Cara Mudah Budidaya Merica Agar Mendapatkan Untung Banyak

Cara Mudah Budidaya Merica Agar Mendapatkan Untung Banyak

Cara Mudah Budidaya Merica Agar Mendapatkan Untung Banyak – Merica atau sering disebut juga dengan lada merupakan salah satu jenis rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Jenis rempah yang satu ini memang memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh sehingga sangat populer untuk dikonsumsi pada saat musim dingin di negara – negara yang beriklim subtropis. Merica ini jugalah yang menjadi salah satu daya tarik bagi beberapa bangsa di Eropa seperti Belanda dan Portugis untuk datang dan ingin menguasai wilayah Indonesia.

Tanaman merica sendiri memang akan tumbuh dengan sangat baik di wilayah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia sehingga tentu saja akan menjadi peluang emas bagi Anda untuk mulai melakukan usaha budidaya merica. Apalagi jenis rempah yang satu ini memiliki jumlah permintaan yang sangat tinggi karena banyak dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Melakukan budidaya merica juga cukup mudah untuk dilakukan, apabila Anda penasaran maka pada kesempatan kali ini akan kami ulas bagaimana cara untuk melakukan budidaya merica.

Cara Mudah Budidaya Merica Agar Mendapatkan Untung Banyak

  1. Persiapan Lahan

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan budidaya merica adalah mempersiapkan lahan, Anda bisa mencangkul lahan hingga menjadi gembur. Anda juga perlu melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang yang telah difermentasikan agar tanah menjadi lebih subur, setelah itu diamkanlah selama 2 minggu agar nutrisi di dalam tanah tercampur sempurna.

  1. Penanaman Merica

Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan untuk melakukan budidaya merica adalah proses penanaman merica, Anda bisa membuat lubang tanam dengan kedalaman kurang lebih 50 cm dengan jarak tanam 2 x 2 meter. Waktu terbaik untuk melakukan proses penanaman merica adalah pada pagi hari atau sore hari dengan tujuan agar terhindar dari sinar matahari yang panas menyengat.

  1. Penyiraman Tanaman
Baca juga :  5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Cupang Untuk Pemula

Cara ketiga yang harus Anda lakukan dalam melakukan budidaya merica adalah menyiram tanaman, proses yang satu ini sangatlah penting agar tanaman merica Anda tidak layu karena kekurangan air. Agar tanaman merica bisa tumbuh secara optimal, maka Anda harus melakukan penyiraman secara berkala yakni satu hari satu kali dan juga membuat drainase yang baik agar air tidak sampai menggenangi tanaman merica.

 

  1. Proses Pemeliharaan

Cara keempat yang juga harus Anda lakukan adalah proses pemeliharaan tanaman merica, di dalam proses ini Anda diharuskan untuk melakukan pemupukan ulang agar tanaman merica bisa tumbuh dengan subur. Selain itu Anda juga perlu melakukan proses penyiangan tanaman merica dan juga pembersihan rumput dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman merica.

  1. Proses Pemanenan

Proses pemanenan menjadi proses terakhir yang harus Anda lakukan dalam budidaya tanaman merica, Anda sudah bisa melakukan proses panen pada saat tanaman merica telah berumur 3 tahun. Ciri – ciri tanaman merica yang telah siap untuk dipanen yakni tangkai biji atau buahnya mulai terlihat berwarna kuning atau kuning kemerahan, Anda bisa mematahkan tangkai buah untuk memanennya.

Apabila Anda memiliki ketertarikan untuk melakukan usaha budidaya merica, maka Anda bisa melakukan beberapa cara yang ada di atas.

Cara Mudah Budidaya Merica Agar Mendapatkan Untung Banyak | Viola Bunga Rosita | 4.5