Cara Daftar Bansos PKH September 2022

Cara daftar bansos PKH september 2022 akan membantu kamu untuk bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan mudah. Terutama untuk kamu yang belum pernah mendaftar bansos PKH dari Kemensos.

Bulan September 2022 menjadi bulan yang dinantikan oleh penerima Bansos dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan PKH (Program Keluarga Harapan). Tetapi bagi yang belum pernah terdaftar menjadi penerima BPNT dan PKH, jika ingin mendapatkan Bansos di bulan ini wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Untuk mendaftarkan diri sebagai penerima bansos PKH September 2022, bisa menggunakan aplikasi Cek Bansos yang dimiliki oleh Kemensos. Jika sudah terdaftar di aplikasi cek bansos maka, ada kemungkinan kamu bisa mendapatkan bansos yang cair di bulan September 2022.

Setelah selesai mendaftarkan diri di aplikasi Cek Bansos, jangan lupa juga mengajukan pendaftaran DTKS secara online. Pendaftaran DTKS juga masih dalam aplikasi Cek Bansos.

Untuk bisa mendaftarkan diri di DTKS Kemensos, peserta harus menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga, serta melakukan aktivasi agar bisa mendapatkan bansos BPNT dan PKH.

Melalui aplikasi Cek Bansos, kamu selain bisa menambahkan diri sendiri untuk bisa menjadi penerima bantuan. Kamu juga bisa mendaftarkan teman, saudara atau tetangga yang berhak menerima bantuan sosial di aplikasi ini.

Caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan menggunakan fitur Tambah Usulan di aplikasi Cek Bansos. Kemudian masukan data orang yang ingin didaftarkan di DTKS Kemensos sebagai penerima Bansos PKH dan BPNT.

DTKS sendiri adalah singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, yang menjadi acuan pemerintah dalam menyalurkan Bansos kepada keluarga yang berhak mendapatkanya. Sehingga semua data berhubungan dengan penerima bansos PKH dan BPNT akan tercatat secara transparan di DTKS Kemensos. Dan sampai sekarang sudah ada 40% penduduk telah tercatat di DTKS Kemensos sebagai penerima bantuan PKH dan BPNT.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan bantuan sosial PKH dan BPNT yang dicarikan di bulan September 2022. Kamu bisa ikuti cara daftar bansos PKH september 2022 di bawah ini!

Cara Daftar Bansos PKH September 2022 Melalui Aplikasi Cek Bansos

Untuk cara daftar bansos PKH september 2022 cukup mudah, kamu bisa mendaftar DTKS secara online melalui Aplikasi Cek Bansos.

Cara Daftar Akun Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Langkah-langkah daftar akun Aplikasi Cek bansos untuk daftar menjadi penerima PKH September 2022 adalah sebagai berikut :

  1. Kamu silahkan buka Playstore di HP Android yang kamu miliki dan ketikan Cek Bansos di kolom pencarian
  2. Kemudian setelah menemukan Aplikasi Cek Bansos di Playstore, lanjutkan dengan klik tombol Instal dan tunggu sampai proses unduh dan instal selesai
  3. Jika aplikasi Cek Bansos selesai terinstal, lanjut dengan membuka aplikasi Cek Bansos dan lakukan pendaftaran
  4. Untuk melakukan pendaftaran akun baru, silahkan kamu klik Buat Akun Baru untuk melanjutkan proses registrasi akun di aplikasi Cek Bansos
  5. Selanjutnya kamu masukan data diri secara lengkap dan valid
  6. Selain menginputkan data secara tertulis, kamu juga wajib untuk menyiapkan KTP untuk difoto dan diunggah, serta melakukan foto selfie dengan memegang KTP
  7. Jika data sudah diinputkan, cek kembali data yang telah diisi apakah sudah benar atau belum. Jika sudah dirasa benar, silahkan klik Buat Akun Baru
  8. Apabila pendaftaran akun sudah berhasil, maka tahap selanjutnya kamu melakukan pendaftaran DTKS Kemensos.

Cara Daftar DTKS Kemensos Secara Online Melalui Aplikasi Cek Bansos

Setelah kamu selesai melakukan pendaftaran akun aplikasi cek bansos, kamu bisa melanjutkan melakukan pendaftaran DTKS Kemensos. Baik melakukan pendaftaran untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Untuk langkah-langkah daftar DTKS Kemensos, silahkan simak penjelasan berikut :

  1. Di Aplikasi Cek Bansos, kamu pilih menu Daftar Usulan untuk melakukan pendaftaran DTKS Kemensos.
  2. Setelah itu, kamu akan diminta kembali untuk mengisikan data pada kolom yang tersedia. Silahkan kamu isikan dengan data kamu sendiri atau orang yang ingin kamu daftarkan untuk mendapatkan bantuan sosial dari Kemensos.
  3. Kamu kemudian akan diminta untuk memilih jenis bantuan yang ingin didapatkan, kamu bisa memilih Bansos PKH atau Bansos BPNT. Karena kamu ingin mendapatkan bantuan PKH, maka kamu pilih jenis bantuannya PKH.
  4. Setelah berhasil daftar DTKS secara online di aplikasi Cek Bansos, maka kamu tinggal menunggu hasil keputusannya.

Sistem akan memproses dan memverifikasi serta memvalidasi data untuk menentukan apakah data kamu masukan layak mendapatkan bansos PKH di DTKS Kemensos atau tidak. Jika data yang kamu daftarkan layak mendapatkan bantuan, maka kamu bisa mendapatkan bansos PKH yang cair di September 2022.

Cara Cek Penerima Bansos PKH September 2022

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Periode 3 akan dicairkan di bulan September 2022. Untuk kamu yang sudah mendaftar sebagai penerima Bansos PKH dengan mengikuti cara daftar bansos PKH september 2022 di atas.

Maka kamu bisa mengecek nama penerima bansos PKH secara online melalui website cekbansos.kemensos.go.id. Jika nama kamu tercantum dalam laman web cekbansos.kemensos.go.id, kamu berhak mendapatkan bansos PKH tahap 3 dengan bantuan senilai hingga Rp 750 ribu yang dibagi menjadi 2 kategori.

Untuk bisa mengetahui apakah kamu mendapatkan bantuan Bansos PKH September 2022, maka kamu harus mengikuti cara cek penerima bansos PKH September 2022 di bawah ini!

  1. Langkah pertama kamu buka browser Chrome di HP dan kamu masuk ke laman web www.cekbansos.kemensos.go.id
  2. Kemudian kamu gunakan NIK pada KTP untuk mengisikan data pribadi
  3. Masukan juga alamat domisili seperti Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi
  4. Tulislah nama secara lengkap
  5. Masukan 8 kode huruf sesuai dengan gambar yang ditampilkan
  6. Setelah itu kamu bisa lanjutkan dengan klik Cari Data
  7. Jika data yang kamu masukan sudah sesuai dengan data yang ada di DTKS Kemensos. Maka akan muncul berupa Nama Penerima, Umur dan Jenis Bantuan Sosial yang didapatkan, contohnya Bansos PKH.
  8. Kemudian di kolom PKH, ditampilkan informasi Status (YA), Keterangan (Himbara/Proses) dan Periode (September 2022).
  9. Setelah itu, penerima PKH bisa melakukan pencairan dana Bansos PKH dengan mengunjungi bank Himbara seperti bank Mandiri, BTN, BNI atau BRI.

Besaran Bantuan Bansos PKH September 2022

Untuk besaran bantuan yang didapatkan pada Bansos PKH September 2022 tahap 3 ini didasarkan dari kategori :

  • Ibu hamil atau nifas mendapatkan bantuan sebesar Rp 750 ribu
  • Anak usia dini atau balita 0-6 tahun mendapatkan bantuan sebesar Rp 750 ribu
  • Anak sekolah tingkat SD/sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 225 ribu
  • Siswa SMP/sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 375 ribu
  • Siswa SMA/sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 500 ribu

Itulah tadi yang dapat kami informasikan tentang cara daftar bansos PKH september 2022 dan cara cek penerima bantuan PKH september 2022.