Cara Scan di Laptop Tanpa Printer

Diakui.com – Jakarta. Cara scan di laptop tanpa printer menjadi salah satu tutorial scan dokumen yang banyak dicari. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa saat ini tidak ada cara scan di laptop tanpa printer. Karena ketika kita ingin melakukan scan di laptop pastinya kita akan membutuhkan printer yang sudah dilengkapi dengan scanner. Ataupun laptop harus terhubung ke alat scanner untuk bisa melakukan scan dokumen.

Jika kamu mencari cara scan di laptop tanpa printer, maka yang bisa kamu lakukan saat ini adalah memanfaatkan smartphone untuk melakukan scan. Kemudian hasil scan dari smartphone kamu masukan ke laptop. Jika metode ini yang kamu cari, maka silahkan kamu terapkan langkah-langkah cara scan di laptop tanpa printer menggunakan kamera hp di bawah ini!

Cara Scan di Laptop Tanpa Printer Menggunakan Kamera HP

Cara Scan di Laptop Tanpa Printer
Cara Scan di Laptop Tanpa Printer

Jika kamu ingin menggunakan kamera hp sebagai pengganti printer atau scanner untuk melakukan scan dokumen. Maka kamu harus memiliki hp android keluaran terbaru dengan menggunakan os android 10 ke atas. Sehingga nantinya kamu bisa memanfaatkan kamera bawaan hp untuk melakukan scan dokumen.

Untuk langkah-langkah scan di laptop tanpa printer menggunakan kamera hp adalah sebagi berikut :

Langkah 1 : Pertama kamu buka aplikasi Kamera di hp dan di aplikasi kamera HP kamu cari menu mode kamera dokumen

Langkah 2 : Setelah masuk ke mode kamera dokumen kamu bisa langsung arahkan kamera ke dokumen yang ingin kamu scan

Baca Juga :  Anda Ingin Transfer Namun, Bingung Kena Biaya Admin? Solusinya Adalah Aplikasi Transfer Tanpa Biaya Admin

Langkah 3 : Posisikan kamera ke dokumen dengan posisi yang tepat, tekan tombol rana dan hasil scan dokumen secara otomatis akan disimpan di galeri.

Langkah 4 : Setelah hasil scan masuk ke galeri, silahkan kamu gunakan kabel USB untuk menghubungkan hp ke laptop. Dan silahkan kamu pindahkan file foto hasil scan tadi dari hp ke komputer. Biasanya hasil file foto akan masuk ke folder DCIM>Camera.

Langkah 5 : Silahkan copy file gambar hasil scan dan paste ke folder di dalam laptop sesuai yang kamu inginkan.

Cara Scan di Laptop Tanpa Printer Menggunakan Google Drive di HP

Selain cara scan di laptop tanpa printer menggunakan kamera bawaan hp android di atas. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi google driver yang ada di hp untuk melakukan scan dokumen. Dan nantinya hasil file scan dari hp bisa kamu download dengan mudah melalui google drive di laptop.

Untuk langkah-langkah cara scan di laptop tanpa printer menggunakan Google Drive di HP adalah sebagai berikut :

Cara scan foto di laptop tanpa printer

Langkah 1 : Pertama kamu buka aplikasi Google Drive di hp android dan masuk ke akun google untuk bisa mengakses google drive

Langkah 2 : Setelah berhasil login ke google drive, kamu klik ikon  +, lalu kamu pilih Pindai/Scan

Langkah 3 : Selanjutnya kamu posisikan kamera dengan tepat ke dokumen yang ingin discan, jika posisi sudah pas kamu klik tombol rana/scan. Maka secara otomatis gambar akan terpotong sesuai dengan ukuran dokumen yang discan/difoto. Jika hasil scan kurang memuaskan, kamu bisa klik ikon crop untuk memotong hasil scan agar lebih rapi.

Langkah 4 : Jika hasil scan sudah rapi, kamu silahkan klik tanda centang untuk menyimpan hasil scan ke Google Drive.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok Terbaru 2022

Langkah 5 : Silahkan buka laptop, kemudian buka browser dan masuk ke website google drive. Kemudian kamu login menggunakan gmail yang sama dengan google drive yang ada di hp. Maka hasil scan dokumen yang kamu ambil di hp bisa kamu lihat dan kamu download langsung di laptop.