Cara Membuat Website Gratis di Google Sites

Diakui.com – Belakangan ini banyak sekali para pelaku bisnis yang ingin membuat bisnisnya menjadi online, dari semua pelaku usaha tersebut tidak banyak juga yang binggung dengan cara pembuatan website. Karena kita tahu membuat situs website itu pada umumnya berbayar. Katakanlah kita membeli domain (.com) kita harus merogoh kocek mulai dari 100ribuan. Belum lagi hosting kita harus membayar kepada penyedia hosting sebesar $20 perbulan. Kalau dihitung-hitung modal yang kita keluarkan dalam pembuatan website profesional ini adalah Rp.650.000 kurang lebih.

Disini kami akan memberikan solusi bagaimana anda bisa membuat Website gratis dari Google Sites, ini sangat direkomendasikan untuk anda yang tidak punya skill dalam membuat sebuah landingpage.

Apa itu Google Sites

Google Sites adalah pembuat situs web, yang ditandai dengan kemudahan penggunaan dan kenyamanan, karena pada awalnya diarahkan pada persyaratan dan keterampilan orang yang bekerja untuk pertama kalinya. Platform ini menggunakan editor WYSIWYG secara default, meskipun antarmukanya juga berfungsi dengan baik dengan pengguna ini, yang bermaksud untuk mengedit kode situs web secara manual untuk hasil yang unik.

Dengan Google Sites, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengelola project interaktif dan dinamis hanya dengan beberapa klik. Tidak diperlukan keterampilan pemrograman atau pengalaman desain web untuk bekerja dengan sistem – cukup ikuti tips yang dibuatnya dan jelajahi dasbor untuk beralih ke proses pengembangan situs web.

Jika Anda berpikir untuk memulai situs website dengan pembuat situs web, Anda harus tahu bahwa Google baru-baru ini mengumumkan niatnya untuk berhenti mendukung versi situs klasik saat ini sejak 1 September 2021. Dengan demikian, Anda harus meluncurkan proyek dalam versi baru program dan inilah yang akan kita bahas di bawah ini.

Baca Juga :  Cara Tau Link Instagram Sendiri dan Orang Lain Termudah
cara membuat situs website gratis di google
cara membuat situs website gratis di google

Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk membantu Anda mempelajari cara membuat website gratis dari google sites :

Pilih nama dan templat situs web di Google Sites

Setelah login ke Akun Google dan menjalankan pembuat situs, Anda akan diarahkan ke panel kontrol. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diselesaikan di sana:

1. pilih nama perusahaan Anda – klik alamat untuk melakukan ini;

2. Ubah gambar header – Anda memiliki kesempatan untuk memilih salah satu gambar stok yang disediakan oleh situs Google atau mengunggah gambar Anda sendiri;

3. pilih gaya header yang sesuai (sampul, spanduk besar, spanduk, hanya judul);

4. pilih template – Anda dapat mengakses bagian “Tema” yang tersedia di menu terperinci yang terletak di bagian layar yang kaya;

5. Pilih warna header dan gaya font di sini – opsi yang tersedia disediakan di bagian “Tema”.

Dalam hal template, Google Sites tidak menawarkan template default untuk situs web baru untuk memungkinkan pengguna mengambil kendali penuh atas project mereka. Sebagai gantinya, pembuat situs web memungkinkan Anda memilih salah satu tema yang ada dari galeri. Adapun berbagai tema, mereka tidak mengesankan, tetapi masih banyak yang bisa dipilih di sini.

Mengedit tata letak situs web

cara membuat google sites
cara membuat google sites

Saat mengerjakan pengembangan situs web Anda, Anda akan memiliki kesempatan untuk memilih tata letak situs web Anda dan memodifikasinya:

1. Buka bagian “Tata Letak” yang terletak di menu layar kiri;

2. Pilih opsi pilihan Anda – Secara umum, ada 6 variabel tata letak untuk dipilih. Tata letak ini mencakup satu, dua, tiga dan empat kolom;

3. Klik tata letak yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengganti tata letak default;

Baca Juga :  Cara Setting Kualitas Video di Instagram

4. Mulai mengedit blok – masukkan teks, unggah gambar.

Anda dapat menambahkan gambar sebanyak yang Anda butuhkan untuk menyediakan konten khusus yang relevan – ini mudah, tidak merepotkan, dan cepat. Pastikan untuk memilih tata letak yang sesuai yang menyediakan semua informasi yang diperlukan.

Menambahkan dan mengkustomisasi halaman di Google Sites

Setelah Anda memilih tata letak, saatnya untuk menambahkan halaman situs web baru. Google Sites memungkinkan Anda menambahkan jumlah halaman yang tidak terbatas yang berbeda dalam efek dan jenisnya. Untuk menambahkan halaman, selesaikan langkah-langkah berikut:

1. Beralih ke tab “Halaman” di menu kanan panel kontrol;

2. Klik tombol “+” yang tersedia di bawah ini;

3. Beri nama halaman dan / atau tentukan jalur yang dimaksudkan untuk penyisipannya;

4. Klik tombol “Selesai”;

5. Tambahkan halaman sebanyak yang Anda inginkan atau ulangi yang sudah ada untuk menghemat waktu dan tenaga Anda. Anda juga dapat menyembunyikan halaman dari navigasi.

6. Jika perlu, tambahkan subhalaman ke halaman yang ada dan tetapkan properti khusus.

Anda dapat membuat dan menambahkan halaman web standar untuk melihat konten Anda dan melampirkan dokumen dan pengumuman untuk memposting berita perusahaan, pembaruan, halaman awal, halaman daftar, serta lemari file untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi file.