Cara Mengatasi Insomnia

Posted on

Malam hari merupakan waktu bagi manusia untuk beristirahat dan melupakan semua aktivitas harian. Setelah di siang hari manusia sibuk dengan berbagai aktivitas maka malam harinya dengan beristirahat akan dapat mengembalikan energi dan semangat positif untuk beraktivitas di esok hari. Namun bagaimana kalau pada malam hari kita sulit untuk dapat tertidur? Bagaimana jika mata tidak mau diajak kompromi untuk dipejamkan?

Tentunya hal ini dapat menjadi masalah serius mengingat esok hari kita harus melakukan banyak aktivitas harian. lalu bagaimanakah cara mengatasi susah tidur? Atau bagaimana cara mudah tidur dan cara membuat ngantuk? Nah pada artikel ini penulis akan memberikan beberapa tips cara menghilangkan insomnia yang dapat mencegah insomnia atau bahkan menghilangkan insomnia bagi yang mengalaminya. Berikut ini tipsnya :

[1.] Atur jam tidur

Mengatur jadwal kapan waktu tidur secara bersamaan setiap hari membuat tubuh anda terbiasa untuk tidur di waktu yang sama. Cara ini merupakan cara yang paling baik untuk menyelesaikan permasalahan insomnia.

[2.] Bersibuklah di siang hari

Aktifitas yang banyak di siang hari akan membuat tubuh kita kelelahan dan capek. Saat sudah kelelahan tubuh akan cenderung lebih mudah diajak berkompromi untuk beristirahat. Bahkan, tubuh yang lelah setelah beraktivitas cenderung akan beristirahat lebih lelap dari pada yang memiliki aktivitas sedikit.

[3.] Kurangi kafein

Kafein memang dapat membantu saat kita dihadapkan pada banyak tugas dan harus lembur. Namun pada permasalan insomnia kafein menjadi musuh bebuyutan yang harus dihindari. Dengan tidak mengonsumsi kafein anda akan cenderung lebih mudah untuk tidur.

[4.] Nyantai dulu sebelum tidur

Mendengarkan musik klasik dan instrumen klasik sebelum tidur atau berbicara santai dengan pasangan terbukti dapat membantu manusia untuk lebih mudah tertidur. Otak yang telah relax dan santai juga akan membantu kita tidur nyenyak dan lebih berkualitas.

[5.] Kondusifkan situasi kamar

Cara mengatasi insomnia yang satu ini terbukti cukup berhasil untuk mengurangi masalah sulit tidur. Dengan kondisi kamar yang nyaman tubuh akan lebih mudah untuk diajak beristirahat.

[6.] Hindari sugesti sulit tidur

Kekuatan sugesti dari otak memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh manusia. Saat otak memberikan sugesti sulit tidur maka tubuh akan meresponnya. Untuk itu kita sebaiknya tidak menyugestikannya dengan tidak berfikir mengenai masalah insomnia saat menjelang waktu malam.

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi insomnia yang dapat pembaca terapkan. Semoga tips ini dapat membantu pembaca mengatasi masalah sulit tidur di malam hari. Untuk tips kesehatan lainnya silahkan anda simak cara mengatasi perut buncit yang sebelumnya juga sudah saya tuliskan untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *