Doa Bangun Tidur

Pada saat kita akan melakukan sesuatu maka hendaklah berdoa, kemudian setelah menyelesaikan hal itu maka terdapat ucapan syukur yang bisa berupa doa. Seperti pada saat malam hari menjelang tidur maka kita akan berdoa agar dilindungi oleh Allah SWT ketika tidur. Tentu ketika bangun tidur kita harus mengucap syukur karena dibangunkan kembali dalam kondisi yang lebih baik.

Berikut adalah doa utama setelah tidur atau doa bangun tidur :

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

” Alhamdullillahilladzi ahyana bada maa amaatana wailaihinushur ”

[Artinya: Segala puji bagimu Ya Allah, karena telah membangunkan kami dan telah menidurkan kami dan kepadaNya kami telah dibangkitkan]. (Hadist Riwayat Bukhari Muslim no. 6325)

Imam Bukhari telah memasukkan hadits tersebut kepada bab yang berjudul “Bacaan Yang Diucap Setiap Pagi”. Hal itu berarti kita haruslah berdzikir saat pagi hari sebagai pembuka amalan dan ungkapan sebagai ucapan syukur. Pada saat sebelum tidur kita pun disarankan untuk berdzikir sebagai penutup hari dan alaman. Tentu maksudnya adalah saat pagi sebagai pembuka amalan disarankan berdzikir dan ditutup pada malam hari dengan berdzikir.

Selain bacaan doa bangun tidur di atas, kita bisa juga bisa berdzikir dengan mengucapkan doa :

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

” Alhamdulillahilladzi afaniy fii jasadiy, wa roda alayya ruhiiy, wa adzinaa lii bi dzikri “

[Artinya: Sega puji bagimu Allah yang memberikan kesehatan kepada jasad dan telah mengembalikan ruh dan mengizinkan diriku untuk berdzikir] (Hadist Riwayat Tirmidzi no. 3401)

Terlihat dari doa diatas bahwa kita dalam kondisi mati saat tidur. Menurut beberapa hadist menungkapkan bahwa tidur adalah kondisi dimana kita berpisah dari ruh yang menempel dalam jasad. Tidur adalah mati sementara sehingga mengucap syukur saat bangun pagi menjadi penting. Ingatlah pada benak anda dan visualisasikan anda dalam kondisi mati, kemudian kembali dihidupkan kembali tentu ada rasa bahagia tak tertara. Nah itu ada filosofi dari doa yang dimaksudkan tersebut.

Baca juga :  Doa Sebelum Tidur
Doa Bangun Tidur | Viola Bunga Rosita | 4.5