Cara Beralih dari TV Analog ke TV Digital Murah dan Kualitas Gambar Jernih

Diakui.com – Saat ini banyak orang sedang mencari cara beralih dari TV Analog ke TV Digital, karena pemerintah per tanggal 2 November 2022 telah menonaktifkan siaran TV Analog. Aturan tentang penonaktifan  siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) nasional telah ditentukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dengan adanya aturan ini, maka masyarakat harus berhenti menggunakan siaran tv analog ke tv digital. Tetapi tidak semua orang mampu untuk mengganti tv lama mereka dengan tv baru yang sudah support tv digital.

Kamu yang tidak ingin mengganti tv baru tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa menikmati siaran tv digital tanpa perlu membeli tv baru. Lalu bagaimana cara beralih dari TV Analog ke TV Digital yang mudah dan praktis?

3 Cara Beralih dari TV Analog ke TV Digital Paling Mudah

Untuk cara beralih dari tv analog ke tv digital ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti :

1. Membeli TV Baru

Cara pertama tentunya adalah membeli tv baru yang sudah support tv digital. Sehingga kamu hanya perlu melakukan pengaturan di tv tersebut untuk mendapatkan sinyal atau frekuensi siaran tv digital.

2. Menggunakan Decoder atau Set Top Box (STB)

Jika kamu tidak memiliki budget untuk membeli tv baru yang sudah support tv digital, jangan khawatir. Karena kamu hanya perlu menambahkan alat dekoder atau Set Top Box (STB). Jadi tv analog atau tv tabung yang kamu miliki nantinya bisa mendapatkan siaran tv digital dengan mudah.

Baca Juga :  Gambar Untuk Dp Bbm

Kamu bisa membeli STB lebih murah dibandingkan kamu membeli tv baru, karena kamu bisa membeli STB dengan harga mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 500 ribu saja.

Setelah kamu membeli STB, kamu bisa terapkan beberapa langkah berikut untuk bisa mengubah tv analog menjadi tv digital menggunakan STB.

  • Pertama kamu harus memastikan bahwa STB yang kamu beli menggunakan jenis DVB-T2 yang sudah support sambungan antena di tv analog.
  • Pada saat tv analog dalam keadaan mati, kamu cabut kabel antena yang terpasang ke tv.
  • Kemudian kamu sambungkan kabel antena ke port yang bertuliskan ANT IN yang ada di perangkat STB.
  • Setelah itu, sambungkan kabel HDMI dari port yang ada di perangkat STB ke TV Analog. Jika TV analog kamu miliki tidak memiliki port HDMI, maka kamu bisa sambungkan menggunakan kabel AV dengan 3 kabel berwarna putih, kuning dan merah.
  • Colokan kabel STB ke sumber listrik, setelah itu hidupkan TV dan STBnya.
  • Lalu di TV kamu buka menu pengaturan TV dan kamu cari menu pencarian Saluran/Channel atau Auto Scan.
  • Setelah pencarian channel siaran digital muncul, silahkan kamu simpan dan kamu sudah bisa menikmati siaran tv digital di TV analog.

Jadi itulah tadi cara beralih dari tv analog ke tv digital menggunakan bantuan STB. Maka saat ini jika kamu belum memiliki STB bisa membelinya di toko elektronik atau membelinya secara online di marketplace.

3. Pasang MNC Vision Untuk TV Digital

berlangganan mnc vision
berlangganan mnc vision

Tetapi penggunaan STB pada tv analog juga tidak menjamin kamu akan mendapatkan kualitas gambar tv digital yang bagus. Karena itu, kamu juga bisa menerapkan cara beralih dari tv analog ke tv digital dengan cara pasang MNC Vision.

Baca Juga :  Cara Mengisi Kuota Simpati yang Lengkap dengan Harga Terjangkau

Dengan memasang MNC Vision maka dapat dijamin semua siaran tv digital yang kamu dapatkan akan memiliki kualitas sinyal dan gambar yang bagus. Saat memasang MNC Vision kamu akan mendapatkan channel TV Nasional dan internasional yang sangat banyak.

Kelebihan lain dari memasang MNC Vision, kamu akan mendapatkan layanan TV berlangganan MNC dengan tambahan layanan MNC Vision Premium, kualitas gambar HD dan bisa berlangganan termasuk paket internet.

Untuk kamu yang hanya ingin menggunakan paket TV digital dari MNC Vision, kamu bisa mendapatkan produk Vision TV dengan terjangkau dan murah, apalagi saat ini sedang ada paket promo.

Cara beralih dari TV Analog ke TV Digital menggunakan MNC Vision, kamu bisa membeli paket Reguler dengan harga Rp 499 ribu dengan 48 channel lokal dan internasional seumur hidup. Ditambah dengan paket gratis Vision Premium 1 bulan, 30 channel premium, 18 ribu jam tayang VOD dan lainnya.

Atau paket Annual Rp 569 ribu dengan 48 channel lokal dan internasional seumur hidup dan gratis vision premium selama 12 bulan, dan 30 channel premium, 18 ribu jam tayang VOD dan lainnya.

Untuk pemasangan TV digital MNC Vision anda bisa hubungi CS nya dibawah ini :

cara pasang tv digital terbaru