Cara Membuat Daftar Pustaka dari Website

Diakui.com – Daftar Pustaka merupakan suatu kelompok daftar akurat atau sumber yang dipakai dalam menulis sebuah karya ilmiah. Sumber yang dipakai banyak bentuknya seperti buku, artikel di internet, jurnal, majalah, koran, skripsi, dan sumber yang lain kerap dipakai dalam riset ilmiah. Daftar pustaka kerap disebutkan dengan istilah referensi, rekomendasi, atau sumber pustaka. Bentuk daftar pustaka ini umumnya terdapat di terakhir halaman sebuah kreasi ilmiah.

Dalam memberikan daftar pustaka dalam kreasi ilmiah tentu bukan tanpa argumen dan faedah didalamnya. Daftar pustaka menjadi panduan jika data yang diambil dalam dalam isi kreasi ilmiah itu bisa dipercayai karena mengandung data yang akurat.

cara membuat daftar pustaka dari website
cara membuat daftar pustaka dari website

Disamping itu memberikan daftar pustaka dari website yang komplet sebagai norma dalam penulisan kreasi ilmiah sebagai pertanda terima kasih penulis dengan penulis yang kreasinya ditunjuk atau riset awalnya dengan memberikan dukungan beberapa ide mereka untuk dipakai.

Mengarah pada buku Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia oleh Novi Indrastuti (2020: 32), berikut:

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Website yang Benar

Pola APA

Pola APA (American Psychological Association) tersering dipakai oleh periset di Indonesia. Formasi daftar pustaka yang dicatat dengan pola ini, yakni:

Nama website dan Tanggal penerbitan artikel yang di bauat.Judul artikel dicatat miring.Tanggal situs dijangkau, dari URL situs.

Pola MLA

Kekinian Language Association atau pola MLA mempunyai formasi penulisan daftar pustaka dengan posisi seperti berikut:

Judul artikel”. Nama situs. Tanggal penerbitan artikel. Tanggal artikel dijangkau. .

Pola MHRA

Pola MHRA atau Kekinian Humanities Research Association kerap dipakai periset di sejumlah penjuru dunia. Formasi penulisannya, yakni:

Nama situs, “judul artikel”, Deskripsi web, Tanggal penerbitan artikel, [tanggal situs dijangkau].

Pola CSE

Council of Science Editors atau CSE Styles mempunyai pola penulisan seperti berikut:

Nama situs. Judul artikel [internet]. Deskripsi situs, Waktu penerbitan artikel [tanggal situs dijangkau]. Ada dari URL situs.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat daftar pustaka dari website, kami harap anda dapat mengerti dengan artikel yang kami buat.

Baca Juga :  Cara Ubah Kuota Belajar Jadi Kuota Utama Tanpa Aplikasi