Cara Menurunkan Berat Badan Anak Dengan Aman

Cara Menurunkan Berat Badan Anak Dengan Aman

Cara Menurunkan Berat Badan Anak Dengan Aman – Cara menurunkan berat badan anak yang efektif sedang menjadi topik hangat saat ini. Banyaknya kasus anak yang mengalami obesitas cukup mengundang keprihatinan bagi kita semua. Obesitas dapat terjadi karena adanya pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Lalu, bagaimana cara efektif dan aman menurunkan berat badan seorang anak yang sudah telanjur mengalami obesitas? Haruskah menganjurkannya untuk melakukan diet ketat? Tentu tidak! Untuk menurunkan berat badan anak, Anda cukup melakukan perubahan kecil pada pola makannya dan pola hidup keluarga.

Cara Menurunkan Berat Badan Anak Dengan Aman

Cara-cara berikut ini bisa dikatakan efektif untuk dilakukan. Namun, Anda harus memulai satu atau dua langkah terlebih dahulu. Setelah itu, dilanjutkan langkah berikutnya secara perlahan sehingga terbentuk gaya hidup sehat. Nah berikut ini artikelnya akan membahas mengenai cara menurunkan berat badan anak dengan aman.

  1. Mengontrol Kondisi Kesehatan Anak

Hal pertama yang harus dilakukan dalam rangka menurunkan berat badan anak yang efektif adalah mengontrol kondisi kesehatan anak. Anak yang sehat, selalu aktif dan banyak melakukan aktivitas fisik. Berat badannya pun seimbang dengan tinggi badannya. Ciri ini tidak akan dimiliki anak yang mengalami obesitas. Nah, apabila ada indikasi sang anak mengalami obesitas, maka sediakan timbangan di rumah sehingga Anda dapat setiap saat mengontrol berat badan anak.

Kemudian Anda juga perlu memantau agar berat badan Anak Anda tidak naik. Sebelum menurunkan berat badan anak, sebaiknya pertahankan berat badannya agar tidak naik dalam beberapa waktu. Hal ini dilakukan agar sang anak tidak kaget dengan perubahan yang terjadi. Lakukan program penurunan setelah beratnya stabil.

Baca juga :  Tahun Sudah 2018, Gaya Kamu Masih Biasa-Biasa Saja? Ada Inspirasi Fashion Agar Lebih Fresh dan Buat Kamu Tampil Lebih Menarik!
  1. Memantau Menu Makan Anak

Saat anak mengalami obesitas, biasanya orang tua langsung menerapkan peraturan tentang diet makanan. Hal ini tentu sangat menyiksa anak. Bahkan, paling buruk yang bisa terjadi adalah sang anak dengan sembunyi-sembunyi mengonsumsi makanan tidak sehat.

Langkah tepat yang seharusnya Anda lakukan adalah memantau menu makannya. Setelah Anda mengetahui cara menurunkan berat badan anak dengan aman, maka sebaiknya lakukan dua hal berikut secara bertahap.

Yang pertama, menyediakan sayuran dan buah-buahan di rumah. Giring selalu agar anak senang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Makanan kecil yang menyehatkan juga perlu disediakan sebagai camilan sepulang sekolah agar terhindar dari makanan luar penyebab obesitas.

Kemudian hindari makanan berpengawet, makanan cepat saji, serta minuman manis dan bersoda. Jangan pancing keinginan anak untuk mengonsumsi makanan tidak sehat tersebut dengan menyediakannya di meja makan (meskipun itu makanan favorit Anda).

  1. Merangsang Anak Agar Melakukan Kegiatan Fisik

Pada umumnya, anak dengan berat badan berlebih, banyak menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu dengan berdiam diri. Badannya tidak banyak melakukan gerakan fisik. Untuk itu, lakukan hal-hal seperti membatasi jam menonton televisi, membatasi jam bermain gadget, agar anak terpancing melakukan aktivitas fisik :

  1. Memberi Dorongan Emosional

Agar anak tidak merasa sendiri dalam menurunkan berat badan, Anda dianjurkan untuk memberi dorongan emosional. Tunjukkan kasih sayang Anda yang selalu ada di sampingnya dengan melakukan hal-hal aktifitas bersama seperti melakukan olahraga bersama, bermain dan melakukan aktivitas fisik bersama, makan bersama dengan menu sehat, memberi contoh melakukan pola hidup dan pola makan yang sehat.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan berat badan anak akan segera turun. Bersama artikel ini yang menjelaskan mengenai cara menurunkan berat badan anak dengan aman, jadilah dokter pribadi di rumah Anda karena tahu cara menurunkan berat badan anak yang efektif.

Baca juga :  Kata-Kata Gombal untuk Status Facebook
Cara Menurunkan Berat Badan Anak Dengan Aman | Viola Bunga Rosita | 4.5