Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Posted on

Mengatasi sakit pinggang bisa menggunakan jalan terapi seperti akunpunktur, operasi, nerve blok, suntikan di sendi, serta terapi manual. Beberapa cara tersebut merupakan kategori pada penyakit pinggang yang berkepanjangan. Nah, kali ini akan membahas bagaimana cara mengtasai sakit pinggang dengan cepat dari dua kategori, yaitu sakit pinggang berkepanjangan dan sakit pinggang biasa atau jangka pendek. Cara terbaik mengatasi sakit pinggang sendiri adalah dengan menelusuri penyebabnya terlebih dahulu. Setelah mengetahui penyebab barulah bisa melanjukan memilih solusi terbaik terhadap jenis sakit pinggang yang dialami.

Mengatasi Sakit Pinggang Jangka Pendek

Paling lama sakit pinggang yang dialami adalah tidak lebih dari enam minggu. Bisa diobati dengan obat sakit pinggang yang berada di pasaran.

[1.] Obat sakit pinggang

Paracetamol dan asetamonifen adalah obat yang bisa meredakan nyeri pinggang yang ringan. Sedangkan obat lainnya bisa menggunakan non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID), misalnya ibuprofen yang bisa meredakan nyeri pinggang. Perhatikan cara penggunaannya dari mulai dosis dan aturan pakai. Sementara obat yang keras bisa dipilih seperti kodein yang biasanya mememrlukan resep dari dokter.

[2.] Terapi suhu di bagian pinggang

Suhu panas atau dingin bisa membantu meredakan sakit pinggang. Caranya adalah menggunakan air es yang dimasukan pada kain atau botol lalu diterapkan pada pinggang yang sakit. Sebaliknya jika ingin menggunakan air hangat atau panas bisa melakukan cara yang sama.

[3.] Atur posisi tidur

Bisa saja sakit pinggang yang dialami karena posisi tidur yang salah atau kasur yang tidak pas untuk tubuh. Perhatikan posisi tidur dan ranjang yang digunakan.

[4.] Relaksasi dan streching atau latihan

Bersantai bisa meredakan sakit pinggang, karena ketegangan pada otot dan bagian pinggang bisa mereda. Ubahlah pikiran stress kepada pemikiran yang lebih positif. Selain itu, lakukan senam atau latihan yang bisa membantu pinggang dan posisi tubuh kembali normal.

[5.] Gaya hidup

Biasanya sakit pinggang bisa didapatkan oleh orang yang jarang berolahraga, terlalu sering begadang dan memporsir kekuatan tubuh dengan membawa barang berat atau istirahat yang terlalu sebentar.

Mengatasi Sakit Pinggang Jangka Panjang

Caranya adalah dengan melakukan terapi manual seperti pijat atau mendatangi ahli tulang dan lain sebagainya. Bisa juga menggunakan akupunktur, olahraga yang mengatur kembali posisi dalam tubuh khususnya tulang dan otot.

Pada sakit pinggang yang parah bisa dilakukan cara operasi. Selagi ada cara mengatasi sakit pinggang yang lebih praktis buat apa mendatangi dokter? Coba saja terapkan pada saat sakit pinggang menyerang. Baca juga cara menghilangkan cegukan yang sebelumnya juga sudah saya tuliskan untuk anda semua.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *