Penyebab Mata Panda

Posted on

Apa yah penyebab mata panda atau kantung mata hitam? Sangat jelek bukan jika kita memiliki mata panda yaitu terdapat kantung mata hitam yang membuat wajah terlihat tidak segar dan lesu. Selain itu kita seperti sedang sakit jika kantung mata kita hitam. Kenapa sih kita bisa mengalami mata panda? Kegiatan apa yah yang membuat kita terkena mata panda? Semuanya akan segera dibahas.

Silahkan anda simak 9 penyebab mata panda dan kantung mata hitam di bawah ini :

1. Gen/Keturunan

Memiliki kulit yang tipis terutama di bagian wajah memungkinkan mengalami mata panda. Semakin tipis maka akan mudah mengalami mata panda, karena kulit yang tipis akan membuat bayang hitam di bawah mata semakin terlihat. Disaat tidak lelah pun akan terlihat bayang hitam atau mata panda jika kulit kita sangat tipis.

2. Perawatan Medis

Perawatan medis yang membuat pembuluh darah menjadi lebih besar akan mempengaruhi aliran darah sehingga bisa menyebabkan bayang hitam di bawah mata.

3. Kelelahan

Kegiatan yang terlalu memporsir tubuh dimana terjadi kelelahan sehingga kurang tidur, stress, dehidrasi yang bisa mengakibatkan mata panda.

4. Usia

Kolagen seiring dengan usia yang bertambah akan mengalami penurunan atau melemah sehingga bisa menyebabkan kerutan dan membuat kulit semakin tipis dan tembus pandang. Sehingga bagian kantung mata akan lebih gelap dan terlihat lingkaran hitam.

5. Penyakit

Anemia, dehidrasi, dan beberapa penyakit lainnya bia mengakibatkan mata panda. Misalnya saja anemia yaitu kekurangan darah atau zat besi sehingga kulit akan lebih pucat dan membuat kantung mata kita lebih terlihat.

6. Make Up

Make up yang sering digunakan bisa mempengaruhi wajah dalam kasus ini adalah riasan mata. Riasan mata yang tidak dibersihkan atau sering digunakan bisa mengiritasi mata dan membuat cairan di daerah mata lebih banyak sehingga terjadi pembengkakan seperti mata panda.

7. Diet

Diet yang salah seperti menahan masuknya makanan bisa mengakibatkan kita kekurangan nutrisi. Asupan zat besi yang kurang bisa mengakibatkan anemia dan akhirnya bisa mengalami mata panda.

8. Obat

Beberapa jenis obat yang bisa memperbesar pembuluh darah bisa mengakibatkan bagian bawah mata menjadi lebih gelap.

9. Alkohol dan Rokok

Alkohol bisa membuat tubuh dehidrasi dan kekeringan sehingga bisa menyebabkan kantung mata hitam diakibatkan oleh kulit yang pucat. Selain itu rokok bisa melemahkan kolagen di bawah mata dan membuat kantung mata menghitam.

Nah, sekarang anda sudah tau kan apa penyebab mata panda atau kantung mata hitam. Sekarang silahkan anda simak juga cara mengatasi insomnia yang sebelumnya juga sudah saya tuliskan. Semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang baik sehingga kita bisa tahu cara menghindari mata panda atau kantung mata hitam.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *