Doa Sebelum Tidur

Doa merupakan cara terbaik sebelu melakukan sesuatu sehari-hari. Tidak hanya mengucapkan basmallah atau bismillah karena setiap kegiatan ada doa khususnya. Terdapat doa sebelum tidur, doa sebelum tidur, doa sebelum makan, dosa sesudah makan, doa mandi wajib dan lain sebagainya. Doa sebelum tidur sendiri memiliki beberapa tahapan seperti melakukan dzikir terlebih dahulu atau sholawat barulah memanjatkan doa khusus sebelum tidur.

Berikut ini adalah tahapan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW menjelang tidur. Semua sumber diambil dari hadits shahih dari Nabi Muhammad Shallalaahu ‘alaihi wa sallam.

Pertama membaca surat al-Ikhlas, suar al-Falaq, dan surat an-Naas sebanyak tiga kali kemudian meniupkan kepada tangan serta mengusapkan kepada seluruh bagian tubuh yang bisa dijangkau seperti kepala, badan, dan kaki. (Ket: HR. Al-Bukkhari no. 5017 dan Muslim no. 2192)

Kedua membaca surat kursi atau ayat kursi setelah melakukan hal pertama diatas. Ketiga adalah membaca kedua ayat terakhir pada suat al-Baqarah.

Sebenarnya masih ada tahapan lain sebelum hendak tidur, namun terlalu panjang sehingga dengan melakukan ketiga hal di atas sudah cukup. Terakhir adalah membaca doa sebelum tidur. Berikut adalah doanya yang bisa dipanjatkan setiap hari sebelum tidur.

Do’a Sebelum Tidur :

 photo doa-sebelum-tidur_zpslxk4opvl.jpg
Bismika Allahumma Ahya Wa Amutu
Artinya :Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Tidak selalu anda tentunya bisa melakukan tahapan yang lumayan panjang tersebut. Lebih baik baca saja basmallah, shalawat, dan doa sebelum tidur lalu mengusapkan pada tempat tidur anda yang bertujuan mengusir makhluk halus yang bisa saja berada di atas ranjang.

Dzikir yang bisa dilakukan sebelum tidur adalah Takbir, Hamdallah, Istigfar, dan terakhir mengucapkan subhanallah. Masing-masing dilakukan sebanyak 33 kali ucapan dzikir. Berdoa merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT agar kita terjauh dari hal yang membahayakan dan segala sesuatunya berada dalam lindungan pencipta alam.

Baca juga :  Doa Sebelum Makan

Tidur adalah keadaan mati sementara sehingga kita bisa saja dicabut nyawa ketika tidur. Tetapi dengan memanjatkan doa tentu kita menjadi mati dalam keadaan baik. Sumber telah disalin dari kumpulan doa al-Quran dan Sunnah yang ditulis oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

Doa Sebelum Tidur | Viola Bunga Rosita | 4.5