Manfaat Buah Semangka dari Ragam Kandungannya

Manfaat Buah Semangka dari Ragam Kandungannya

Manfaat Buah Semangka dari Ragam Kandungannya

Manfaat dari buah semangka selain untuk memberikan kesegaran pada tubuh karena kandungan airnya, ternyata diketahui mempunyai manfaat lain. Manfaat Buah Semangka tidak hanya sebatas sebagai salah satu cara menghilangkan rasa dahaga pada tenggorokan saja. Karena, semangka mempunyai kandungan-kandungan yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat dari Buah Semangka Bagi Kesehatan

Berdasarkan klasifikasinya, semangka termasuk ke dalam suku Cucurbitaceae atau timun-timunan. Pertumbuhannya mengelompokannya ke dalam tumbuhan dengan jenis pertumbuhan merambat. Buahnya seperti bola, bulat dan besar. Menurut sejarah, asal dari semangka ini yaitu Afrika Selatan, tepatnya setengah gurunnya. Karena masih satu suku, yaitu timun-timunan buah ini sering kali berdamipingan dengan melon, timun, dan juga labu.

Cara memakan semangka seperti buah lainnya yaitu bisa dimakan secara langsung atau disajikan dalam bentuk jus. Kandungan gula yang membuat rasanya manis serta kandungan airnya yang menyegarkan, membuat semangka tak perlu lagi air dan gula dalam jusnya. Mengkonsumsi semangka secara langsung maupun dalam bentuk jus pasti akan menghasilkan manfaat untuk tubuh.

Berikut ini Manfaat Buah Semangka untuk kesehatan tubuh:

  • Tekanan darah tinggi yang menjadi masalah karena bisa jadi pengundang berbagai macam penyakit, bisa dinetralkan oleh buah semangka. Selain kandungan airnya, semangka juga mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Kalium ini yang sangat berpengaruh pada penetralan tekanan darah. Untuk itu, sangat disarankan bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi untuk mengambil Manfaat Buah Semangka yang satu ini.
  • Bagi yang merasa punya berat badan kurang ideal atau obesitas, diet adalah salah satu cara menurunkan berat badannya. Penggunaan bahan alami untuk diet sangat diperlukan, termasuk dalam pemilihan buah yng dimakan. Semangka merupakan buah yang cocok dikonsumsi saat diet karena buahnya tidak mengandung lemak sama sekali. Selain itu, airnya yang kaya disertai gula rendah dan serat akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Jadi program diet pun akan terbantu.
  • Semangka merupakan buah yang tak lepas dari kandungan antioksidan. Antioksidan dalam semangka begitu banyak. Antioksidan ini akan berperan dalam pemeliharaan sel berikut regenerasinya. Khususnya bagi yang ingin kulitnya tetap terawat, mengkonsumsi semangka ini bisa jadi salah satu caranya. Vitamin C dan karoten akan bersatu dengan antioksidan dalam menjaga kesehatan sel ini.
  • Urin atau air kencing adalah salah satu bentuk metabolisme tubuh yang harus dikeluarkan. Manfaat dari buah semangka salah satunya adalah sebagai perangsang agar urin keluar dengan deras, apalagi bagi mereka yang mengalami gangguan kandung kemih.
  • Manfaat Buah Semangka untuk berbagai kesehatan lainnya diantaranya yaitu untuk menurunkan suhu tubuh saat demam, menyembuhkan sariawan, serta memaksimalkan kerja jantung.
Baca juga :  Manfaat Buah Naga

Konsumsi semangka ternyata tidak hanya menyegarkan tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Mengkonsumsi semangka tidak hanya ketika cuaca panas saja tapi baik dilakukan setiap hari sebagai salah satu buah-buahan yang wajib dikonsumsi. Saat ini semangka juga telah dibudidayakan dengan berbagai pemulian yang membuatnya tidak lagi monoton dengan bentuk bulat. Semangka kini ada yang berbentuk lonjong, kotak, bahkan seperti hati pun ada. Warna bagian dalamnya pun sudah ada yang berwarna selain merah yaitu kuning.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Manfaat Buah Semangka yang baik untuk kesehatan. Pembelian semangka hendaklah dilakukan secara teliti. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjual semangka mentah dengan disuntik gula dan pewarna merah. Untuk itu, kehati-hatian membeli sangat penting. Jangan sampai konsumsi semangka malah membawa penyakit bukannya manfaat.

Manfaat Buah Semangka dari Ragam Kandungannya | Viola Bunga Rosita | 4.5