Manfaat Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas yang Terlupakan

Manfaat Buah Nanas yang TerlupakanBuah nanas mungkin bukan menjadi pilihan faforit konsumsi buah bagi kebanyakan orang. Padahal Manfaat Buah Nanas untuk tubuh manusia sangatlah beraneka ragam. Sayangnya hal itu tidak disadari oleh banyak orang sehingga buah nanas-pun secara perlahan jarang dikonsumsi oleh manusia. Buah nanas kalah popular jika dibandingkan dengan buah kiwi, jeruk, papaya serta beberapa buah lainnya yang sering dijumpai di toko buah atau di atas meja makan di rumah. Padahal bila mengetahui manfaatnya nanas tidak begitu saja disingkirkan dari daftar buah yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Manfaat dari Buah Nanas Bagi Tubuh

Manfaat Buah Nanas seperti yang disinggung di atas terabaikan karena beberapa faktor. Faktor utama tentunya kesulitan dalam mengupas buahnya karena memiliki duri tajam yang menyulitkan dalam proses pengupasan. Selain itu berkembangnya anggapan bahwa nanas memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh manusia menjadikannya sebagai buah yang tidak termasuk ke dalam daftar menu konsumsi buah setiap hari. Dan untuk membuka wawasan tentang Manfaat Buah Nanas bagi kesehatan tubuh manusia, di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaatnya.

  • Sebagai Antioksidan bagi Tubuh

Buah yang mudah dijumpai di daerah pedesaan itu mengandung vitamin C dan A yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas. Radikal bebas itulah yang nantinya menjadi cikal bakal dari pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. untuk mengonsumsi buah nanas bisa dilakukan dengan cara langsung memakannya atau diblender untuk dijadikan jus. Pilihlah buah nanas yang tidak terlalu matang. Agar terhindar dari rasa gatal yang menyerang bibir setelah memakannya, kupaslah dengan bersih lalu cuci dengan air mengalir.

Baca juga :  Manfaat Buah Sirsak
  • Meningkatkan Kadar Gula

Bagi yang merasa kadar gula darah di dalam tubuh sangat rendah, buah nanas bisa dijadikan langkah untuk meningkatkan kadar gula darah tersebut. Buah nanas mengandung gula darah yang cukup tinggi. Jadi baik dikonsumsi bagi yang kadar gula darahnya rendah. Sedangkan bagi yang memiliki kadar gula darah tinggi, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsinya yang akan mengakibatkan kadar gula darah meningkat tajam.

  • Melancarkan Buang Air

Kurangnya asupan makanan yang berserat akan membuat proses pencernaan kurang berjalan dengan baik. Salah satu dampaknya akan terjadi sembelit sehingga membuat tubuh tidak nyaman dan perut akan membuncit. Buah nanas bisa menjadi obat mujarab dari masalah tersebut. Dalam kasus ini buah nanas lebih baik dikonsumsi dengan cara diblender untuk diolah menjadi jus. Pilihlah buah yang tidak terlalu masak agar khasiatnya akan dirasakan oleh tubuh.

  • Melancarkan Haid bagi Kaum Wanita

Bagi sebagaian kaum hawa, siklus bulanan yaitu haid yang tidak lancar akan membuat tubuh tidak nyaman. Selain tubuh tidak nyaman darah kotor yang seharusnya keluar akan berada di dalam tubuh dan itu tidak baik bagi kesehatan wanita. Buah nanas akan membantu mengatasi masalah tersebut. Buah nanas muda ternyata mengandung zat abortivum yang menjadi bahan obat penggugur kehamilan. Dengan mengonsumsi buah nanas tersebut, haid bisa lancar. Bagi wanita hamil tidak boleh mengonsumsi buah ini karena akan menggugurkan janin yang ada di dalam perut.

  • Mengatasi Peradangan Kulit

Buah nanas ternyata bermanfaat juga untuk bagian luar tubuh manusia. Ketika kulit mengalami peradangan baik itu bersisik ataupun mengelupas, parutan buah nanas akan menjadi obatnya. Parutan nanas yang sudah dikupas kulitnya tersebut dioleskan langsung ke kulit yang mengalami peradangan. Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan bairkan hingga pagi. Bilaslah kulit tersebut sesaat setelah bangun.

Baca juga :  Cara Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat Buah Nanas ternyata cukup beragam bagi kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi ada juga hal-hal merugikan dari buah nanas itu. Pelajari dengan baik agar bisa dimanfaatkan dengan baik pula.

Manfaat Buah Nanas yang Terlupakan | Viola Bunga Rosita | 4.5