Buang Rasa Malas Di Dalam Dirimu Dengan Melakukan Hal-Hal Di Bawah Ini!

Buang Rasa Malas Di Dalam Dirimu Dengan Melakukan Hal-Hal Di Bawah Ini!

Kita semua sebagai manusia pastinya memiliki suatu waktu di mana kita merasa sangat malas untuk melakukan apapun. Dalam istilah yang sering disebut oleh kaum milenial, rasa malas tersebut disebut dengan istilah “mager”. Mager terinspirasi dari kata “pagar”, karena malas-malasan identik dengan pagar yang hanya diam di tempat sepanjang waktu.

Banyak juga kawula muda yang menjadikan “rebahan” sebagai hobi baru mereka. Hobi tersebut hampir digandrungi oleh sebagian besar anak muda sehingga menjadikan mereka sebagai generasi yang malas. Padahal harusnya sebagai anak muda yang masih produktif mereka bisa melakukan hal-hal yang lebih berguna daripada hanya sekedar malas-malasan.

Penyebab rasa malas berlebihan yang menyerang kita

Rasa malas memang dianggap sebagai sebuah sifat manusiawi yang sering diimiliki oleh semua umat manusia. Tidak hanya kita, bahkan Presiden dan artis saja pasti memiliki rasa malas. Namun mereka semua mampu mengatasi rasa malas tersebut dan mengubahnya menjadi hal-hal yang berguna.

Untuk bisa menghindari sikap malas-malasan, kita perlu tahu beberapa penyebab rasa malas yang seringkali mendera kita semua. Berikut ini tiga penyebab rasa malas yang harus kita singkirkan :

  1. Tujuan hidup yang tidak jelas

Salah satu penyebab rasa malas adalah tidak adanya tujuan hidup yang jelas. Kaburnya visi masa depan seseorang menyebabkan orang tersebut merasa malas untuk melakukan sesuatu karena merasa tidak mempunyai target dalam hidup. Orang yang tidak punya tujuan hidup yang jelas juga akan menjalani hidup mengalir apa adanya tanpa ada rasa semangat sama sekali.

  1. Kurangnya motivasi untuk menjalani hidup

Banyak orang membuang waktu untuk bermalas-malasan. Mereka menunda banyak sekali pekerjaan hanya demi memuaskan rasa malas dengan bersantai di rumah. Padahal hidup hanya sekali dan hal tersebut harus dimaksimalisasi. Kurangnya motivasi bisa menjadi salah satu penyebab adanya rasa malas karena seseorang akan merasa tidak punya harapan untuk hidup.

  1. Terbiasa malas

Penyebab ketiga orang bisa merasa malas terus-terusan adalah karena terbiasa. Jika ada pepatah adanya cinta karena terbiasa, begitu juga dengan rasa malas. Apabila seseorang telah merasa nyaman menjalani hidup dengan malas-malasan, maka seterusnya orang tersebut akan merasa malas sepanjang waktu.

Cara menghindari sikap malas-malasan

Setelah mengetahui penyebab dari rasa malas yang mendera sebagian besar dari kita, sebaiknya kamu juga mengetahui cara membuang jauh-jauh rasa malas tersebut dari dirimu. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan untuk membuang rasa malas yang telah bersemayam di dalam diri :

  1. Kenali penyebab rasa malas yang menyerangmu
Baca juga :  Kenakan 5 item ini agar black dress-mu tak membosankan

Jika ada akibat, pasti ada sebab. Hukum alam tersebut bisa kamu terapkan untuk mengusir rasa malasmu selama ini. Renungilah mengapa kamu bisa memiliki rasa malas yang mengakar kuat di dalam dirimu. Pikirkanlah apa sebab yang melatarbelakangi dirimu untuk membudidayakan rasa malas tersebut.

Apabila kamu sudah menemukan jawabannya, kamu bisa dengan mudah membiasakan diri untuk menghindari hal-hal yang memabangkitkan rasa malasmu. Misalnya kamu terbiasa malas karena tidak sarapan pagi. Maka mulai esok hari kamu harus membiasakan diri untuk sarapan agar tubuhmu memiliki pasokan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

  1. Bunuh karakter suka menunda-nunda

Memang mengatakan akan melakukan pekerjaan di lain waktu bisa membuatmu memiliki banyak waktu di waktu sekarang untuk melakukan hal lain seperti rebahan dan duduk bersantai di rumah. Namun tahukah kamu, ternyata kebiasaan menunda pekerjaan bisa berakibat buruk pada kepribadianmu.

Sekali saja seseorang merasa nyaman untuk menunda pekerjaan dan bermalas-malasan, pasti orang tersebut akan mengulngi perbuatannya. Akibatnya banyak pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu dan mengurrangi efisiensi dari waktu itu sendiri. Bunuhlah karaktermu yang suka menunda waktu agar rasa malas di dalam dirimu bisa terobati.

  1. Membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan

Banyak orang yang merasa malas karena kurang bisa melihat jauh kedepan dan tidak merancang visi hidup yang jelas. Apabila kamu adalah tipe orang yang sulit merencanakan sesuatu dalam jangka panjang, mungkin kamu harus membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan agar waktumu tidak terbuang percuma.

Sudah banyak aplikasi yang bisa membantumu dalam membuat daftar pekerjaan atau to do list. Kamu juga bisa menggunakan cara-cara konvesional seperti mencatat daftar tersebut di selembar kertas dan menggantungnya di pintu kamarmu.

  1. Tetapkan tujuan hidup dan misi untuk meraihnya

Kamu perlu menjadi orang yang terorganisir dalam rangka membuang rasa malasmu. Tetapkan sebuah visi besar yang harus kamu capai dalam hidup disertai langkah-langkah untuk mencapainya. Visi ini harus kamu tempatkan dimana kamu mudah melihatnya. Dan kapanpun rasa malas menderamu, kamu akan bisa mengingat kembali tujuan hidupmu.

  1. Miliki waktu istirahat yang cukup
Baca juga :  Tips memilih paket liburan ke luar negri  yang cocok untuk kantongmu

Kebanyakan orang merasa malas karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Kamu harus bisa membagi waktumu antara waktu untuk berkegiatan dengan waktu beristirahat. Patuhi waktu tidurmu dengan tidak bermain gadget larut malam agar paginya kamu bisa beraktivitas dengan energi yang telah terisi penuh.

Waktu tidur yang baik adalah yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. terlalu sedikit waktu tidur akan membuat badanmu loyo dan tidak bersemangat. Terlalu banyak waktu tidur akan menyebabkan badanmu pegal-pegal dan tidak mampu dipakai untuk berkegiatan terlalu berat. Memiliki waktu tidur yang cukup bisa dijadikan salah satu cara menghindari sikap malas-malasan.

  1. Carilah sumber motivasi dari lingkunganmu

Apabila segala cara yang bersifat internal sudah kamu coba dan kurang bisa menunjukkan hasil, mungkin kamu harus mencari solusinya dari orang lain. Mintalah motivasi dari orang-orang terdekatmu seperti keluarga, saudara, atau bahkan teman dekat. Apabila perlu, ceritakan hal-hal yang membangkitkan rasa malasmu yang luar biasa agar bisa diberi masukan oleh orang di sekitarmu.

Biasanya, motivasi dari orang terdekat mampu menjadi obat bagi rasa malas yang mendera. Motivasi ini bisa memicu seseorang untuk melakukan hal-hal dengan lebih baik lagi. Bahkan terkadang motivasi bisa membangkitkan semangat dan mampu mendorong seseorang untuk melampaui batas kemampuannya. Jadi, carilah motivasi yang bisa mengeluarkanmu dari zona nyaman kecintaanmu.

  1. Bersyukur atas waktu yang diberikan oleh Tuhan

Waktu adalah sebuah pemberian Tuhan yang tidak ternilai harganya. Banyak orang yang bahkan ingin memutar kembali waktu agar mereka bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Ingatlah waktu sebagai nikmat Tuhan yang tak terkira dan harus dihargai karena waktu bisa hilang kapan saja.

Hal yang paling penting kamu lakukan sebagai cara menghindari sikap malas-malasan adalah dengan cara senantiasa bersyukur atas pemberian Tuhan. Perkuat ibadahmu sebagai hamba Tuhan dan nantinya kamu akan mengerti bahwa waktu adalah nikmat Tuhan tiada tasa yang harus kamu manfaatkan sebaik mungkin.

Buang Rasa Malas Di Dalam Dirimu Dengan Melakukan Hal-Hal Di Bawah Ini! | dut dut | 4.5