Langkah Mudah Melakukan Budidaya Kembang Kol Untuk Pemula

Langkah Mudah Melakukan Budidaya Kembang Kol Untuk Pemula

Langkah Mudah Melakukan Budidaya Kembang Kol Untuk Pemula – Kembang kol adalah salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia, jenis sayuran yang satu ini disukai oleh banyak orang karena rasanya yang lezat jika diolah menjadi berbagai macam masakan. Kembang kol sendiri memiliki bentuk yang sangat mirip dengan sayuran brokoli, namun kedua jenis sayuran ini bisa Anda bedakan dari warnanya. Apabila brokoli memiliki warna hijau tua, maka kembang kol memiliki warna putih kehijauan sehingga Anda akan mudah membedakannya.

Selain rasanya yang lezat jika diolah menjadi berbagai masakan, kembang kol juga memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga sangat baik untuk Anda konsumsi. Permintaan terhadap kembang kol sendiri jumlahnya cukup tinggi di Indonesia sehingga membuat banyak orang tertarik untuk melakukan budidaya kembang kol. Anda juga bisa menjadikan hal tersebut menjadi sebuah peluang emas untuk mendulang rupiah dengan melakukan usaha budidaya kembang kol, apabila Anda merasa tertarik maka simaklah ulasannya berikut ini.

Langkah Mudah Melakukan Budidaya Kembang Kol Untuk Pemula

  1. Menyiapkan Benih Kembang Kol

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam budidaya kembang kol adalah dengan menyiapkan benih kembang kol, Anda harus memilih benih kembang kol yang memiliki kulaitas tinggi sehingga akan mampu menghasilkan panen yang baik. Untuk itu alangkah baiknya apabila Anda membeli benih kembang kol di toko pertanian yang terpercaya dan pilihlah benih yang telah bersertifikat.

  1. Menyemai Benih

Langkah yang kedua adalah menyemai benih kembang kol, Anda bisa menggunakan rockwool sebagai media semai. Alangkah baiknya apabila Anda merendam rockwool di dalam air sebelum digunakan, setelah itu tanamlah benih kembang kol di rockwool dan letakkan di tempat yang gelap selama 3 – 4 hari atau setelah benih berkecambah, pilihlah benih yang berkecambah untuk ditanam.

  1. Proses Penanaman Kembang Kol
Baca juga :  Langkah Mudah Usaha Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula

Langkah yang ketiga adalah proses penanaman, Anda bisa menggunakan sekam sebagai media tanam karena harganya yang murah dan juga mudah untuk diperoleh. Anda bisa menyiapkan polybag yang bagian bawahnya telah dilubangi, setelah itu isilah dengan tanah yang telah diberi pupuk, Anda bisa menanam benih kembang kol dengan rockwoolnya, kemudian tutup kembali lubang tanam tersebut.

  1. Perawatan dan Pemeliharaan

Langkah keempat yang harus Anda lakukan adalah proses perawatan dan pemeliharaan, Anda bisa memberikan larutan nutrisi khusus untuk sayuran dan buah yang bisa Anda beli di toko – toko pertanian. Selain itu Anda juga tidak boleh lupa untuk menyiram tanaman dan juga membuang rumput dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman kembang kol agar pertumbuhannya tidak terganggu.

  1. Proses Pemanenan

Langkah yang kelima dalam usaha budidaya kembang kol adalah proses pemanenan yang mana merupakan saat yang paling ditunggu – tunggu, kembang kol sendiri memiliki waktu panen yang tergolong cepat yakni sekitar 3 bulan. Untuk melakukan proses pemanenan, Anda bisa memotong bagian pangkal kembang kol dengan tetap menyisakan beberapa helai daunnya.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan usaha budidaya kembang kol, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah yang telah diulas di atas.

Langkah Mudah Melakukan Budidaya Kembang Kol Untuk Pemula | Viola Bunga Rosita | 4.5