Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh – Seringkali kita menganggap ubi jalar sebagai makanan orang desa karena memang banyak ditanam dan tumbuh didaerah pedesaan. Namun keberadaan ubi jalar saat ini sudah meningkat hingga internasional. Diberbagai neraga tetangga sudah banyak yang mengenal jenis tanaman ini bahkan menjadi salah satu menu utama di restauran yang ada diluar negeri. Negara Afrika merupakan salah satu negara sumber ubi terbesar hingga ubi jalar menjadi makanan pokok.

Dengan mengkonsumsi ubi jalar ini kita akan mendapat banyak keuntungan bagi kesehatan karena didalam ubi jalar banyak mengandung gizi yang baik bagi kesehatan. Kandungan gizi tersebut diantaranya seperti vitamin A, C dan E, beta karoten, kalium, magnesium dan antioksidan tinggi. Ubi jalar memiliki beberapa jenis ada yang berwarna putih, kuning, orange dan ungu. Tentunya dari keempat jenis tersebut memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda.

Berdasarkan sebuah riset yang diterbitkan oleh Komisi Sweet Potato North Carolina menyebutkan bahwa dari sekian banyak jenis sayur yaitu 58 sayur, ubi jalar termasuk dalam daftar makanan terbarik. Kandungan vitamin A nya dapat mencukupi kebutuhan harian hingga 769% dan vitamin C sebanyak 65%. Sangat jauh jika dibandingkan dengan jenis sayur lainnya.

Untuk itu sebaiknya kita tidak boleh meninggalkan makanan yang satu ini. Manfaat Ubi Jalar dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti obesita, jantung dan diabetes. Berikut penjelasan akan kebenaran hal tersebut.

Mencegah Diabetes

Pada ubi jalar memiliki kandungan indeks glikemik yang berdasarkan penelitian apabila dikonsumsi dapat mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes. Hal ini dibuktikan oleh seorang peneliti yang dilakukan dengan seorang pasien penderita diabetes tipe 1 untuk mengkonsumsi ubi jalar.

Baca juga :  Manfaat Kentang Untuk Kulit Wajah

Mempengaruhi Kesuburan

Bagi wanita yang masih memiliki tingkat kesuburan tinggi sebaiknya perbanyak mengkonsumsi ubi. Ubi memiliki kandungan zat besi yang dapat mempengaruhi kesuburan, hal ini dikemukakan oleh seorang peneliti yang bernama Harvard. Vitamin A yang terdapat pada ubi jalar dapat dikonsumsi sebagai beta karoten yang penting selama proses kehamilan dan ibu menyusui.

Menjaga Kesehatan Mata

Sama halnya dengan wortel dan tomat, ubi jalar merupakan jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan pegmen mata memburuk sehingga mengalami kerusakan dan untuk mencegah hal tersebut, ubi jalar bisa menjadi solusi untuk mencegah kerusakan mata.

Menurunkan Berat Badan

Jika anda sedang menjalani diet alami, maka konsumsilah ubi jalar ini. Ubi jalar mengandung serat yang yang dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat sehingga membantu anda menurunkan berat badan. Gunakan ubi jalar ini sebagai pengganti nasi.

Menjaga Kadar Gula Darah

Salah satu zat yang terkandung didalam ubi jalar yaitu mangnesium. Magnesium ini merupakan mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kadar gula agar tetap dalam keadaan stabil. Jika kita kekurangan zat tersebut maka sewaktu-waktu kadar gula anda dapat meningkat dan beresiko terkena diabetes.

Makanan Anti Penuaan Dini

Mungkin hal ini terdengar aneh ditelinga kita. Namun Manfaat Ubi Jalar yang satu ini dapat membuat anda terlihat awet muda. Ubi jalar yang berwarna ungu memiliki kadar karotenoid yang tinggi sehingga mampu memperkuat imunitas tubuh. Penuaan dini dapat terjadi akibat radikal bebas yang membuat kulit kita tidak sehat, dengan mendapat asupan ubi jalar ini maka kulit akan mendapat asupan nutrisi yang menjadikannya terlihat muda.

Demikian beberapa informasi tentang Manfaat Ubi Jalar bagi tubuh. Apapun jenis makanan kita sebaiknya kita hargai keberadaannya. Jangan sesekali menganggap rendah suatu makanan karena justru makanan seperti itulah yang memiliki nutrisi tinggi. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga :  Lidah Buaya Untuk Wajah , Ini Dia 10 manfaat lidah buaya yang jarang diketahui
Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh | Viola Bunga Rosita | 4.5