Cara Scan Kode QR Wifi di Android Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Diakui.com – Kamu tidak tahu cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi untuk membantu mengakses wifi dengan cepat dibandingkan harus memasukan password wifi yang panjang. Maka kamu harus membaca tutorial tentang cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi di bawah ini!

Saat ini, penggunaan kode QR sudah sangat umum digunakan banyak orang. Termasuk fitur scan kode QR untuk bisa terhubung ke sebuah wifi dengan mudah tanpa perlu memasukan password.  Tetapi tidak semua orang mengetahui cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi.

Apakah Semua HP Android Bisa Menggunakan Fitur Scan Kode QR WiFi?

cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi
cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi

Sebelum mempelajari cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi, banyak dari Kamu mungkin bertanya-tanya apakah semua hp android bisa menggunakan fitur scan kode qr wifi. Saat ini, fitur scan kode QR untuk menghubungkan dan berbagi wifi telah terintegrasi pada HP android, terutama yang sudah menggunakan sistem operasi Android 10.

Untuk pengguna HP Android dengan os Android 10, kamu bisa menggunakan fitur ini tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.  Berkat penggunaan fitur scan kode QR, saat menghubungkan koneksi wifi akan menghemat waktu dan membuat tingkat keamanan penggunaan wifi akan lebih tinggi. Selain itu, Kamu tidak perlu mengingat password yang panjang dan terlalu sulit untuk diingat. Cukup scan kode qr wifi kamu sudah bisa terhubung dan mengakses internet.

Baca Juga :  Cara Unmute Story Instagram Melalui Timeline, Feed dan Akun

2 Cara Scan Kode QR Wifi di Android Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Untuk bisa menggunakan cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi, pastikan hp android kamu gunakan sudah menggunakan os Android 10 atau versi lebih tinggi. Jika hp kamu sudah os Android 10 ke atas, kamu bisa ikuti langkah scan kode QR wifi di Android tanpa aplikasi berikut ini!

1. Cara Mendapatkan Kode QR Wifi di HP Android

Jika kamu ingin berbagi hotspot wifi tetapi kamu tidak ingin memberikan password, maka kamu bisa sharing wifi dengan menggunakan kode QR wifi dengan langkah sebagai berikut :

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan/Setelan, pilih Jaringan & internet/Wi-Fi
  • Setelah itu, kamu silahkan kamu Klik nama jaringan wifi yang Kamu bagikan dan pilih ikon Bagikan bergambar Barcode
  • Kemudian, perangkat akan meminta kamu untuk mengkonfirmasi pengguna dengan meminta sidik jari atau password, setelah Kamu membukanya, maka akan ditampilkan kode QR Wifi.
  • Terakhir, Kamu hanya perlu memberikan kode QR Wifi tersebut tanpa menggunakan password. Kamu bisa mengambil screenshot Kode QR wifi tersebut sehingga tidak perlu mengulangi proses pembuatan kode QR lagi.

2. Cara Scan Kode QR Wifi di Android Tanpa Aplikasi di Android 10

Untuk hp yang menggunakan sistem operasi Android 10, Kamu bisa menerapkan cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi berikut.

Metode 1: Gunakan Fitur Scan Kode QR yang tersedia di Wifi

Kamu bisa membagikan kode QR wifi kepada orang lain yang ingin terhubung ke jaringan wifi di kedai kopi/cafe, kantor, atau wifi di tempat lain dengan menerapkan cara menggunakan kode qr wifi sebagai berikut:

  • Pertama, kamu masuk ke Pengaturan/Setelan, lalu masuk ke jaringan & pengaturan, lalu pilih Wifi
  • Selanjutnya kamu cari ikon kode QR yang ada di sebelah pojok kanan atas untuk menambahkan jaringan WiFi baru
  • Setelah aplikasi kamera fitur scan kode qr terbuka, silahkan kamu arahkan kamera ke QR kode Wifi yang ingin dibagikan dan secara otomatis hp tersebut akan terhubung ke jaringan wifi.
Baca Juga :  Jealous Kamu Merusak Hubungan? Ada Tips Mengatasinya, Cari Tahu Di Sini

Metode 2: Gunakan Aplikasi Kamera di HP Android

Dengan cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi ini, kamu hanya perlu membuka aplikasi kamera. Tetapi cara ini hanya bisa diterapkan di os android 10 ke atas.

  • Pertama kamu buka aplikasi kamera, kemudian kamu alihkan ke mode Google Lens
  • Setelah itu, silahkan arahkan kamera dengan mode Google Lens ke Kode QR Wifi yang ingin dikoneksikan
  • Jika sudah muncul nama jaringan wifi, silahkan kamu tekan konfirmasi untuk bisa terhubung ke jaringan wifi tersebut

Itulah tadi 2 cara scan kode qr wifi di android tanpa aplikasi yang bisa kamu coba untuk bisa terkoneksi ke jaringan wifi tanpa perlu memasukan password.