Tanda Peringatan Serangan Jantung , Waspadai Sekarang Juga

8 Tanda Peringatan Serangan Jantung Yang Harus Diwaspadai

Tanda Peringatan Serangan Jantung

Ayah kami pernah berkata, “Pencegahan lebih baik daripada mengobati.” Aturan sederhana ini berlaku untuk penyakit apapun dan sangat efektif untuk penyakit yang tidak menunjukkan tanda atau gejala seperti serangan jantung.

Beberapa tanda peringatan penting mungkin muncul sebulan atau lebih cepat, menunjukkan bahwa Anda mungkin mengalami serangan jantung atau serangan jantung. Namun, Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak, hanya meningkatkan kesadaran kesehatan Anda saat ini untuk mengenali tanda bahaya, menjaga kesehatan Anda dalam kondisi baik.

Mari kita simak 8 tanda peringatan penting yang mungkin muncul sebulan sebelum serangan jantung mulai menyerang Anda!

8 tanda peringatan serangan jantung yang harus diwaspadai

  1. Kelelahan – terjadi pada 70% wanita

Kelelahan yang tidak biasa adalah salah satu tanda utama serangan jantung yang akan datang. Gejala ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Bila Anda merasa lelah dan kelelahan setiap hari, ini berlangsung selama berminggu-minggu, yang bisa menjadi tanda anemia pada jantung, otak dan paru-paru.

Secara khusus, kelelahan yang terkait dengan penyakit kardiovaskular seringkali bukan karena aktivitas fisik, yang meningkat pada akhir hari. Gejala ini cukup jelas dan tidak bisa diabaikan oleh kelelahan yang bisa terjadi, apakah Anda melakukan hal-hal sederhana seperti tidur atau mandi.

  1. Nyeri perut – terjadi pada 50% pria dan wanita

Nyeri perut, mual, perut kembung dan sakit perut juga merupakan salah satu gejala serangan jantung atau infark miokard yang paling umum. Tanda-tanda ini bisa terjadi pada kedua jenis kelamin – pada tingkat yang sama sebesar 50%.

Sakit perut adalah gambaran periodik rasa sakit, nyeri menetap dan kembali untuk jangka waktu yang singkat. Stres fisik bisa memperparah rasa sakit.

  1. Insomnia – terjadi pada 50% wanita
Baca juga :  8 Hal yang Harus Dihindari Setelah Makan

Insomnia juga dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung, infark miokard atau stroke, yang lebih sering terjadi pada wanita. Hadir dengan insomnia adalah tingkat kecemasan dan gangguan.

Gejala umum meliputi kesulitan tidur, kurang tidur, atau terbangun lebih awal.

  1. Kesulitan bernafas – terjadi pada 40% kasus

Sesak napas atau sesak napas adalah perasaan tidak nyaman sehingga Anda tidak bisa bernapas dalam-dalam, merasa tidak mendapatkan cukup udara, pusing dan sesak nafas konstan. Tanda ini biasanya terjadi pada pria dan wanita dalam waktu 6 bulan setelah serangan jantung. Hal ini sering menjadi tanda kesehatan yang buruk.

Terkadang ada serangan jantung tapi tidak ada nyeri dada atau nyeri yang berhubungan dengan kesulitan bernafas. Ini seperti berlari maraton bahkan jika Anda tidak berjalan.

  1. Rambut rontok – terjadi pada lebih dari 50% pria

Rambut rontok dianggap salah satu tanda awal penyakit jantung. Secara khusus, tanda ini biasa terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun, namun beberapa wanita juga berisiko tinggi. Rambut rontok, kebotakan juga terkait dengan pertumbuhan hormon kortisol.

Perhatikan rambut rontok tiba-tiba di sekitar kepala (di mana mahkota).

  1. Detak jantung yang tidak stabil

Detak jantung tidak teratur atau aritmia sering dikaitkan dengan serangan panik atau kecemasan, terutama pada wanita. Gejala ini biasanya muncul tiba-tiba dan bervariasi, mulai dari aritmia (irama jantung abnormal) atau aritmia (peningkatan denyut jantung). Olahraga bisa meningkatkan efek peningkatan denyut jantung, terutama pada aterosklerosis.

Detak jantung yang tidak normal biasanya berlangsung sekitar 1-2 menit. Jika kondisinya tidak stabil, Anda mungkin merasa pusing dan terlalu lelah. Pada saat ini, segera hubungi dokter darurat atau dokter Anda.

  1. Berkeringat terlalu banyak

Keringat yang tidak biasa atau berlebihan adalah tanda peringatan dini serangan jantung. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja siang atau malam. Gejala ini biasanya mempengaruhi wanita lebih banyak dan kadang-kadang lebih cenderung menjadi bingung dengan malam panas atau berkeringat khas pada wanita pascamenopause.

Baca juga :  Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membahayakan Otak

Berkeringat penyakit jantung juga bisa menjadi bingung dengan flu biasa atau cuaca panas. Saat berkeringat merupakan peringatan serangan jantung, Anda akan melihat keringat dengan berbagai cara, terlepas dari suhu di ruangan, terutama pada malam hari dan bisa meredam gas. Tempat tidur saat bangun di pagi hari.

  1. Nyeri dada

Gejala yang paling umum sebelum serangan jantung adalah nyeri di dada. Namun, manifestasi nyeri dada yang terkait dengan penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita bervariasi dalam intensitas dan bentuk. Pria cenderung merasakan rasa sakit yang membakar di dada, sementara wanita merasa sesak dada lebih sulit bernafas, tapi ini hanya mempengaruhi sekitar 30% wanita.

Nyeri dada bisa menyebar dan menimbulkan ketidaknyamanan pada salah satu atau kedua lengan (biasanya kiri), rahang bawah, leher atau perut.

Faktor risiko lainnya

Sebagian besar dari kita biasanya hanya mengetahui tentang faktor risiko infark miokard yang paling umum: obesitas, olahraga rendah dan merokok. Namun, ada beberapa tanda peringatan lain yang merupakan faktor risiko dan segera setelah mereka diperhatikan, Anda harus mulai menjauh dari serangan jantung, infark miokard akan datang kepada Anda setiap saat:

  • Lobus telinga yang mengembangkan lipatan dan kelainan;
  • Muncul patch kuning di sudut kelopak mata;
  • Sering sakit pada otot;
  • Rambut berawarna abu-abu dan rambut besar di saluran telinga (pada pria).
8 Tanda Peringatan Serangan Jantung Yang Harus Diwaspadai | Viola Bunga Rosita | 4.5