Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula - diakui.com

Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula

Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula – Common carp atau lebih sering disebut sebagai ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar, jenis ikan yang satu ini bisa Anda temui dengan mudah di berbagai wilayah di Indonesia. Ikan mas sendiri memiliki ciri yang khas yakni bentuk tubuh yang panjang dan sedikit membulat, tubuhnya diselimuti oleh sisik, memiliki punggung yang tinggi, serta kepala yang kecil. Ikan mas termasuk salah satu ikan air tawar yang memiliki nilai gizi tinggi sehingga sangat sesuai untuk dijadikan sebagai sumber protein.

Ikan mas juga sangat populer untuk dikonsumsi di Indonesia karena memiliki daging yang tebal dan empuk sehingga sangat sesuai untuk diolah menjadi berbagai macam masakan dengan rasa yang lezat, ikan yang satu ini memang bisa dengan mudah Anda jumpai di banyak restoran atau rumah makan. Jumlah permintaan ikan mas memang sangat tinggi sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai peluang emas bagi Anda untuk meraih keuntungan besar dengan melakukan usaha budidaya ikan mas, jika Anda penasaran maka simaklah ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula

  1. Persiapan Kolam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan kolam untuk melakukan budidaya ikan mas, Anda bisa mengeringkan kolam terlebih dahulu selama 7 hari dan lakukanlah pemupukan, pengairan, dan juga pengapuran. Setelah itu isilah kolam dengan air yang jernih dan berkualitas baik dan biarkan terlebih dahulu selama 14 hari sebelum kolam tersebut diisi dengan ikan mas.

  1. Pemilihan Benih Ikan Mas

Cara kedua yang harus Anda lakukan adalah pemilihan benih ikan mas, Anda harus memilih benih ikan mas yang sehat dan berkualitas. Anda bisa memilih benih ikan mas dengan gerakan yang lincah dan tidak memiliki cacat ataupun luka di tubuhnya, selain itu Anda juga harus memilih benih ikan yang ukurannya sama dengan tujuan agar proses pemanenan nantinya bisa dilakukan secara bersamaan.

  1. Proses Pemeliharaan

Cara yang ketiga dalam melakukan usaha budidaya ikan mas adalah proses pemeliharaan, budidaya ikan mas sendiri sebenarnya tidaklah rumit karena tidak membutuhkan perlakuan khusus. Di dalam proses pemeliharaan ini Anda harus selalu melakukan pengecekan terhadap kualitas air yang Anda gunakan untuk mengairi kolam, usahakanlah agar kualitas air kolam selalu terjaga.

 

  1. Pemberian Pakan

Cara keempat yang juga harus Anda lakukan adalah pemberian pakan, proses yang keempat ini sangatlah penting dalam budidaya ikan mas pasalnya akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan. Anda bisa memberikan dua jenis pakan yakni pakan alami dan pakan buatan, namun Anda harus tetap memperhatikan kandungan proteinnya sehingga ikan mas dapat tumbuh dengan cepat.

  1. Proses Pemanenan

Proses pemanenan sendiri menjadi saat yang paling ditunggu oleh para petani ikan mas, Anda bisa melakukan proses pemanenan dengan cara menyurutkan air kolam terlebih dahulu untuk mempermudah proses penangkapan ikan. Anda bisa melakukannya dengan menutup saluran masuk air dan memasang jaring atau seser di saluran pembuangan, setelah itu Anda bisa menangkap ikan – ikan yang ada di kolam.

ApabilaAnda ingin mencoba melakukan usaha budidaya ikan mas, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara yang telah disebutkan di atas.

Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula | Viola Bunga Rosita | 4.5