5 Langkah Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Untuk Pemula

5 Langkah Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Untuk Pemula

5 Langkah Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Untuk Pemula – Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak hidup di berbagai wilayah Indonesia, ikan gabus sendiri juga merupakan salah satu predator ganas di ekosistem perairan air tawar. Jenis ikan yang satu ini memakan ikan – ikan yang ukurannya lebih kecil dan juga serangga – serangga yang hidup di air. Ikan gabus memiliki banyak nama yang berbeda – beda di berbagai wilayah di Indonesia seperti misalnya ikan haruan, ikan pocolan, bale salo, kutuk, dan berbagai nama lainnya.

Meskipun merupakan predator air tawar yang ganas, ternyata ikan gabus memiliki daging yang tebal sehingga sangat sesuai untuk diolah menjadi berbagai macam masakan dengan citarasa yang lezat. Selain itu ikan gabus juga bisa Anda jadikan sebagai sumber protein alternatif sebagai pengganti daging ayam ataupun sapi. Namun sayangnya ketersediaan ikan gabus saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan ikan gabus di pasaran sehingga menjadi peluang emas bagi Anda yang ingin melakukan usaha budidaya ikan gabus, berikut ini ulasannya.

5 Langkah Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Untuk Pemula

  1. Persiapan Kolam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan budidaya ikan gabus adalah dengan mempersiapkan kolam, Anda bisa menggunakan kolam terpal, kolam tanah, ataupun kolam beton yang bisa disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Apabila Anda memiliki modal yang terbatas maka kolam terpal merupakan pilihan yang tepat karena tidak membutuhkan biaya yang besar untuk pembuatannya.

  1. Pemilihan Indukan

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah pemilihan indukan, Anda harus memilih indukan yang sehat dengan ciri gerakannya aktif dan tidak memiliki cacat tubuh. Anda tidak boleh keliru dalam memilih indukan ikan gabus di mana indukan ikan gabus jantan biasanya memiliki bentuk kepala yang lebih oval dan juga memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan indukan betina.

  1. Proses Pemijahan
Baca juga :  Langkah Mudah Usaha Budidaya Apel Untuk Pemula

Langkah yang ketiga adalah proses pemijahan, Anda bisa mencampurkan beberapa indukan jantan dan betina di dalam satu kolam. Biarkanlah indukan ikan gabus selama 3 hingga 4 hari dengan air yang terus memgalir sehingga akan mempercepat proses pemijahan, ikan gabus betina bisa bertelur hingga 11 ribu butir dan akan menetas dengan waktu yang sangat cepat yakni kurang lebih satu hari.

 

  1. Penebaran Benih dan Pemeliharaan

Anda bisa menebar benih ikan gabus yang telah berumur 2 minggu dan biarkan selama 2 hari sebelum Anda beri pakan. Setelah itu, Anda bisa memberinya pakan berupa pelet dengan kandungan protein yang tinggi, selain itu Anda juga bisa memberinya pakan tambahan berupa anakan rayap dan ikan teri agar ikan gabus dapat tumbuh dengan lebih cepat, perhatikan juga kualitas air yang digunakan.

  1. Proses Pemanenan

Langkah yang kelima sekaligus terakhir dalam budidaya ikan gabus adalah proses pemanenan, budidaya ikan gabus ini cukup unik pasalnya Anda bisa melakukan proses pemanenan secara bertahap di mana Anda bisa melihat kebutuhan pasar. Anda bisa mengelompokkan ikan gabus berdasarkan ukurannya dan memanen ikan yang berukuran besar, hal ini juga akan mencegahnya dari proses kanibalisme.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan usaha budidaya ikan gabus maka Anda bisa melakukan beberapa langkahnya yang telah disebutkan di atas.

5 Langkah Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Untuk Pemula | Viola Bunga Rosita | 4.5