Aplikasi Cek Bansos, Apk Resmi KEMENSOS Download DISINI

Cara download aplikasi cek bansos cukup mudah. Aplikasi yang diinisiasi oleh kementerian sosial ini bertujuan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial, diantaranya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) & Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. 

Aplikasi yang dirilis pada 25 Agustus 2021 lalu, kini telah diinstal oleh lebih dari 1 juta pengguna android. Memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, namun membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 6 MB.

Aplikasi ini tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam meraih kesejahteraan merata, serta mendata siapa saja masyarakat yang benar-benar butuh bantuan sosial. Para pengguna yang bukan penerima dapat menjadi pemantau apabila ada pihak yang memalsukan data atau penerima yang nyatanya tidak layak menerima. 

Cara Download Aplikasi Cek Bansos lewat play store

aplikasi cek bansos pkh
aplikasi cek bansos pkh

Aplikasi cek bansos ini gratis alias tanpa biaya yang dapat Anda unduh dari google play store. Ada berbagai aplikasi yang dapat Anda cari dan temukan di play store, diantaranya adalah aplikasi cek bansos. Berikut ini cara download aplikasi cek bansos dari play store:

  1. Pertama kali siapkan smartphone/ telepon pintar ataupun laptop Anda. 
  2. Sediakan jaringan internet. Jaringan internet ini mempengaruhi cepat atau lambatnya proses pengunduhan. 
  3. Pastikan sudah terdapat play store pada smartphone atau ponsel Anda 
  4. Pastikan smartphone Anda sudah memiliki dan terhubung dengan email 
  5. Selanjutnya buka Google Play
  • Jika di ponsel, gunakan aplikasi Play Store 
  • Jika di komputer, buka play.google.com
  1. Kemudian ketik “Aplikasi Cek Bansos” di kolom search atau pencarian
  2. Temukan aplikasi yang diinginkan
  3. Aplikasi cek bansos yang benar atau asli ada logo Kementerian Sosial Republik Indonesia
  4. Saat aplikasi yang Anda pilih sudah tepat, ketuk Instal .

Cara Download Aplikasi Cek Bansos lewat Website

cara cek bansos di website
cara cek bansos di website

Anda dapat mendownload aplikasi cek bansos tanpa bayar dari Google Play di ponsel Android. Cara download aplikasi cek bansos dapat melalui website. Berikut ini langkah-langkahnya : 

  1. Buka website yang telah menyediakan link “Aplikasi Cek Bansos” 
  2. Pastikan website terpercaya dan aman
  3. Ikuti arahan dari website penyedia link
  4. Selanjutnya klik “download aplikasi cek bansos”

Meskipun bisa melalui website, Anda tetap diarahkan menuju play store. Hal ini karena android Anda memiliki setelan keamanan (Google Play Protect) yang memeriksa setiap aplikasi yang dapat mengindikasi apabila berpotensi membahayakan, juga dapat memperingatkan Anda, dan menghapus aplikasi jika perlu. Maka sebaiknya Anda mendapatkan aplikasi dari Google Play.

Aplikasi cek bansos ini menyajikan empat bagian menu, dimulai dari profil, cek bansos, tanggapan kelayakan, dan daftar usulan. 

Pada menu “Profil”, Anda dapat melihat bagaimana status seseorang atau status diri sendiri, bisa jadi diri sendiri sudah terdaftar ataupun ada sanak saudara yang merupakan penerima PKH atau bantuan yang lain (BPNT misalnya). Kedua, ada menu “Cek Bansos” yang berfungsi menemukan penerima bansos PKH, misalnya siapa nama penerimanya dan tinggal di mana orang tersebut. Ketiga, terdapat menu “Tanggapan kelayakan” yang menyajikan data penerima dan dapat melakukan sanggahan jika ada yang dirasa tidak layak namun menerima bantuan (dengan menyertakan alasan dan pernyataan). Terakhir, apabila pemilik akun sudah mendaftarkan beberapa orang, maka data-datanya dapat dilihat melalui menu “Daftar Usulan” .

Demikianlah cara download aplikasi cek bansos. Semoga memudahkan proses pendaftaran dan kesejahteraan. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan pada orang lain.