sedangkan untuk scroll kanan dan kiri, kamu klik dan tahan scroll bar horizontal lalu tarik ke kanan dan ke kiri.

3. Menggunakan Bantuan Tombol Scroll Mouse

Jika kamu sebelumnya terbiasa menggunakan komputer untuk melakukan scroll. Saat menggunkan laptop, kamu juga bisa menambahkan Mouse eksternal sendiri. Sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan scroll di laptop.

Untuk melakukan scroll menggunakan mouse, kamu bisa menggunakan tombol scroll yang ada pada mouse untuk diputar ke depan untuk scroll ke atas atau ke belakang untuk scroll ke bawah. Jika kamu tidak ingin memutar tombol scroll, kamu bisa pencet bagian tombol scroll pada mouse. Setelah itu tinggal kamu arahkan ke atas atau ke bawah untuk melakukan scroll.

4. Cara Scroll di Laptop Menggunakan Touchpad

Ketika kamu menggunakan laptop dan tidak ingin menggunakan mouse atau cara lain yang disebutkan di atas. Kamu bisa memanfaatkan Touchpad yang ada pada laptop, sebagai cara scroll di laptop yang mudah dan praktis.

Selain bisa digunakan menggerakan pointer, dan melakukan klik kanan dan klik kiri, touchpad juga bisa digunakan untuk melakukan scroll. Fungsi scroll pada touchpad juga tidak semua laptop memilikinya, biasanya hanya terdapat di laptop keluaran terbaru yang sudah menggunakan smart touchpad.

Baca Juga :  Cara Upload 2 Foto di Story Instagram Tanpa Aplikasi dan Menggunakan Aplikasi

Posisi tombol scroll pada touchpad biasanya berada di sebelah kanan touchpad paling pinggir. Silahkan kamu bisa gesekan bagian paling tepi kanan touchpad untuk melakukan scroll.

Sekian itulah tadi beberapa cara scroll di laptop menggunakan keyboard, mouse ataupun touchpad, semoga dapat membantu.