Ini dia 5 Buah Penambah Darah - sehatmahal.com

5 Buah Penambah Darah

5 Buah Penambah Darah – Apakah Anda tampak lemah, letih, lesu, wajah pucat? Sebaiknya waspadai karena ini merupakan tanda-tanda anemia. Selain dengan mengetahui tanda fisiologis bagi peerita anemia, Anda juga bisa mengecek kadar hemoglobin untuk memastikan apakah Anda terkenan anemia. Tentu saja dampak dari penyakit ini membuat Anda merasa tampak tidak nyaman.

Nah, selain mengganggu biasanya bagi perempuan yang sedang hamil resiko terkena anemia sangat besar. Ini akan menjadi dampak bagi proses persalinan dan kesehatan bagi ibu maupun bayinya. Terlebih bagi wanita yang ingin melahirkan normal membutuhkan energi untuk mengejan saat melahirkan.

Buah-Buahan Penambah Darah

Nah, Anda tak perlu risau. Jika Anda ingin mencegah atau mengobati anemia maka selain mengonsumsi obat penambah darah dan sayuran hijau yang kaya akan zat bersi namun tahukah Anda jika terdapat buah-buahan yang baik bagi kesehatan Anda utamanya bagi penderita anemia.

Berikut ini adalah 5 Buah Penambah Darah yang bisa Anda simak di bawah ini :

  1. Buah Naga

Buah naga merupakan jenis buah-buahan penambah darah, hal ini karena buah naga banyak mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin B12, vitamin B3 dan vitamin C serta mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak asing lagi dengan buah yang satu ini karena sudah banyak yang mengenal buah ini karena manfaatnya yang begitu banyak salah satunya adalah dapat menyembuhkan penyakit anemia. Buah naga ini memiliki beberapa jenis serta warna yang berbeda-beda salah satunya warna merah, buah naga yang berwarna merah ini memiliki zat bentuk pembentuk sel darah merah, sebuah penelitian menunjukan bahwa jenis buah yang memiliki warna pekat kaya akan kandungan antioksidan. Rutinlah mengonsumsi buah naga ini untuk membantu menjaga kesehatan Anda.

Baca juga :  Manfaat Buah Naga
  1. Buah Stroberi

Buah stroberi yang memiliki bentuk kecil dan berwarna merah muda serta memiliki rasa agak asam ini termasuk jenis buah penambah darah. Kandungan vitamin serta nutrisi dalam stroberi cukup tinggi diantaranya vitamin K, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin E,kalsium serta mangan. Kandungan antioksidan dalam buah stroberi yang berfungsi sebagai antioksidan serta menangkal radikal bebas sehingga akan meengurangi resiko terserang penyakit. Biasanya buah ini dibuat menjadi jus yang segar, campuran salad buah maupun dimakan secara langsung.

  1. Buah Jambu Biji

Jambu biji memiliki beberapa jenis serta warna yaitu ada yang dagingnya berwarna putih dan ada yang berwarna merah, biasanya jambu biji paling sering dibuat menjadi jus yang segar dan dimakan secara langsung. Jenis jambu biji yang dagingnya berwarna merah memiliki kandungan nutrisi serta vitamin yang cukup tinggi antara lain vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C yang dapat membentuk hemoglobin karena jambu biji ini adalah jenis buah- penambah darah.

  1. Buah Anggur

Buah-buahan penambah darah yang bagus untuk penambah darah selanjutnya adalah buah anggur. Dalam buah anggur terdapat kandungan vitamin yang tinggi serta nutrisi yang cukup lengkap diantaranya magnesium, fosfor, natrium, zat besi, kalsium, serta vitamin B2, vitamin B1, vitamin B5, vitamin B3, vitamin B12, vitamin B9, vitamin K dan vitain C yang baik untuk menambah darah. Buah yang memiliki bentuk bulat kecil serta rasa yang manis ini memiliki tiga jenis yaitu anggur hijau, anggur merah dan anggur ungu atau hitam, biasanya dibuat menjadi jus, salad buah, campuran es buah maupun dimakan secara langsung. Tak hanya digunakan sebagai penambah darah saja namun juga bisa mengobati penyakit jantung koroner, menghambat sel kanker, mengatasi hipertensi dan masih banyak lagi.

  1. Buah Jeruk
Baca juga :  Menu Diet , Ini dia 10 Kesalah Pahaman yang Sering Dilakukan Saat Diet

Buah jeruk ini merupakan buah yang bagus untuk penambah darah, buah jeruk memiliki banyak kandungan vitamin serta nutrisi yang berperan untuk membentuk  sel darah merah. Kandungan dalam buah jeruk tersebut diantaranya asam folat, tembaga, fosfor, kalsium, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B5, vitaminn C dan zat besi. Rutinlah mengonsumsi buah jeruk ini karena sangat baik untuk kesehatan.

Nah itulah 5 jenis buah-buahan penambah darah bagi Anda yang menderita anemia. Nah, jangan lupa untuk mengimbangi istirahat cukup, tidak merokok, olahraga teratur, makan-makanan sehat dengan kandungan zat besi tinggi serta konsumsi obat penambah darah untuk mengatasi kurang darah. Semoga Bermanfaat.

5 Buah Penambah Darah | Viola Bunga Rosita | 4.5