Cara Agar Anak Suka Membaca

183 views

Cara Agar Anak Suka Membaca – Memperkenalkan kebiasaan membaca kepada sang buah hati perlu dilakukan para orang tua, karena mengingat buku menjadi jendela ilmu. Meskipun ada banyak sekali anak-anak yang tidak suka membaca dengan alasan yang beragam.

Namun sebagai orang tua dapat melakukan berbagai jenis cara agar anak suka membaca dan kebiasaan membaca mampu mendarah daging pada diri sang anak.

Cara Melatih Anak Agar Suka Membaca

Cara Agar Anak Suka Membaca

Cara Agar Anak Suka Membaca

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari membaca, baik itu membaca koran, buku, majalah, buku dongeng, buku pelajaran, ataupun yang lainnya. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa diikuti supaya anak lebih suka membaca diantaranya:

 

  1. Suasana yang Nyaman

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan menciptakan suasana atau tempat yang nyaman untuk membaca. Misalnya saja dengan menyiapkan sofa beserta dengan bantal empuk, maupun kursi yang nyaman. Sebaiknya ajarkan anak untuk membaca dalam posisi duduk dan bukan posisi tidur. Hal ini dapat merusak mata.

 

  1. Memberi Contoh

Anak pastinya akan mengikuti apa yang dilakukan para orangtuanya. Untuk itu cara paling mudah agar anak terbiasa membaca yaitu dengan memberikan contoh. Ajaklah anak untuk membaca setiap hari.

Meskipun hanya setengah jam atau 1 jam setiap harinya. Cara inilah yang menjadikan anak akan berpikir bahwa membaca adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap harinya.

 

  1. Berikan Buku Sesuai Minat Anak

Setiap anak pasti mempunyai daya pikat tersendiri terhadap buku yang hendak dibacanya. Jangan menuntut anak untuk membaca buku yang tidak mereka sukai. Jika dipaksa, maka hal ini justru memberikan tekanan dan membuat anak merasa malas untuk membaca.

Solusinya berikan kebebasan kepada sang anak agar bisa menentukan pilihan tersendiri, buku apa yang ingin dibacanya. Kebanyakan dari anak-anak akan memilih buku yang mempunyai desain sampul lucu dan menarik.

Supaya membuat anak merasa penasaran dengan buku tersebut, ajaklah si kecil tebak-tebakan mengenai sampul bukunya. Selain itu Anda juga bisa menjelaskan sedikit tentang arti sampul yang ada di buku tersebut.

 

  1. Buku yang Memiliki Gambar Menarik

Buku bacaan yang dilengkapi dengan gambar ternyata juga menjadi cara agar anak suka membaca. Gambar menjadi suatu objek untuk memikat daya tarik sekecil agar tidak hanya terpaku pada bagian isi buku saja. Akan tetapi juga lebih mudah untuk memahami perilaku dari tokoh-tokohnya, jalan cerita, pandangan alur cerita, ataupun yang lainnya.

 

  1. Bacakan Pesan Moral

Sebagai orangtua pastinya tidak hanya meminta si kecil supaya lebih sering membaca saja. Akan tetapi Anda juga harus memberikan pesan moral yang berasal dari cerita buku yang dibacanya. Untuk itu saat anak membaca, Anda bisa mendampinginya dan ikut membaca supaya bisa mengetahui bagaimana alur cerita dan pesan moral yang diberikan.

Cara ini bertujuan supaya si kecil memperoleh manfaat dari membaca. Selain itu Anda juga perlu memberikan tekanan pada bagian kata-kata yang penting dan masih asing bagi si anak.

 

  1. Memberikan Variasi

Terkadang anak memang merasa bosan ketika harus membaca buku dalam jumlah halaman yang banyak. Namun masih ada trik lain supaya anak tidak merasa bosan, yaitu dengan cara membuat anak menjadi pendengar.

Tidak selamanya anak harus membaca, karena orangtua bisa mengimbanginya dengan menjadi pembicara dan anak menjadi pendengar. Tujuannya supaya sang anak merasakan sendiri bagaimana sensasi membaca dan mendengar.

 

  1. Memperkenalkan Banyak Buku

Jika anak sudah terbiasa dengan buku bergambar, warna warni, dan tampilan yang lucu maka Anda dapat memulainya dengan memperkenalkan jenis buku maupun bacaan yang lebih banyak. Hal ini memudahkan anak supaya bisa memilih jenis buku yang disukai.

Ajaklah ke toko buku maupun ke perpustakaan. Hal ini akan membantu Anda supaya lebih mengenal berbagai jenis buku bacaan. Khusus untuk anak.

 

  1. Membacakan Buku Dongeng

Mengajarkan anak supaya gemar membaca dapat dimulai sejak dini. Paling tidak saat dirinya sudah berusia 1 tahun. Cara yang bisa dilakukan supaya memperkenalkan anak perihal asyiknya membaca yaitu dengan membacakan dongeng sebelum tidur.

Membacakan dongeng dengan suara yang keras dan berbagai intonasi, membuat anak merasa tertarik untuk menjadi pendengarnya. Jika hal ini dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang, maka sang anak tidak hanya sekedar menjadi pendengar saja.

Melainkan juga tertarik ingin membaca buku secara langsung. Bahkan anak akan mengikuti gaya bagaimana Anda membacakan cerita dihadapannya, termasuk dari segi intonasi.

 

  1. Memberikan Motivasi Tanpa Memaksa

Sang anak harus bisa merasakan bahwa proses membaca menjadi momen yang paling menyenangkan. Oleh karena itu sebagai orang tua yang bijaksana, maka dapat memberikan motivasi bagi si kecil untuk gemar membaca tanpa harus memaksanya.

Orangtua juga harus mengetahui jenis buku apa saja yang disukainya agar anak tidak menolak jika diminta untuk membaca.

 

  1. Memberikan Motivasi

Motivasi dapat dilakukan dengan berbagai hal, misalnya dengan memberikan hadiah di hari ulang tahunnya. Bisa juga dengan memberikan hadiah di saat dirinya sudah berhasil menyelesaikan buku yang dibacanya secara keseluruhan.

  1. Jauhkan Dari Gadget dan TV

Saat membaca buku di rumah, anak-anak harus dijauhkan dari gadget dan TV maupun beberapa mainan. Sebaiknya matikan televisi dan jauhkan gadget selama anak sedang membaca buku. Hal ini bertujuan supaya anak fokus terhadap buku yang sedang dibacanya. Selain itu juga tidak terganggu oleh suara lain yang berasal dari televisi maupun handphone.

 

  1. Memberikan Waktu dan Jadwal Rutin

Memberikan waktu bagi anak untuk membaca perlu dilakukan orang tua supaya anak bisa mengatur waktunya sendiri, kapan dirinya harus membaca buku. Selain itu juga bisa menerapkan jadwal jam berapa anak harus membuka buku dan membacanya. Jika Anda sudah membuat jadwal, maka pastikan bahwa jadwal tersebut dipatuhi secara rutin.

Jika sekiranya anak belum bisa mematuhi jadwal, maka tugas orang tua adalah mengingatkannya. Cara ini selain bisa mengajarkan anak lebih gemar membaca, juga membiasakan kedisiplinan anak sejak dini.

 

  1. Mengeluarkan Buku Bertahap

Untuk menghindari rasa bosan yang dirasakan oleh anak, maka sebaiknya keluarkan buku secara bertahap. Misalnya apabila Anda memiliki 5 buah buku, maka jangan secara langsung mengeluarkannya dalam satu hari. Melainkan keluarkanlah secara bertahap seperti 1 hari mengeluarkan 2 buku.

Selain dapat mencegah rasa bosan, cara ini juga sangat ampuh untuk membiasakan anak membaca setiap harinya. Selalu bergonta-ganti buku, anak pun juga tidak akan merasa monoton dengan alur cerita.

 

  1. Kembalikan Ingatan Si Kecil

Setelah beberapa langkah yang ada di atas Anda lakukan, maka Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu dengan mengembalikan ingatan si kecil. Misalnya setelah beberapa minggu membaca buku cerita, maka Anda dapat menanyakan kepada si kecil bagaimana alur dari salah satu cerita yang pernah dibacanya.

Cara ini untuk bisa mengetahui sejauh mana daya ingat otaknya. Sementara hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan saat dewasa nanti. Jika sekiranya anak lupa dengan cerita yang telah dibacanya, maka orang tua bisa mendampinginya dan memintanya untuk membaca sekali lagi.

Dengan membaca maka menjadikan hidup seseorang lebih bahagia. Seperti yang kita ketahui bahwa membaca menjadi aktivitas yang dapat memberikan ketenangan, sekaligus menurunkan tekanan darah.

cinta anak

Author: 
author

Related Post

Leave a reply