Cara Sukses Menghadapi Ujian

Posted on

Untuk setiap anak sekolahan atau kuliahan, sudah pasti tidak akan terpisahkan dari kata “ujian”. Ujian memang selalu diadakan oleh pihak institusi pendidikan untuk menguji kemampuan siswanya dalam menyerap apa yang telah diujikan. Agar ujian yang dilakukan sukses maka perlu persiapan yang matang sebelum menghadapi ujian. Selain itu diperlukan juga beberapa taktik saat menghadapi ujian. Lalu bagaimanakan cara mempersiapkan diri sebelum ujian dan bagaimana pula taktik yang tepat pada saat ujian? Berikut ini cara sukses dalam menghadapi ujian yang dapat kalian terapkan :

Persiapan Sebelum Ujian

Cara sukses dalam menghadapi ujian yang pertama adalah dengan melakukan persiapan sebelum ujian. Agar setiap soal ujian dapat dijawab dengan mudah, anda tentunya perlu mempersiapkan diri anda. Persiapan yang sebaiknya dilakukan adalah belajar sebelum ujian yang dapat dilakukan dengan :

Pilih waktu belajar yang tepat
Pilihlah waktu belajar yang paling cocok dengan anda. Dengan waktu belajar yang tepat dan sesuai untuk anda, kegiatan belajar sebelum ujian akan menjadi lebih efektif dan efisien. Sebisa mungkin jangan pernah melakukan kebiasaan SKS atau sitem kebut semalam.

Catat pokok materi pelajaran
Langkah selanjutnya adalah mencatat pokok materi pelajaran. Dengan mencatat sendiri, kegiatan belajar akan lebih mudah, karena anda mempelajari tulisan yang telah anda buat sendiri.

Hapalkan kata kunci
Langkah selanjutnya adalah menghafalkan kata kunci. Anda cukup menghapalkan kata kunci dari materi pelajaran saja, tidak perlu semuanya. Dengan hanya menghapalkan kata kunci anda akan dapat memperlajari lebih banyak materi pelajaran dalam waktu yang singkat.

Beristirahat
Langkah yang terakhir adalah beristirahat. Kebanyakan kesalahan yang dilakukan orang saat akan ujian adalah belajar sepanjang waktu sampai lupa istirahat. Padahal istirahat terbukti dapat menenangkan saraf otak sehingga dapat bekerja lebih maksimal saat ujian nanti.

Taktik Saat Ujian

Cara sukses menghadapi ujian yang tidak kalah penting adalah menjalankan taktik saat menghadapi ujian. Berikut ini taktik yang dapat dijalankan :

Datang lebih awal
Dengan datang lebih awal anda akan menjadi lebih tenang dan tidak terburu-buru. Selain itu anda juga dapat melihat situasi dan lokasi ruangan ujian yang akan anda tempati. Hal ini sangat berguna jika anda belum mengetahui loksai ujian.

Tenangkan diri dan santai
Anda tidak perlu mengerjakan soal dengan terburu-buru. Terburu-buru malah dapat membuat jawaban anda kacau. Cukup kerjakan dengan santai.

Jawab soal yang lebih mudah terlebih dahulu
Agar waktu anda efisien, anda sebaiknya mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari anda terjebak pada soal yang sulit.

Periksa kembali sebelum mengumpulkan lembar jawaban
Sebelum mengumpulkan lembar jawaban, sebaiknya anda periksa kembali lembar jawaban anda, hal ini perlu dilakkan untuk mengurangi kemungkinan anda salah menjawab soal.

Itulah cara sukses menghadapi ujian yang bisa anda coba, semoga berguna dan bermanfaat buat anda semua. Jangan lupa bantu share artikel ini ke teman facebook, twitter maupun teman-temen dimedia sosial lainnya seperti google plus, terima kasih sudah berkenan untuk membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *