Cara Scan Dokumen di Laptop Windows 7,8, dan 10

Diakui.com – Jakarta, Cara scan dokumen di laptop sangat dibutuhkan banyak orang yang ingin mengubah dokumen berbentuk fisik untuk diubah ke gambar digital. Contohnya ketika kamu ingin mendaftar kuliah, maka membutuhkan scan dokumen ijazah dalam bentuk file pdf atau jpeg untuk diupload ke forumulir pendaftaran online. Atau kebutuhan scan dokumen penting lainnya yang mengharuskan kamu mengirimkannya dalam bentuk digital.

Ada beberapa cara scan dokumen di laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah, apalagi ketika kamu menggunakan windows. Karena di windows terdapat fitur yang akan mempermudah penggunanya melakukan scan dokumen.

Berikut ini ada beberapa cara scan dokumen di laptop windows yang bisa kamu coba dan praktekan sendiri. Catatan penting untuk bisa menggunakan fitur ini pastikan kamu memiliki printer yang didalamnya terdapat fitur untuk scan.

Anda juga bisa membaca artikel kami mengenai Cara Scan Foto di Hp Tanpa Aplikasi disini!

Cara Scan Dokumen di Laptop Menggunakan Windows Fax and Scan

Cara Scan Dokumen di Laptop
Cara Scan Dokumen di Laptop

Pada sistem operasi Windows 7, 8, 10 saat ini, sudah terdapat program bernama Windows Fax and Scan. Fitur Windows Fax and Scan ini adalah fitur bawaan windows yang bisa kita gunakan untuk memindai dokumen, tanpa kamu harus menginstal software lain dari pihak ketiga. Langkah-langkah untuk scan dokumen di laptop menggunakan program Windows Fax and Scan adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Pertama kamu buka Start, setelah itu pilih All Programs, lalu pilih Accessories dan kamu pilih Windows Fax and Scan

Langkah 2: Kemudian kamu klik New Scan, maka jendela New Scan akan muncul pada layar. Di bawah Select Device pilih alat scan yang ingin Kamu gunakan untuk melakukan scan dokumen

Baca Juga :  Anda Ingin Transfer Namun, Bingung Kena Biaya Admin? Solusinya Adalah Aplikasi Transfer Tanpa Biaya Admin

Langkah 3: Ubah informasi opsional untuk data scan seperti nama, format file, tempat penyimpanan file, dan lainnya yang berada di sisi kiri jendela Select Scanner dengan klik Change.

Langkah 4: Silakan periksa dokumen yang akan dipindai dengan mengklik Preview

Langkah 5: Setelah menyelesaikan proses instalasi, lanjutkan dengan klik Scan

Langkah 6: Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, hasil scan dokumen akan ditampilkan di jendela Windows Fax and Scan. Kamu bisa memilih salah satu opsi berikut:

  • Forward as EMail (kirim dokumen hasil scan ke email)
  • Forward as Fax (mengirim dokumen hasil scan ke faks)
  • Save as (menyimpan dokumen hasil scan dengan nama atau format yang berbeda)

Cara Scan Dokumen di Laptop Dengan Cepat

Selain dengan menggunakan cara scan dokumen di laptop di atas. Ada langkah cepat lain yang bisa kamu gunakan untuk melakukan scan dokumen di laptop sebagai berikut :

Langkah 1 : Hubungkan printer scanner ke laptop dengan kabel koneksi printer dan colokkan sumber listrik printer.

Langkah 2 : Tempatkan kertas atau dokumen yang ingin kamu scan pada area scanner printer.

Catatan : Kamu hanya bisa memindai 1 sisi dokumen pada satu waktu , jika kamu ingin memindai beberapa sisi, maka kamu perlu membaliknya setelah proses selesai.

Langkah 3 : Buka laptop yang terhubung ke printer, cari dan buka Devices and Printers.

Langkah 4 : Di bagian Printers, pilih printer yang terhubung ke laptop, kemudian kamu klik kanan dan pilih Start Scan.

Langkah 5 : Pilih format untuk dokumen Scan, lalu Pilih resolusi yang diinginkan (Resolution), setelah itu kamu klik Preview untuk melihat pratinjau dan memindai dokumen dengan pilih Scan untuk memulai proses scan dokumen.

Baca Juga :  Jahat, Jangan Duakan Pria Setia! Karena Menderitanya Lebih LamaDibanding Wanita

Langkah 6 : Pilih Review, organize, and group items to import dan kamu pilih Next.

Langkah 7 : Pilih Import dan tunggu pemindaian sampai selesai.

Sekian itulah tadi 2 Cara scan dokumen di laptop termudah yang bisa kamu lakukan di windows 7,8 dan 10, semoga bermanfaat.