Langkah Mudah Usaha Budidaya Apel Untuk Pemula

Langkah Mudah Usaha Budidaya Apel Untuk Pemula

Langkah Mudah Usaha Budidaya Apel Untuk Pemula – Apel, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan buah ini, apel sendiri merupakan salah satu buah yang paling populer di dunia. Jenis buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang khas sehingga disukai oleh banyak orang. Buah apel juga mengandung banyak air sehingga rasanya sangat menyegarkan, selain itu buah yang satu ini juga kaya akan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang tentu saja akan sangat baik untuk Anda konsumsi bagi kesehatan tubuh.

Apel sering dikonsumsi begitu saja sebagai buah, selain itu apel juga biasanya diolah menjadi jus, es krim, dan berbagai macam olahan lainnya. Apel menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang sehingga membuat jumlah permintaan apel menjadi tinggi, hal ini tentu saja membuat banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan budidaya apel secara intensif sehingga bisa meraup keuntungan yang besar. Apabila Anda tertarik untuk melakukannya, maka pada kesempatan kali ini akan kami ulas bagaimana cara untuk melakukan usaha budidaya apel.

Langkah Mudah Usaha Budidaya Apel Untuk Pemula

  1. Proses Penyemaian

Langkah pertama dalam budidaya apel adalah proses penyemaian, Anda bisa mengeringkan biji apel terlebih dahulu. Setelah itu letakkanlah biji apel di dalam suatu wadah yang tertutup rapat dan masukkanlah ke dalam lemari pendingin. Proses yang satu ini memakan watu yang cukup lama yakni sekitar 8 minggu hingga akhirnya biji apel bertunas dan siap dipindahkan ke polybag.

  1. Memindahkan Tunas ke Polybag

Tahap kedua yang harus Anda lakukan adalah memindahkan biji apel yang sudah bertunas ke dalam polybag yang telah diisi dengan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 2. Pindahkanlah tunas apel dengan hati – hati agar tidak rusak, kemudian tutuplah akarnya dengan menggunakan tanah dan beri air secukupnya, setelah itu letakkanlah polybag di tempat yang terkena sinar matahari.

  1. Menanam ke Tanah
Baca juga :  Langkah Mudah Budidaya Belut Tanpa Menggunakan Lumpur

Setelah tumbuh beberapa saat di polybag, maka tahap selanjutnya adalah memindahkan tanaman apel ke tanah, hal ini bisa Anda lakukan apabila tanaman apel telah ditumbuhi oleh beberapa helai daun. Anda harus menggemburkan tanah menggunakan cangkul terlebih dahulu dan melakukan pemupukan agar tanah menjadi subur dan tanaman apel mampu tumbuh dengan optimal.

 

  1. Proses Pemeliharaan

Tahap keempat dalam proses budidaya apel adalah proses pemeliharaan, Anda bisa memberikan air pada pohon apel yang telah tumbuh terutama pada saat musim kemarau, namun Anda juga tidak boleh terlalu banyak memberikan air karena bisa membuat akarnya busuk. Setelah itu Anda juga harus melakukan penyiangan dan pemupukan ulang dalam jangka waktu 4 bulan sekali.

  1. Pemanenan Apel

Pemanenan apel menjadi tahap kelima dalam usaha budidaya apel, tahap yang satu ini merupakan saat yang paling ditunggu – tunggu oleh para petani apel. Pada umumnya buah apel sudah bisa Anda petik setelah berumur 4 hingga 5 bulan setelah bunga pada tanaman apel mekar, namun lamanya masa panen buah apel ini sangat ditentukan oleh beberapa faktor seperti iklim, cara perawatan, dan kondisi tanah.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan budidaya buah apel, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara yang telah disebutkan di atas.

Langkah Mudah Usaha Budidaya Apel Untuk Pemula | Viola Bunga Rosita | 4.5