Cara Meringkas Video di Youtube Menjadi Teks

Diakui.com – YouTube adalah aplikasi media sosial dengan platform berbagi video terbesar di dunia saat ini yang bisa diakses di smartphone dan komputer. Umumnya saat ini setiap video diupload ke youtube memiliki subtitle agar penonton bisa dengan mudah memahami isi konten yang ditonton. Lalu bagaimana cara meringkas video di youtube menjadi teks?

Syarat untuk bisa download Subtitle dari video youtube adalah video youtube tersebut harus mempunyai subtitle dalam bahasa yang disediakan oleh pembuat video. Untuk mengeceknya kamu bisa klik ikon roda gigi di pojok kanan video youtube dan buka  Setting dan pilih Subtitles.

Cara Meringkas Video di Youtube Menjadi Teks Langsung di Youtube

Saat ini, YouTube telah mendukung download subtitle video yang sangat mudah, jadi kamu tidak perlu menggunakan tools transkip pihak ketiga untuk mendapatkan teks di dalam video.

Langkah 1: Buka video youtube yang ingin kamu dapatkan Subtitle atau transkip teksnya

Langkah 2: Klik ikon tiga titik yang ada di sebelah ikon Bagikan/Share

Langkah 3: Kamudian kamu pilih Tampilkan Transkrip

Langkah 4: Setelah panel subtitle/transkrip muncul, kamu bisa memilih seluruh teks dan menyalin teks transkip tersebut .

Langkah 5: Buka Notepad atau MS Word untuk menempelkan/pasteteks dan simpan file.

Cara Meringkas Video di Youtube Menjadi Teks Menggunakan Tools Online

Walaupun saat ini YouTube telah mendukung fitur mengunduh subtitle langsung dari video youtube yang kita tonton. Jika kamu ingin mengonversi teks dalam video youtube tersebut menjadi bahasa lainnya atau digunakan untuk membuat artikel blog atau di website kamu miliki. Kamu bisa mencoba cara meringkas video di youtube menjadi teks melalui webiste berikut :

Baca Juga :  Cara Sambungkan Bluetooth Laptop ke Speaker di Windows 7, 8 dan 10

1. Downsub

Cara Meringkas Video di Youtube Menjadi Teks Langsung di Youtube
Cara Meringkas Video di Youtube Menjadi Teks Langsung di Youtube

Downsub adalah website yang memberikan layanan untuk mengunduh subtitle atau transkip video YouTube yang mendukung bahasa Indonesia gratis. Selain itu website ini juga menyediakan banyak bahasa subtitle lainnya seperti bahasa Inggris, Prancis, Jepang, dan bahasa negara lainnya.

Langkah 1: Kunjungi webiste downsub.com melalui browser yang kamu gunakan

Langkah 2: Silahkan kamu salin tautan video YouTube yang ingin ditranskip teksnya

Langkah 3: Paste atau tempel link youtube di kolom yang tersedia di webiste Downsub dan klik Download.

Langkah 4 : Sekarang Downsub akan mendeteksi bahasa subtitle utama dari video youtube dan meletakkan tautan unduhan file subtitle/transkip tepat di bawahnya.

Langkah 5: Selain subtitle yang disediakan dari video youtube, Downsub juga support banyak bahasa lain ketika kamu secrol mouse ke bawah. Kamu akan mendapatkan banyak pilihan transkip bahasa lainnya sesuai yang kamu butuhkan. Kamu cukup pilih dan klik ikon Download  tepat di sebelah bahasa yang ingin kamu unduh.

Langkah 6: File subtitle/transkip yang diunduh akan berformat .srt atau .txt. Maka untuk bisa membuka file tersebut kamu bisa memilih untuk membukanya dengan menggunakan di komputer. Atau kamu juga bisa gunakan aplikasi yang bisa membaca file .srt atau .txt lainnya.

Dengan petunjuk di atas, file tambahan untuk diunduh akan dibuka dengan NotePad, dengan sub segmen sesuai dengan durasinya . Menggunakan subtitle Downsub akan memudahkan Anda memahami konten dan mengikuti video .

2. Getting Youtube subtitles

Cara Meringkas Video di Youtube Menjadi Teks Menggunakan Getting Youtube
Cara Meringkas Video di Youtube Menjadi Teks Menggunakan Getting Youtube

Getting Youtube subtitles adalah website yang memiliki layanan pengunduhan subtitle YouTube dengan antarmuka yang sederhana dan sangat mudah digunakan. Selain itu, website ini juga mendukung banyak bahasa unduhan, memberi pengguna fleksibilitas dalam memilih bahasa yang ingin digunakan.

Baca Juga :  5 Cara Berdamai Dengan Masa Lalu | Cara Moveon

Langkah 1: Kunjungi website Getting Youtube subtitles di mo.dbxdb menggunakan browser di komputer/hp

Langkah 2: Salin tautan video YouTube yang ingin kamu transkip teksnya dan paste/tempel ke kolom yang ada di webiste Getting Youtube subtitles

Langkah 3: Pilih bahasa dengan cara klik Choose Language

Langkah 4: Klik ikon Download tepat di sebelah Choose Language untuk memulai proses unduh subtitle video youtube

Langkah 5: File subtitle video youtube yang diunduh akan berformat .srt. Maka untuk membuka file tersebut kamu harus membukanya dengan NotePad atau menggunakan aplikasi pembaca file. .srt lainnya

Sekian itulah tadi 3 cara meringkas video di youtube menjadi teks yang bisa kamu coba untuk bisa merangkum teks di dalam video youtube dengan lebih mudah.