ini dia !!! 5 Kemampuan Mengaggumkan dari Otak Bayi

5 Kemampuan Mengaggumkan dari Otak Bayi

5 Kemampuan Mengaggumkan dari Otak Bayi – Memiliki anak atau buah hati adalah hadiah dari Tuhan. Kita seringkali merasa terhibur dengan kegemasan bayi dan tingkahnya. Bayi memang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan namun ia akan belajar dengan cepat seiring dengan usianya yang juga melaju.

Seru ya melihat si Kecil saat ini, karena beberapa kata kini mulai sering terucap dari mulut kecilnya. Padahal, sebelumnya ia hanya bisa menangis jika menginginkan sesuatu. Pada usianya sekarang, ia memang sedang mengalami perkembangan yang luar biasa, baik dari segi fisik, motorik, kognitif, verbal, dan sosialnya. Lalu, apa saja perubahan yang dapat membuat Anda berdecak kagum? Berikut ini kami ulas artikel mengenai kemampuan-kemampuan mengaggumkan dari otak bayi.

Kemampuan-Kemampuan Mengaggumkan dari Otak Bayi

  1. Kemampuan Motorik Kasar

Kemampuan mengaggumkan dari otak bayi yang pertama adalah bisa dilihat dari peningkatan aktivitas otot lengan dan kakinya, yang menandakan bahwa kemampuan motorik kasarnya semakin berkembang. Sekarang si Kecil bisa melakukan berbagai macam hal, seperti bangun ke posisi duduk, merangkak, berdiri dengan bantuan, hingga berjalan sambil berpegangan pada perabot rumah. Mengingat ia kini gemar menjelajahi seisi rumah, sebaiknya singkirkan barang-barang yang bisa membahayakannya ya, Anda, seperti barang pecah belah dan benda tajam.

  1. Kemampuan Motorik Halus

Jangan kaget ya, Anda, ketika si Kecil sering meraih berbagai benda yang dianggapnya menarik. Keterampilan motorik halus yang kian berkembang membuatnya mampu mengendalikan jari-jari mungilnya dengan lebih baik. Hal ini juga memungkinkan ia melakukan berbagai hal lain menggunakan tangannya, seperti mengambil kotak susu balita kesukaannya, memasukkan benda ke dalam wadah, mencorat-coret menggunakan krayon, membuka tutup toples, hingga makan sendiri menggunakan tangan, ini merupakan kemampuan mengaggumkan dari otak bayi yang hanya bisa Bayi miliki.

Baca juga :  Manfaat Buah-Buahan
  1. Kemampuan Kognitif

Berkat kemampuan kognitifnya yang semakin berkembang, sekarang si Kecil mulai mengenal nama dan fungsi dari berbagai objek. Ia pun kini mampu mengikuti perintah sederhana dan gemar menirukan gerakan yang Anda lakukan. Untuk itu, fase ini bisa Anda manfaatkan untuk membuatnya lebih aktif, misalnya dengan mengajak si Kecil meletakkan kemasan susu balita di atas meja, atau menari mengikuti irama musik. Kemampuan mengaggumkan dari otak bayi yang satu ini seru ya.

  1. Kemampuan Verbal

Meskipun kemampuan bicara si Kecil saat ini belum sempurna, ia sudah mampu mengerti apa yang dikatakan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, ia juga bisa merespon ketika namanya dipanggil, menggunakan gestur non verbal seperti menunjuk dan menggelengkan kepala, serta menirukan kata atau suara yang sering didengarnya. Untuk mengasah kemampuan verbal si Kecil, sering ajak ia berbicara ya, Anda! Mulailah dari hal-hal yang sederhana, seperti menyebutkan nama benda yang sering ia gunakan atau warna susu anak 1 tahun yang biasa ia minum.

  1. Kemampuan Sosial

Di usia satu tahun, si Kecil terkadang sulit untuk diprediksi. Satu waktu ia bisa sangat pemalu, di waktu lain ia bisa sangat bersahabat untuk berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan sosialnya sedang berkembang, Anda. Untuk terus mengasahnya, Anda bisa mengajak si Kecil bermain bersama teman sebayanya sambil mengajarkan ia untuk bersikap sopan dengan orang lain.

Nah itulah ulasan mengenai kemampuan-kemampuan mengaggumkan dari otak bayi yang tidak Anda sadari mungkin selama ini. Dengan nutrisi yang baik dan sesuai dengan usianya maka kemampuan ini akan bisa menjadi masa emas yang baik bagi kecerdasan dimasa akan datang anak Anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga :  8 Hal yang Harus Dihindari Setelah Makan
5 Kemampuan Mengaggumkan dari Otak Bayi | Viola Bunga Rosita | 4.5