Dapat 600 Ribu Langsung Cair, Cek Nama Anda Disini BLT BBM

Diakui – Bansos (Bantuan Sosial) Adalah bantuan yang diturunkan langsung tunai BBM (bahan bakar minyak) saat ini telah disalurkan. Bantuan ini hanyak diberikan sebagai kompensasi di balik keputusan pemerintah dalam menaikan harga pertalite, solar, pertamax di akhir pekan lalu.

Saat ini pemerintah telah mengalokasikan dana sebanyak Rp. 12,4 Triliun, dimana dana ini akan disalurkan kepada 20,65 juta penerima yang tepat. Pemerintah juga berharap dana yang keluar harus tepat sasaran, sehingga BLT BBM ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Lalu siapa saja yang berhak menerima Bantuan BBM ini? dan Bagaimana Caranya agar anda bisa mengecek apakah Anda layak mendapatkan BLT BBM ini atau tidak?

Fitur ini baru dapat diakses publik melalui aplikasi resmi cek bansos, dan ini hanya berlaku untuk masyarakat yang telah mengunduh, daftar, dan data-datanya sudah di verifikasi. Selain hal diatas, masyarakat juga dapat langsung menghubungi command center Kementrian Sosial dengan No telphone 021-171.

Selain itu, bagi anda yang sudah terdaftar sebagai penerima BLT BBM, anda dapat mengajukan langsung dan mengecek nama anda, dengan cara dibawah ini :

Cara Cek Bansos BLT BBM Terbaru :

1. Langkah pertama anda buka google chorme, atau safari, bebas pakai browser apa saja, silahkan anda kunjungi link berikut :

https://cekbansos.kemensos.go.id

2. Masukan data dan wilayah penerima dimana terdapat pilihan provinsi, kabupaten/kot, kecamatan serta desa.

3. Langkah selanjutnya, masukan nama anda (nama penerima) bantuan, dan ini harus sesuai KTP si Penerima.

4. Masukan kode captcha dimana kode ini terdiri kurang lebih 8 digit huruf

5. Langkah ke lima, Setelah anda berhasil memasukan data dengan benar, maka klik tombol cari data dan klik.

6. Nah, jika nama anda sudah muncul. maka anda berarti sudah terdaftar sebagai keluarga yang penerima bantuan dalam DTKS dan berhak mendapatkan BLT BBM sebesar Rp.600rb.

Syarat Penerima Bantuan BLT BBM Rp.600rb

Untuk mendapatkan bantuan BLT BBM berupa uang ini, ada beberapa kreteria yang memang harus sesuai dengan keinginan pemerintah, berikut adalah syaratnya :

  • Warga miskin dan rentan miskin
  • Bukan aparatur sipil negara (ASN), Polri ataupun TNI
  • warga atau pekerja yang berpenghasilan dibawah 3 juta.

Apabila anda telah memenuhi syarat namun nama anda tidak muncul, maka anda dapat mengajukan sendiri dalam BLT BBM melalui fitur dalam aplikasi cek bansos. Selain anda dapat mengajukan diri, anda juga bisa mendaftarkan orang lain, seperti teman, keluarga, orang tua, dan orang yang berhak menerima bansos, atau bahkan anda bisa juga melaporkan orang lain yang tidak berhak menerima bansos.

Cara Mengajukan diri sebagai Penerima BLT BBM

Didalam Aplikasi Cek Bansos Online, Anda langsung bisa mendaftarkan diri, keluarga, dan warga atau fakir miskin secara langsung pada tombol tambah ulasan. Berikut cara lengkpapnya :

  1. Fitur Usul
  • Unduh aplikasi di cek bansos
  • Klik tombol menu daftar pada usulan dan Anda klik tombol tambah pada ulasan
  • Anda wajib mengisi beberapa formulir pendaftaran data yang sama dengan data kependudukan calon penerima bantuan
  • Pilih menu jenius bantuan sosial : BPNT atau PKH
  • Upload / unggah 2 foto berupa KTP dan rumah Anda, dan itu harus tampak depan ya rumahnya.
  1. Fitur sanggah

              Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur diatas (fitur usul) karena ini yang memungkinkan masyarakat Indonesia bisa mendaftarkan diri atau orang lain sebagai penerima BLT BBM in. Fitur sanggah ini bisa memfilter apakah seseorang di sekitar daerah Anda layak mendapatkan bantuan BLT BBM ini atau tidak. Berikut cara lengkapnya, Anda bisa simak penjelasan kami dibawah ini :

  • Buka aplikasi resmi Cek Bansos
  • Setelah itu, Anda pilih dan klik menu Tanggapan kelayakan
  • Pada halama depan aplikasi akan menampilkan data penerima BLT di sekitar tempat Anda tingga.
  • Anda juga bisa memberikan sebuah tanggapan dengan memilih icon jempol yang menghadap kebawah, seperti jempol pada youtube. Untuk menilai apakah seseorang layak atau tidak untuk menerima BLT ini.
  • Setelah itu, Anda klik kirim tanggapan.
  • Setelah mengajukan diri, pemerintah akan meverifikasi dan mevalidasi data tersebut, jika sudah terverifikasi, maka pendaftar berhak mendapatkan bantuan BLT BBM ini sebesar 600rb.
  • Setelah terverifikasi, Anda bisa langsung mengeceknya di status bantuan.

Ketika Anda menemukan ataupun mencurigai ada bantuan yang tidak tepat sasaran, maka Anda dianjurkan untuk melalukan pengaduan yang dimaksud bila BLT tidak ptepat sasaran, ataupun bisa terkait dengan penyelewangan dana dan adanya pungutan liar.