Cara Mengatasi Keputihan

Advertisement

Masalah keputihan bagi sebagian wanita merupakan permasalan yang cukup menggangu. Hal ini dikarenakan jika tidak ditangani dengan baik, masalah ini dapat menimbulkan berbagai masalah lain yang lebih serius. Untuk itu, agar pembaca terhindar dari masalah keputihan, sebaiknya pembaca mencegah keputihan sebelum terjadi.

Namun, jika pembaca telah terlanjur mengalami masalah ini, pembaca dapat mencoba beberapa tips cara mengatasi keputihan yang dapat mengurangi keputihan atau bahkan menghilangkan keputihan sampai tuntas. Berikut ini beberapa tips yang dapat dijalankan oleh pembaca untuk mengatasi masalah keputihan :

[1.] Pakailah pembalut yang tepat

Pembalut yang digunakan saat menstruasi sebaiknya memiliki bantalan berkualitas dan mengandung kandungan herbal. Pembaca juga sebaiknya mengganti pembalut yang digunakan setiap 4 jam sekali. Lebih disarankan lagi, sebaiknya pembaca menggunakan handuk hangat untuk dijadikan pembalut.

[2.] Jaga kebersihan miss V

Kebersihan menjadi faktor utama untuk mengatasi masalah ini. Anda disarankan untuk lebih sering membersihkan miss V pada saat siklus menstruasi. Cara membersihkannya adalah mengarah ke arah belakang (dari vulva ke arah anus). Hal ini agar kuman di anus tidak menyebar ke miss V.

[3.] Jaga kelembapan miss V

Untuk menghindari terjadinya keputihan, pembaca harus menjaga kelempan miss V. Hal ini dikarenakan kelembapan yang terlalu tinggi atau rendah dapat berakibat pada pertumbuhan jamur yang lebih cepat. Tingkat keasaman yang normal di miss V adalah sekitar 3,5.

[4.] Gunakan daun sirih

Cara mengatasi keputihan yang satu ini memang tradisional. Meskipun demikian, cara ini maih cukup ampuh untuk mengatasi masalah keputihan. Kandungan-kandungan yang ada dalam daun sirih terbukti mampu mengatasi berbagai masalah keputihan. Cara pemakaiannya adalah dengan membasuhkan air rebusan daun sirik ke miss V.

[5.] Konsumsi bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat mengalangi dan memutuskan perkembangan bakteri dan virus. Hal ini tentunya sangat ampuh untuk mencegah perkembangan jamur di sekitar miss V.

[6.] Hidari Stres, jaga pola makan dan olah raga teratur

Tips cara mengatasi keputihan yang terakhir ini sangat simpel, namun sangat berpengaruh. Dengan menjaga keseimbangan pola makan dan menghindari stress Anda akan lebih terhindar dari masalah keputihan. Selain itu, olah raga yang tepat juga dapat membantu anda untuk menghindari keputihan dan menjaga mood anda saat menstruasi.

Advertisement
Cara Mengatasi Keputihan » Rino Wijaya » 5 » on