Gagal Ginjal Awas Tanda Peringatan Ginjal Mengalami Masalah

Gagal Ginjal Awas Tanda Peringatan Ginjal Mengalami Masalah

Tanda Peringatan Ginjal Anda Bermasalah

Setiap hari otak manusia memproses banyak informasi, tubuh melakukan ribuan tindakan yang berbeda. Kehidupan yang sibuk membuat kita mudah kehilangan sinyal yang dikirim tubuh. Konsekuensi dari tidak berkomunikasi dan bereaksi terhadap sinyal ini bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Ginjal adalah bagian tubuh yang sangat penting karena mengandung dua fungsi utama: pembersihan dan detoksifikasi. Ginjal bertanggung jawab untuk menghilangkan kelebihan cairan dan limbah, sementara juga mendukung kesehatan tulang serta mengatur tekanan darah, menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Karena itu, jika salah satu masalah fungsi ginjal serius akan mempengaruhi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Saat ini, kami telah mencantumkan daftar tanda bahwa ginjal Anda tidak berfungsi dengan benar. Berapa banyak sinyal tubuh yang Anda terima? Mari temukan 10 tanda-tanda masalah ginjal yang Anda hadapi untuk diobati tepat waktu!

10 tanda peringatan ginjal Anda mengalami masalah

  1. Kesulitan tidur

Bila ginjal Anda berfungsi buruk, racun yang ada dalam tubuh Anda terbentuk, tidak dapat dilepaskan melalui urine dan tetap berada dalam aliran darah Anda. Tubuh memiliki begitu banyak racun yang akan mempengaruhi tidur dan itulah sebabnya Anda sering jatuh ke dalam kondisi tidur yang ceroboh.

Peringatan: Orang dengan penyakit ginjal kronis biasanya mengalami gejala apnea tidur. Sleep apnea adalah kelainan yang menyebabkan satu atau beberapa kali, yang bisa berlangsung beberapa detik sampai satu menit. Setelah setiap jeda, napas normal kembali dengan napas tersengal. Sengaja mendengkur sinyal menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk menemui dokter.

  1. Sering sakit kepala, kelelahan dan kelemahan

Ginjal normal dan sehat bekerja untuk mengubah vitamin D dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan menghasilkan hormon yang disebut Erythropoietin (EPO). Hormon ini berperan penting dalam produksi sel darah merah. Bila ginjal tidak bekerja dengan baik, mereka akan menghasilkan lebih sedikit EPO. Penipisan sel darah merah (oxygen-carrying cells) mempengaruhi otot dan daerah otak, sehingga sering menyebabkan kelelahan.

Peringatan: Orang dengan penyakit ginjal kronis bisa mengalami anemia. Anemia bisa mulai berkembang bila seseorang hanya memiliki sekitar 20% dan 50% fungsi ginjal normal. Jika Anda memiliki cukup waktu untuk beristirahat dan tidur, namun terus mengalami perasaan lelah, berenergi rendah dan lemah tubuh, sebaiknya Anda tidak menunda kunjungan ke dokter.

  1. Kulit kering dan gatal

Ketika ginjal bekerja normal, mereka akan membuang limbah dan cairan berlebih dari darah, membantu memproduksi sel darah merah dan menjaga kadar mineral dalam tubuh. Kulit kering atau gatal mungkin merupakan tanda bahwa ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, sehingga ketidakseimbangan mineral dan nutrisi dapat menyebabkan masalah tulang dan ginjal.

Baca juga :  Kesalahan Mendasar Saat Berolahraga

Peringatan: Jika Anda memiliki kulit kering dan gatal, cobalah minum lebih banyak air. Ingat, sebelum menggunakan antiseptik, tanyakan pada dokter Anda. Beberapa obat yang mengandung bahan dapat merusak fungsi ginjal Anda.

  1. Napasnya berbau aneh

Saat limbah terbangun di dalam darah, rasanya mengubah rasa makanan yang Anda makan dan membuat bau tak sedap. Bau mulut merupakan tanda terlalu banyak racun dan polusi dalam darah. Selain itu, kondisi ini juga membuat Anda kehilangan nafsu makan dan tidak mau makan apapun, sehingga terjadi penurunan berat badan dengan cepat.

Peringatan: Ada banyak alasan mengapa makanan memiliki bau aneh (dari alergi terhadap kesehatan mulut yang buruk). Seringkali bau aneh di mulut akan hilang jika penyebabnya dianggap akan diobati. Juga, jika bau aneh terus muncul, Anda harus menghubungi dokter Anda untuk pemeriksaan.

  1. Napas tersengal, sesak napas

Mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh akan mengakibatkan berkurangnya kadar oksigen dan sesak napas. Pertama, bila ginjal tidak normal, maka akan meningkatkan cairan di dalam tubuh yang bergerak ke paru-paru. Kedua, anemia mengakibatkan hilangnya oksigen dan ini menyebabkan sesak napas.

Peringatan: Ada banyak penyebab asma yang berbeda dari gagal ginjal terhadap asma atau kanker paru-paru. Jika Anda memperhatikan bahwa Anda terengah-engah setelah operasi ringan, Anda harus segera menghubungi dokter Anda. Inilah salah satu gejala umum penyakit ginjal yang seharusnya tidak Anda abaikan jika ditemui.

  1. Pembengkakan anggota badan

Bila ginjal tidak bekerja dengan baik, kelebihan cairan stagnan di tubuh menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki, kaki atau tangan. Selain itu, pembengkakan di bagian bawah tubuh juga merupakan tanda peringatan bahwa hati dan hati Anda mengalami masalah.

Peringatan: Terkadang minum obat, mengurangi asupan garam dan membuang kelebihan jumlah di tubuh dapat mencegah pembengkakan anggota badan. Jika tidak membantu, Anda memerlukan perawatan terpisah.

  1. Sakit punggung

Gagal ginjal dapat menyebabkan sakit punggung di bagian bawah dan di bawah dada, terasa di bagian depan selangkangan atau pinggul. Nyeri punggung dan nyeri kaki mungkin disebabkan oleh kista ginjal, kantung berisi cairan yang terbentuk pada ginjal dan sebagai akibat penyakit ginjal polikistik.

Baca juga :  6 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Tip: Sakit punggung akibat gagal ginjal datang dengan perasaan sakit, muntah, suhu tubuh tinggi dan sering buang air kecil. Nyeri punggung normal tidak berkorelasi dengan fungsi ginjal lainnya: lebih menyakitkan lokal dan mendadak, tidak demam. Jika Anda terus-menerus memiliki sakit punggung dan obat sakit tidak bekerja, pergilah ke dokter.

  1. Mata bengkak

Bengkak di sekitar mata Anda juga merupakan pertanda bahwa sistem filter ginjal tidak berfungsi dengan baik. Sebenarnya, ginjal Anda mengeluarkan sejumlah besar protein ke dalam urin sehingga terakumulasi dan menyebar ke seluruh tubuh.

Tips: Jika Anda yakin tubuh Anda tertidur dengan baik dan cukup menyerap protein namun terus membengkak di sekitar mata, jadilah kunjungan ke dokter segera.

  1. Tekanan darah tinggi

Sistem peredaran darah dan ginjal saling bergantung satu sama lain. Ginjal memiliki nefron kecil yang menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah. Jika pembuluh darah rusak, dialisis nefron Anda tidak akan menerima cukup oksigen dan nutrisi. Itulah sebabnya tekanan darah tinggi adalah penyebab utama kedua gagal ginjal.

Tips: Pelajari cara menyesuaikan tekanan darah tinggi untuk mencegah gagal ginjal. Suplemen makanan kaya asam folat karena berperan dalam produksi sel darah merah dan membantu mencegah anemia.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, stroke atau varises, terapkan 7 berikut untuk memperbaiki!

  1. Ada perubahan saat buang air kecil

Ginjal bertanggung jawab untuk memproduksi urin dan membuang kelebihan limbah dalam tubuh. Beberapa perubahan jumlah lintasan, bau dan warna urine adalah tanda yang tidak boleh Anda abaikan. Ada beberapa perubahan umum saat buang air kecil:

Meningkatnya kebutuhan air kencing, terutama pada malam hari. Terjadi sekitar 4 sampai 10 kali sehari dianggap normal.

Darah dalam urin. Ginjal yang sehat menyaring limbah dari aliran darah untuk menghasilkan air kencing, namun jika saringannya rusak, sel darah mungkin mulai “mengalir” ke dalam air kencing.

Ada urin yang menggelegak. Gelembung dalam urin, terutama yang mengharuskan Anda menyiram berulang kali sampai hilang, menunjukkan bahwa protein yang tidak diinginkan ada dalam urin.

Sudahkah anda menemui tanda-tanda ini atau tidak? Silakan berbagi dengan kami komentar di bawah ini!

Gagal Ginjal Awas Tanda Peringatan Ginjal Mengalami Masalah | Viola Bunga Rosita | 4.5