Cara Mengatasi Cegukan

Diposting pada

Cegukan merupakan salah satu kondisi tubuh yang sebenarnya termasuk kedalam penyakit. Bisa membahayakan namun kebanyakan orang meremehkan permasalahan ini. Cegukan yang berkepanjangan dan rutin bisa dikategorikan ke dalam jenis berbahaya. Hal itu bisa menjadi sebuah gejala pada suatu penyakit yang berat seperti tumor, stroke, infeksi saraf pusat otak, herpes, dan lain sebagainya. Cegukan sendiri diartikan hiccups dalam bila diartikan ke dalam bahasa inggris yang berarti hik hik (suara yang keluar ketika mengalami cegukan).

Sementara dalam medis hal ini dikenal dengan singultus yang artinya adalah penarikan nafas ketika menangis terlalu lama atau tersedu-sedu. Terjadi ketika diafragma mengalami kontraksi lalu mengejang dan menyebabkan pita suara tertutup dan membuka dengan cepat, sehingga terdengarlah suara tersebut. Pada saat kontraksi diafragma secara terus menerus dan mengalami cegukan hal ini bisa disamakan dengan kondisi orang yang gagap saat berbicara. Cara mengatasi cegukan bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini :

[1.] Meminum air putih yang akan membantu sedikit demi sedikit menghilangkan cegukan. Bisa menggunakan air hangat atau cenderung panas agar menghangatkan tubuh. Cegukan bisa diakibatkan karena kedinginan atau adanya makanan yang menyangkut di area tenggorokan.

[2.] Menggunakan satu sendok teh gula yang dimasukan ke dalam mulut dan ditelan dengan kondisi kepala melihat ke atas (didongakan).

[3.] Menggunakan es batu dan minuman yang dingin. Lebih usapkan es batu pada dagu kemudian mengonsumsi air lelehan es akan membantu cegukan segera menghilang.

[4.] Menarik nahas secara teratur yaitu dengan menahan nafas lebih dari tiga detik yang dilanjutkan dengan menghembuskannya kencang-kencang. Lakukan beberapa kali hingga merasa sudah mereda.

[5.] Letakkanlah jari tangan anda ke atas bagian mulut anda. Pijatlah halus bagian tersebut, biasanya akan terasa geli. Ingat perhatikan kuku anda agar tidak tergores dan mengakibatkan luka.

[6.] Mengonsumsi selaii kacang yang diyakinin dapat menghilangkan cegukan. Hal tersebut disebabkan kacang dapat mengubah irama pernafasan.

[7.] Menggunakan kayu putih yang dioleskan pada perut atau leher. Buatlah hangat kondisi tubuh anda sehingga cegukan bisa diatasi.

Sebenarnya cegukan bisa dihilangkan tanpa pengobatan. Namun cegukan bisa membuat kita kelelahan dan pegal. Ikuti cara mengatasi cegukan di atas, sehingga akan membuat tubuh lebih segar tanpa masalah berarti. Jika anda punya masalah dengan susah tidur silahkan simak cara mengatasi insomnia pada artikel sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *