Langkah Mudah Usaha Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula

Langkah Mudah Usaha Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula

Langkah Mudah Usaha Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula – Patin merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di perairan air tawar, jenis ikan yang satu ini berasal dari perairan di kawasan negara – negara Asia Tenggara. Beberapa jenis ikan patin sendiri bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat besar bahkan mencapai dua meter. Jenis ikan yang satu ini sangatlah populer untuk dikonsumsi karena memiliki daging yang tebal dan juga empuk sehingga menjadikannya sangat sesuai untuk diolah menjadi berbagai macam masakan yang rasanya lezat.

Ikan patin memang bisa dengan mudah Anda jumpai di banyak rumah makan sebagai salah satu menu andalan mereka seperti misalnya diolah dengan cara digoreng, dibumbui asam manis, dan masakan lainnya. Ikan patin sendiri termasuk salah satu ikan air tawar yang memiliki jumlah permintaan yang tinggi sehingga membuat banyak orang yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan patin. Apabila Anda tertarik untuk meraup keuntungan yang besar, maka pada kesempatan kali ini akan kami ulas bagaimana cara untuk melakukan budidaya ikan patin.

Langkah Mudah Usaha Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula

  1. Persiapan Kolam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam budidaya ikan patin tentu saja mempersiapkan kolam, Anda bisa menggunakan kolam beton, kolam tanah, ataupun kolam terpal yang mana bisa Anda sesuaikan dengan modal yang dianggarkan. Isilah kolam dengan menggunakan air yang bersih, setelah itu lakukanlah pemupukan terlebih dahulu sebelum kolam tersebut diisi dengan ikan.

  1. Pemilihan Benih Ikan Patin

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah memilih benih ikan patin, hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena akan sangat mempengaruhi usaha Anda. Pilihlah benih ikan patin yang sehat dan juga berkualitas yang mana memiliki beberapa ciri yakni gerakannya lincah, tidak memiliki luka ataupun cacat fisik, serta ukuran benih yang sama agar pertumbuhannya seragam.

  1. Pemberian Pakan
Baca juga :  Cara Mudah Budidaya Durian Musang King Untuk Pemula

Hal ketiga yang juga tidak kalah pentingnya dalam usaha budidaya ikan patin adalah pemberian pakan yang mana akan menentukan proses pertumbuhan ikan tersebut. Anda bisa memberi makan ikan patin berupa pelet dengan kandungan protein tinggi sehingga akan bisa mempercepat waktu pertumbuhannya, Anda bisa membeli pelet tersebut di toko – toko ikan yang ada di sekitar Anda.

 

  1. Pemeliharaan Ikan Patin

Langkah keempat yang juga harus Anda lakukan adalah pemeliharaan ikan patin, Anda harus selalu melakukan pengecekan terhadap kualitas air yang digunakan. Apabila air kolam sudah terlihat keruh maka alangkah baiknya apabila Anda segera menggamtinya dengan air baru yang bersih, hal ini dikarenakan air yang keruh akan bisa mengganggu kesehatan dan pertumbuhan ikan patin.

  1. Proses Pemanenan

Tahap terakhir dalam usaha budidaya ikan patin adalah proses pemanenan yang mana merupakan saat yang paling ditunggu, Anda bisa memanen ikan patin sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Pada umumnya ikan patin sudah bisa dipanen pada saat berat tubuhnya paling tidak mencapai 200 gram. Anda bisa menyurutkan air kolam terlebih dahulu sehingga proses panen ikan patin menjadi mudah.

Apabila Anda memiliki minat untuk melakukan budidaya ikan patin, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara yang ada di atas.

Langkah Mudah Usaha Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula | Viola Bunga Rosita | 4.5