Meraup Untung Besar dari Usaha Budidaya Buah Anggur

Meraup Untung Besar dari Usaha Budidaya Buah Anggur

Meraup Untung Besar dari Usaha Budidaya Buah Anggur – Anggur merupakan salah satu jenis tanaman buah yang tumbuh dengan cara merambat dan juga membentuk semak. Jenis buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dengan sedikit asam dan memiliki banyak kandungan air sehingga rasanya sangat menyegarkan, hal ini tentu saja membuat banyak orang menyukai buah ini. Anggur sendiri menjadi buah yang sangat populer di Indonesia, selain dikonsumsi sebagai buah, anggur juga sering diolah menjadi jus, jelly, dan berbagai macam olahan lainnya.

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, buah anggur ternyata juga memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah anggur sendiri juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki jumlah permintaan yang tinggi sehingga harganya menjadi mahal, hal ini tentu saja membuat banyak orang yang tertarik untuk bisa melakukan budidaya anggur agar bisa meraup untung besar, pada kesempatan kali ini akan kami ulas bagaimana cara untuk melakukan budidaya buah anggur.

Meraup Untung Besar dari Usaha Budidaya Buah Anggur

  1. Mempersiapkan Lahan

Tahap pertama yang harus Anda lakukan dalam budidaya anggur yakni mempersiapkan lahan, Anda harus menggemburkan tanah dengan menggunakan cangkul terlebih dahulu. Buatlah bedengan dengan lebar 150 cm dan tinggi 30 cm dengan panjang yang disesuaikan, selain itu Anda juga perlu memberikan jarak antar bedengan sekitar 70 cm agar air tidak menggenang.

  1. Memilih Benih Anggur

Langkah kedua yang harus Anda lakukan dalam budidaya buah anggur adalah memilih benih anggur, Anda bisa mendapatkan benih anggur di toko – toko pertanian di sekitar Anda. Belilah di toko pertanian yang terpercaya dan usahakan untuk memilih benih anggur yang bersertifikat sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, Anda bisa memilih benih anggur yang telah berusia 2 bulan di lahan semai.

  1. Menanam Anggur
Baca juga :  Langkah Mudah Usaha Budidaya Apel Untuk Pemula

Tahap ketiga dalam budidaya anggur adalah proses penanaman, Anda bisa membuat lubang tanam dengan jarak kurang lebih 50 cm. Masukkanlah benih tanaman anggur ke dalam lubang tanam yang telah dibuat, kemudian tutup kembali dengan tanah hingga pangkal batang. Selain itu Anda juga harus membuat para – para dengan ketinggian sekitar 2 meter sebagai tempat untuk merambat tanaman anggur.

 

  1. Proses Pemeliharaan

Tahap selanjutnya dalam budidaya anggur adalah proses pemeliharaan, Anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin pada masa awal penanaman guna memastikan apakah tanaman tumbuh dengan baik. Selain itu Anda juga perlu untuk melakukan penjarangan agar tanaman bisa tumbuh dengan leluasa, serta penyiangan untuk membuang gulma yang akan mengganggu pertumbuhan anggur.

  1. Pemanenan Anggur

Proses pemanenan anggur menjadi tahap kelima dari usaha budidaya anggur yang Anda lakukan, tanaman anggur yang siap untuk dipanen memiliki beberapa ciri antara lain buahnya memiliki tekstur yang kenyal, warna merata dalam satu tandan, butiran anggur yang mudah terlepas. Anda bisa memanen anggur pada pagi hari dan segera meletakkannya pada kardus atau keranjang yang telah disiapkan.

Apabila Anda merasa tertarik untuk melakukan usaha budidaya anggur, maka Anda bisa mempraktekkan beberapa cara yang ada di atas.

Meraup Untung Besar dari Usaha Budidaya Buah Anggur | Viola Bunga Rosita | 4.5