Widget HTML Atas

Review dan Spesifikasi Apple iPhone 12: Apa Saja yang Baru?

Review dan Spesifikasi Apple iPhone 12: Apa Saja yang Baru?

Mungkin diantara Kamu sudah menjadi pengguna iPhone yang sudah terkenal sebagai ponsel yang selalu menjadi yang terdepan sekaligus sering menjadi trend-setter. Apple sendiri terkenal sebagai brand yang terbilang jarang membocorkan tentang line-up terbaru mereka, salah satunya tentang iPhone 12 dan 12 Pro yang dijadwalkan rilis pada bulan September 2020 mendatang. Ya, biasanya Apple mengadakan acara khusus untuk iPhone pada hari Selasa kedua di bulan September. Lantas seperti apa kira-kira spesifikasi Apple iPhone 12 nantinya?


Tanggal Rilis dan Nama Perangkat iPhone 2020 Mendatang

Kamu pasti sudah tahu bahwa pandemi Covid-19 memang memberikan pengaruh signifikan terhadap industri smartphone global, tak terkecuali untuk iPhone. Namun seandainya Apple tetap melanjutkan tradisinya di 2020, besar kemungkinan iPhone 2020 akan diperkenalkan pada tanggal 8 September 2020. Sayangnya berbagai pembatasan dan penurunan kapasitas produksi, membuat situasi global berikut pengaruhnya menjadi tak menentu yang membuat tanggal peluncuran bisa saja diundur hingga bulan Oktober.

Jika Kamu termasuk pengguna setia iPhone, untuk meramalkan penamaan ponsel ini mungkin tak terlalu sulit sebelum tahun 2017 silam, dimana penamaan mulai dari iPhone 3G hingvga iPhone 8, brand ini menggunakan urutan yang begitu jelas. Hal itu berubah pada 2019 dengan diperkenalkannya iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max. Inilah yang kemudian menjadi dasar penamaan untuk iPhone 2020 mendatang menjadi iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Mungkin juga hadir dengan tambahan 5G diantaranya.

Desain Apple iPhone 12  

·         Lebih persegi

·         Lebih besar sekaligus lebih ramping

Beberapa rumor beredar menyebut bahwa iPhone 2020 akan membawa desain yang benar-benar baru, dengan tepian yang disebut lebih persegi. Tak hanya itu, pemasok juga sempat meramalkan bahwa ponsel tersebut akan sedikit lebih besar dengan layar yang juga semakin lebar, namun masih lebih tipis dibanding iPhone keluaran tahun lalu. Ada pula sebuah paten yang didaftarkan tentang iPhone yang tidak menggunakan notch. Namun seandainya poni tersebut memang akan menghilang, kemungkinan fitur Face ID yang menjadi salah satu kebanggaan Apple juga akan dikorbankan.  

Layar Apple iPhone 12

·         Penggunaan panel OLED

·         Dukungan HRR

·         Diagonal layar baru

Bagian layar sepertinya juga akan mendapat sejumlah peningkatan yaitu dengan penggunaan panel OLED untuk semua model. Layar yang dikabarkan hadir dengan dukungan fitur HRR (120Hz) tersebut dikabarkan dipesan dari LG untuk pertama kalinya. Sementara soal ukurannya, kemungkinan besar masih berkutat di 5.4 inch menggantikan 5.8 inch, 6.1 inch, 6.7 inch yang menggantikan 6.5 inch yang ada saat ini. adapun rumor yang mengatakan bahwa iPhone 2020 akan menggunakan fitur in-display fingerprint sensor sepertinya kurang memiliki bukti yang kuat.

Kamera Apple iPhone 12  

·         Peningkatan 3D Depth  

·         Peningkatan pada Night Mode  

Prediksi seputar penggunaan konfigurasi quad camera pada iPhone 12 Pro Max semakin santer belakangan. Hal ini didukung dengan penggunaan sebuah sensor ToF (sensor Lidar) pada iPad Pro 2020. Sementara untuk ketiga model iPhone lainnya sepertinya masih menggunakan setup triple camera, namun dengan sensor Lidar yang tak hanya meningkatkan kualitas portrait mode saja tetapi juga mendukung penggunaan aplikasi berbasis ARKit. Sementara untuk kamera depan, sensor yang digunakan akan mendukung kemampuan Face ID yang lebih baik dengan field-of-view yang lebih luas lagi.

Hardware dan Software Apple iPhone 12  

·         Dukungan 5G

·         Chip A14 baru

·         iOS 14 bawaan

iPhone 12 dikabarkan akan memiliki dukungan untuk jaringan 5G untuk semua model yang rilis 2020 nanti. Hal ini didukung oleh pernyataan petinggi Qualcomm, Cristiano Amon, bahwa membuat iPhone mampu menggunakan jaringan 5G sudah menjadi salah satu prioritas mereka. Qualcomm sendiri sudah merilis modem X60 modem dan modul antena baru. Meski begitu, besar kemungkinan hanya iPhone 12 pro dan Pro Max saja yang kebagian teknologi 5G.

Tak hanya dukungan jaringan baru, sepertinya keluarga iPhone 12 nanti juga akan hadir dengan chip baru yaitu A14 yang pastinya menjanjikan lebih banyak tenaga dengan efisiensi yang lebih baik dibanding Bionic A13 sebelumnya. Tak menutup kemungkinan pula bahwa ponsel tersebut juga menggunakan chip U1 yang meningkatkan fitur lokasi jarak dekat dan fitur berbagi.

Dengan perilisan iOS 14 beberapa waktu yang lalu, sudah sewajarnya apabila deretan iPhone 12 nantinya juga akan menggunakan sistem operasi Apple teranyar itu. iOS 14 terbaru ini menghadirkan dukungan penggunaan Widget, App Library, App Clips dan sejumlah peningkatan untuk aplikasi perpesanan dan Siri. Sistem operasi terbaru yang dianggap di luar kebiasaan Apple ini digadang-gadang juga menjadi senjata andalan Apple untuk merebut hati para pengguna android.

Kesimpulan

Dari beberapa bocoran spesifikasi Apple iPhone 12 yang berhasil dikumpulkan hingga saat ini, Apple sepertinya jelas ingin membuktikan eksistensinya di tengah semakin sengitnya persaingan industri smartphone dunia. Terlebih dengan bukti yang didapat sejauh ini, semakin mengarah bahwa iPhone juga akan berusaha merebut pasar kelas menengah yang selama ini hanya dipegang oleh brand berbasis android.

Terlepas dari itu, ulasan berbagai rumor tentang iPhone 12 di atas bisa menjadi dasar pertimbangan bahwa perangkat ini memang layak untuk dipertimbangkan. Selain mengenalkan berbagai peningkatan baru, Apple juga menggunakan pendekatan pasar yang dinilai lebih bersahabat. Ya Apple memang ingin menjadikan iPhone semakin muda dijangkau oleh pengguna dengan menawarkan pilihan harga yang semakin murah. Memungkinkan lebih banyak orang untuk beralih ke iPhone atau meyakinkan pengguna setianya untuk mengganti iPhone lawasnya ke yang baru, iPhone 12. Bagaimana denganmu?

No comments for "Review dan Spesifikasi Apple iPhone 12: Apa Saja yang Baru?"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel